Comscore Tracker

Kota Tua Ampenan, Spot Foto Unik dan Menarik di Mataram

Dihuni oleh warga dari berbagai etnis

Mataram, IDN Times - Kota Tua Ampenan yang berlokasi di Kecamatan Ampenan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kota tua ini memiliki banyak cerita. Salah satunya menjadi pusat bisnis perdagangan pada zaman dulu.

Kota Tua Ampenan juga menjadi tempat yang unik dan menarik untuk mengambil gambar. Selain itu, di sini juga terdapat Pantai Ampenan yang konon katanya merupakan Pelabuhan khusus bisnis atau niaga pada zaman penjajahan dulu.

1. Terdiri dari beberapa perkampungan dan berbagai etnis

Kota Tua Ampenan, Spot Foto Unik dan Menarik di MataramSalah satu warung makanan di Pantai Ampenan yang ada di Kota Tua Ampenan (Travelingyuk)

Saat berkunjung ke kawasan Kota Tua Ampenan tentunya wisatawan akan menjumpai kotanya yang beragam, karena terdiri dari beberapa perkampungan. Seluruh perkampungan yang ada di dalam kawasan ini terdiri dari beragam etnis dan suku. 

Namun meskipun satu dan yang lain cukup berbeda, mereka selalu berupaya untuk hidup rukun. Sehingga secara tidak langsung hal ini membuat suasana perkampungan selalu damai dan nyaman.  

Dalam perkampungan yang ada di Kota Tua Ampenan rupanya terdapat banyak warga dengan suku yang berbeda. Ada Melayu, Tionghoa, Jawa, Bugis, Arab, Sasak dan lain-lain.

2. Banyak bangunan tua

Kota Tua Ampenan, Spot Foto Unik dan Menarik di MataramKota Mataram (instagram.com/irfan_fandwinata)

Wisatawan yang datang akan melihat beberapa bangunan tua, sehingga akan dijumpai pemandangan yang tak biasa. Tentunya bangunan tua ini terlihat usang dan bahkan mungkin ada beberapa yang memerlukan perbaikan. 

Namun tetap saja hal ini bisa memberikan kesan tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung kesana. Sehingga tidak heran jika lokasi tersebut menarik perhatian banyak pengunjung. Bahkan kota tua ini dijadikan sebagai spot foto menarik bagi warganet.

Baca Juga: Tidak Hanya Kuta, Lombok Tengah juga Punya Pantai Tanjung Aan

3. Adanya Wihara Bodhi Dharma

Kota Tua Ampenan, Spot Foto Unik dan Menarik di MataramWihara yang ada di Kota Tua Ampenan (duniaindra.com)

Dari kata pertama bangunan ini saja sudah bisa ditebak bangunan ini merupakan sebuah wihara namun tentunya memiliki cerita sejarah tersendiri. Warga setempat masih menjaga dan merawat wihara itu dengan baik hingga saat ini.

Lombok yang memiliki ciri khas berupa wisata pantai memang menjadi salah satu objek wissta terbaik di tanah air. Demikian pula dengan kawasan Kota Tua Ampenan di dalamnya juga terdapat panorama pantai yang sudah tak perlu diragukan lagi keindahannya. 

Bahkan wisatawan bisa menikmati indahnya sunset sambil menikmati aneka kuliner yang dijual oleh pedagang setempat.

4. Spot foto unik

Kota Tua Ampenan, Spot Foto Unik dan Menarik di MataramKota Tua Ampenan (duniaindra.com)

Keunikan Kota Tua Ampenan menjadikannya sebagai spot foto yang unik dan menarik. Banyak wisatawan datang hanya untuk mengambil swafoto di beberapa sudut kota tua ini.

Selain itu, banyak pula calon pengantin yang menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk mengambil gambar prewedding. Nuansa yang unik dan romantis membuat Kota Tua Ampenan banyak diminati oleh calon pengantin.

Baca Juga: Plastic Reborn 3.0 Dapat Kurangi 150 Ton Sampah di Lombok Tiap Tahun

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya