Comscore Tracker

Info Lokasi dan Rute ke Gili Tangkong di Lombok Barat

Tempat wisata yang cocok untuk berakhir pekan

GIli Tangkong merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Lombok. Wisata ini tidak ramai dikunjungi wisatawan. Meski demikian, Gili Tangkong menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk didatangi jika sedang berada di Lombok.

Gili Tangkong ialah salah satu diantara pulau-pulau kecil yang jarang terdengar di Lombok. Luas dari Gili Tangkong sekitar 28 hektare, menjadikannya tempat di tengah lautan yang eksotis dan memesona. 

1. Tentang Gili Tangkong

Info Lokasi dan Rute ke Gili Tangkong di Lombok Baratpotret pesona Gili Tangkong (instagram.com/zonawisata.id)

Gili Tangkong ini menjadi tempat yang cocok bagi siapa saja dari wisatawan yang menginginkan ketenangan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Hal itu karena pulau ini masih sangat dikunjungi oleh para wisatawan terutama wisatawan asing atau mancanegara. 

Suasana dari pulau ini masihl sangat alami, kealamian pantai di pulau ini pun masih terjaga, termasuk kebersihannya. Gili Tangkong juga biasanya disebut sebagai salah satu pulau yang masih perawan. 

Ketika menjelang matahari terbenam, panorama keindahan langit yang bergradasi dari Gili Tangkong ini akan terlihat dan memukau para wisatawan. Selain menikmati pemandangan, para wisatawan juga bisa beraktivitas snorkeling, kegiatan tersebut menjadi salah satu pilihan favorit karena alam bawah laut pantai dari Gili Tangkong ini masih sangat indah. 

Terdapat terumbu karang yang masih subur, dan juga biota laut seperti ikan badut, bintang laut dan biota laut lainnya yang mana semua itu menjadi satu kesatuan keindahan laut yang alami. 

Pulau ini juga bebas dari polusi udara karena memang di area pulau ini tidak diperkenankan untuk menggunakan kendaraan bermesin, maka dari itu jika ingin menikmati pemandangan sekitar hanya bisa menggunakan sepeda atau cukup berjalan kaki saja.

Hal lainnya di sekitar Gili Tangkong ini adalah terdapat sebuah makam keramat yang konon milik ulama penyebar agama Islam yang terletak di tengah laut. Makam Keramat ini memiliki bentuk seperti kubah yang berkaki, makam ini juga tak akan ikut tenggelam jika air laut sedang pasang.

Baca Juga: Bangga! Ayam Taliwang Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda 

2. Rute ke Gili Tangkong

Info Lokasi dan Rute ke Gili Tangkong di Lombok BaratGili Tangkong (instagram.com/agoes_doank33)

Untuk menuju Gili Tangkong dari Mataram, bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju Pelabuhan Lembar. Namun harus bersabar untuk menemukan angkutan umum di sini karena masih jarang terdapat angkutan umum di Mataram ini. 

Opsi lain untuk mendapat kendaraan adalah dengan menggunakan rental mobil Lombok. Rute yang akan ditempuh adalah Mataram-Dasan-Cermen-Rumak-Gerung-Lembar dengan jarak berkisar 25 kilometer. 

Ketika telah sampai di Pelabuhan Lembar, dilanjutkan dengan berlayar melalui pelabuhan barang sejauh 500 meter kea rah timur menuju Tangkong. Untuk bisa menyeberang, terdapat layanan sewa perahu dengan biaya pulang pergi sebesar Rp400.000 dengan kapasitas perahu yaitu 6 orang. 

Jalur lain untuk dapat ke Gili Tangkong adalah melewati Pelabuhan Mawun. Lokasi dari Pelabuhan Mawun ini lebih jauh jika dibandingkan dengan Pelabuhan Lembar, oleh karena itu untuk menyeberang melalui Pelabuhan Mawun ini dibutuhkan juga perahu motor yang dapat disewa dengan harga yang relatif sama saja.

3. Lokasi

Info Lokasi dan Rute ke Gili Tangkong di Lombok Baratinstagram.com/jhovallery

Gili Tangkong berada di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Gili Tangkong berlokasi di sekitar tempat atau objek wisata lainnya seperti Gili Sudak, Makam Keramat dan Gua Landak.

Tempat-tempat tersebut akan dilewati saat menyeberang menuju ke Tangkong. Nah, sudah tahu rute dan lokasinya kan. Yuk, berkunjung ke Gili Tangkong!

Baca Juga: Liburan ke Lombok, Wajib Kunjungi 5 Desa Wisata ini untuk Healing 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya