Comscore Tracker

Melihat Suasana Asri di Desa Wisata Kembang Kuning di Lombok Timur

Bisa menikmati suasana hidup di desa bersama warga

Desa Kembang Kuning yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa wisata ini memiliki sejuta daya tarik. Pemerintah daerah kini tengah menata dan mengembangkan desa wisata. Desa Kembang Kuning menjadi salah satu desa wisata yang diunggulkan di Provinsi NTB.

Sebagai sebuah desa di Kecamatan Sikur, Desa Wisata Kembang Kuning mulai banyak menarik perhatian dan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Mengingat keunikan dan keragaman potensinya, tidak heran jika  Desa Wisata Kembang Kuning dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia pada tahun 2017.

1. Hidup ala orang pedesaan

Melihat Suasana Asri di Desa Wisata Kembang Kuning di Lombok TimurBentuk promosi Desa Wisata Kembang Kuning, Lombok Timur (Dok. Desa Kembang Kuning)

Proses persiapan kopi  tradisional atau proses kopi, produksi minyak kelapa atau proses minyak menjadi salah satu daya tarik di desa ini. Terdapat paket wisata yang dapat dipilih oleh calon wisatawan yang datang. Di sini juga terdapat destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Di antaranya Curug Ulem-Ulem, Curug Burung Walet, Curug Kokok Duren, Curug Seme Deye, Curug Jeruk Manis, dll.

"Banyak wisatawan asing datang ke sini, mereka senang sekali merasakan tinggal di Desa jalan-jalan di sawah, mengunjungi air terjun, dan mencoba berbagai hal yang dilakukan penduduk Asli di sini," ucap Ogel, salah satu guide lokal asli Kembang Kuning.

Desa Kembang Kuning sendiri tidak hanya menawarkan panorama persawahan yang memesona di bawah perbukitan Gunung Rinjani. Namun, ia juga menawarkan berbagai kegiatan sehari-hari untuk umum. 

Baca Juga: Kakek Berusia 80 Tahun di Lombok Raih Gelar Sarjana Sains

2. Fasilitas terus ditingkatkan

Melihat Suasana Asri di Desa Wisata Kembang Kuning di Lombok Timurreadytotrip, Homestay Kaduengang Pandeglang, Rekomendasi Hotel di Pandeglang

Sejauh ini, desa Kembang Kuning berusaha berbenah menjadi lebih baik. Tahun 2017 hanya ada 6 rumah, tapi tahun 2019 akan ada sekitar 20 rumah. Kegiatan pariwisata di desa ini telah memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat. Mereka dapat membangun homestay dengan menggunakan rumah tradisional  sebagai tempat para wisatawan untuk menginap dan bersantai. 

"Sangat senang bisa merasakan hidup menjadi orang Desa di Lombok Indonesia ini," kata Helena salah satu turis asal Jerman yang datang berlibur di Desa Kembang Kuning.

3. Aktivitas yang dapat dilakukan

Melihat Suasana Asri di Desa Wisata Kembang Kuning di Lombok TimurIlustrasi sawah. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Berbagai fasilitas dan tempat makan juga dibangun oleh masyarakat sekitar. Wisatawan yang dipimpin oleh pemandu lokal semakin disuguhi dengan kearifan lokal yang tidak dimiliki saat mengunjungi destinasi wisata mainstream lainnya. Lalu apa saja keistimewaan dari Desa Wisata Kembang Kuning ini? berikut ulasannya:

1. Menikmati suasana pedesaan sembari bermain air di wisata alam Air Terjun Sarang Walet
2. Menilik tempat produksi kopi tradisional sekaligus minyak kelapa yang menjadi produk lokal kebanggaan warga setempat
3. Medalami menjadi salah satu penduduk desa dengan tinggal di Homestay bersama enduduk Suku Sasak warga asli daerah tersebut
4. Berkeliling desa sembari merasakan kenikmatan juga keindahan lanskap Gunung Rinjani
5. Menikmati wisata kuliner

Bagaimana apakah anda mulai tertarik untuk segera berkunjung ke Desa Wisata Kembang Kuning? Cocok bagi anda yang sudah tidak akrab dengan pedesaan dan ingin merasakan suasana desa, bahkan anda juga bisa mencicipi kuliner khas daerah yang tidak akan anda temukan di daerah lainnya. Bukan untuk kepuasan sendiri, anda bisa membawa pulang oleh-oleh berupa makanan, camilan, juga kopi merek lokal yang nikmat.

Baca Juga: Ayah Perkosa Dua Anak Kandungnya di Lombok Dituntut 15 Tahun Penjara

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya