Comscore Tracker

Melihat Sunrise dari Puncak Bukit Pundu Nence di Bima

Lelah selama perjalanan akan dibayar dengan panorama indah

Kota Bima, IDN Times - Kota Bima menyimpan berbagai keindahan wisata, baik wisata air, pegunungan, wisata kuliner dan wisata lainnya. Salah satu destinasi wisata di dataran tinggi yaitu Pundu Nence. Wisata ini berada di sebelah utara Kota Bima yang berlokasi di  Kelurahan Lelamase. 

Memiliki ketinggian 1050 Mdpl, destinasi wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk melihat keindahan Bima dari ketinggian.Letak Pundu Nence Peak berada di Desa Lelamase Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima. Pundu Nence Peak merupakan salah satu tempat wisata alam yang menyajikan keindahan yang tidak ada duanya, keindahan dataran tinggi, dengan mengajak wisatawan tepat berada di atas awan. 

Dari Kota Bima menuju Pundu Nence akan menghabiskan waktu kurang lebih 20 atau 30 menit untuk mencapai tempat wisata tersebut. Ada beberapa jalur yang dapat dilewati ketika ingin mencapai puncak Pundu Nence. 

1. Spot sunrise terbaik

Melihat Sunrise dari Puncak Bukit Pundu Nence di BimaBukit Pundu Nence di Bima (IDN Times/IG @adib.prdn)

Setiap bukit pasti memiliki daya tarik tersendiri, seperti bukit satu ini akan memancarkan keindahan ketika matahari terbit dengan paduan awan yang menutup puncak Pundu Nence Peak. Dengan alasan inilah para wisatawan berdatangan ke Pundu Nence karena memiliki keindahan yang sangat memukau. Wisatawan dapat bersantai sembari menikmati matahari terbit.

Menikmati matahari terbit dari atas bukit Pundu Nence sangat menarik. Dengan keindahan dari Pundu Nence ditambah dengan pancaran sinar matahari membuat pemandangan yang tidak akan terlupakan. 

Dan juga nuansa keindahan dari bukit Pundu Nence ini akan bertambah pada pagi hari karena para wisatawan dapat menikmati kabut serta awan tipis yang menyelimuti puncak bukit. Dengan momen langka ini tentu saja wajib untuk wisatawan mengabadikannya dengan berfoto. 

Baca Juga: Mengenal Tradisi Dende Bunti Mone, Salah Satu Keindahan dari Bima

2. Jalur pendakian

Melihat Sunrise dari Puncak Bukit Pundu Nence di BimaPendakian menuju puncak Bukit Pundu Nence (IDN Times/IG @suben_borgol05)

Jalur menuju Pundu Nence dapat dimulai melalui kelurahan Lelamase. Dari titik ini, para wisatawan dapat langsung menuju posko pendakian yang berada di Lelamase dengan menggunakan motor, atau mobil. 

Dari sini wisatawan akan memulai perjalanan mendaki Bukit Nence. Perjalanan ini kurang lebih akan ditempuh waktu 6 jam. Tetapi dengan rintangan dan lelahnya selama perjalanan  akan terbayar dengan pemandangan yang indah dari alam bukit nence. 

Ada beberapa jalur yang dapat dilewati oleh para wisatawan ketika ingin menuju bukit Pundu Nence Peak ini: 

1. Jalur Lelamase Kota Bima
2. Jalur Kabanta
3. Jalur Wawo terletak di Kabupaten Bima

3. Persiapan pendakian

Melihat Sunrise dari Puncak Bukit Pundu Nence di BimaPanorama dari puncak Bukit Pundu Nence (IDN Times/IG @visitbima)

Dalam melakukan suatu aktivitas tentunya harus menyiapkan hal tertentu sebelum melakukannya. Seperti untuk melakukan aktivitas pendakian Bukit Nence pasti harus ada sesuatu yang disiapkan yaitu berupa:

1. Kekuatan Fisik
Kekuatan fisik sangat penting disiapkan karena aktivitas pendakian merupakan aktivitas yang sepenuhnya menggunakan kekuatan Fisik. 

2. Mengetahui tentang medan pendakian
Pada bukit Pundu nence tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan perbukitan yang lain, namun tetap saja perjalanan ini akan memakan waktu berjam-jam untuk sampai ketujuannya. 

3. Menyiapkan Perlengkapan Kesehatan
Perlengkapan ini sangat penting untuk dibawa ketika ingin muncak ke bukit Nence ini, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan lebih baik membawa perlengkapan satu ini. 

4. Menggunakan Pakaian yang nyaman
Mendaki bukit tidak hanya memakan waktu 1 jam saja namun berjam-jam maka dari itu lebih baik untuk wisatawan memakai pakaian yang nyaman untuk mendaki bukit satu ini.

Itulah beberapa hal tentang Bukit Nence atau Pundu Nence Peak yang ada di Kota Bima. Persiapkan liburanmu, yuk! 

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Gambo dari Kabupaten Bima

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya