Comscore Tracker

Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Aan di Lombok

Punya pasir unik seperti merica

Lombok Tengah, IDN Times - Pulau Lombok menyajikan beragam keindahan yang mengagumkan, salah satunya ada di Pantai Tanjung Aan. Pantai yang satu ini berada di depan Samudera Hindia dan memiliki garis pantai melengkung yang panjangnya sekitar 2 km.

Pantai Tanjung Aan ini berada dalam kawasan mandalika yang telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Untuk mengetahui seperti apa daya tarik dan hal lainnya tentang pantai ini, simak ulasannya di bawah ini.

1. Pasir unik seperti biji merica

Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Aan di Lombokhttps://traverse.id

Hal pertama yang menarik dari Pantai Tanjung Aan ini adalah memiliki pasir pantai yang teksturnya berbeda dengan pantai pada umumnya. Hal itu dikarenakan pasir pantai di sini berbentuk bulat dan ukurannya cukup besar seperti biji merica.

Hal itu membuat beberapa masyarakat lokal menyebutnya sebagai pantai merica atau juga pantai tepung. Apalagi pantai yang landai dan juga ombaknya yang tenang membuat lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk yang suka hobi foto-foto, di sana ada sebuah ayunan yang terbuat dari bilahan kayu dan sudah disusun sedemikian rupa di tengah air laut dangkal. Hal tersebut tentunya sangat cocok sebagai tempat berfoto dan dibagikan pada media sosial.

Baca Juga: ASN di Lombok Tengah Diminta Beli Tiket Balapan MotoGP 

2. Lokasi acara adat bau nyale

Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Aan di Lombokcacing nyale (instagram.com/natgeoindonesia)

Di Pantai Tanjung Aan ini juga terdapat upacara adat yang unik bernama Nyale. Upacara ini adalah kegiatan warga sekitar berburu cacing Nyale dan selalu diselenggarakan pada bulan Februari atau bulan Maret.

Konon ada legenda yang mengatakan bahwa cacing Nyale Ini adalah jelmaan dari seorang putri yang tidak mau dijodohkan dengan pangeran. Apabila ingin melihat upacara Nyale, sebaiknya datang pada bulan Februari atau Maret seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jika memiliki hobi berenang, maka tidak salah untuk memilih Pantai Tanjung Aan ini. Ombak yang ada di pantai ini memang tidak besar dan bahkan cenderung tenang sehingga sangat pas untuk berenang.

Kedalaman lautnya pun bisa dikatakan cukup dangkal sehingga kita bisa melihat apa saja yang ada di bawah laut dengan mata telanjang. Untuk yang ingin melihatnya, bisa sewa peralatan snorkeling yang sudah disediakan di sana.

3. Lokasi dan harga tiket

Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Aan di LombokPantai Tanjung Aan (instagram.com/heruufjrn)

Pantai Tanjung Aan ini ada di Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kab, Lombok Tengah, NTB. Lebih tepatnya, lokasi pantainya beberapa kilometer saja dari Pantai Kuta Lombok, yakni sekitar 24 km dari bandara Internasional Lombok serta 62 km dari Kota Mataram.

Untuk jam operasionalnya, Pantai Tanjung Aan ini tidak ada batas waktunya yang artinya pengunjung bisa datang kapan pun ke pantai ini. Hal itu juga sama pada tiket masuk, namun ada biaya parkir untuk kendaraan bermotor, yakni Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

Dari ulasan di atas, Pantai Tanjung Aan bisa menjadi salah satu destinasi wisata menarik untuk Anda. Tertarik pergi ke sana?

Baca Juga: Seru! Anak-anak Korban Gempa Lombok Bercerita Lewat Wayang Botol

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya