Comscore Tracker

Fakta-fakta menarik tentang Desa Wisata Tetebatu di Lombok

Bisa belajar kerajinan dari warga setempat

Lombok Timur, IDN Times - Tetebatu Village merupakan salah satu desa di Lombok yang memiliki panorama indah. Di Desa Tetebatu, pengunjung dapat melihat Gunung Rinjani dengan sangat jelas dan persawahan hijau yang terbentang luas.

Di desa Tetebatu ini juga terdapat sebuah air terjun yang tersembunyi di dalam gua. Tidak ada keramainan seperti perkotaan besar, di sini pengunjung akan merasakan sensasi alam yang luar biasa. Desa Tetebatu juga mengenalkan pengunjung pada kehidupan suku sasak yang harmonis dan memiliki magis tersendiri. 

Pada tahun ini yaitu tahun 2021 Desa Tetebatu masuk nominasi sebagai desa wisata terbaik di dunia dalam lomba best tourism village 2021 oleh UNWTO.

Nah, untuk info lebih jelasnya berikut dibawah ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang Tetebatu Village.

1. Tentang desa wisata tetebatu

Fakta-fakta menarik tentang Desa Wisata Tetebatu di Lombokinstagram/mascmul

Tetabu Village sering dikatakan sebagai Ubudnya Lombok karena panorama dan pesona alamnya tidak kalah dengan Ubud di Bali. Yang membedakannya adalah tidak ada hal-hal yang berbau modern di sini, yang ada adalah kehidupan tradisional dari suku sasak.

Berikut adalah hal-hal yang akan anda dapatkan jika mengunjungi Tetebatu Village ini.

1. Pemandangan Indah Gunung Rinjani
Hal pertama yang akan anda dapatkan ketika menginjakan kaki ke tetebatu village adalah pemandangan Gunung Rinjani sekaligus keindahan sawah hijau yang berbalut sinar matahari emas. Pengunjung akan merasakan seperti berada di surga. Perpaduan antara indahnya alam tersebut dalam satu menjadi sangat sempurna.

2. Air Terjun di Dalam Gua
Selanjutnya anda dapat bermain di Air Terjun yang letaknya di dalam gua. Menuju ke air terjun tersebut anda harus melewati persawahan yang hijau dan subur, setelahnya ada akan melewati sebuah terowongan yang berisi air.

Pengunjung juga harus melewati jembatan bambu untuk sampai ke air terjun tersebut. Setelah sampai di bawah air terjun, pengunujung akan langsung disambut dengan air terjun yang bersumber langsung dari Gunung Rinjani. Airnya  sangat bersih dan tentunya sejuk. Pengunjung dapat berendam dan mandi di air terjun yang menyegarkan tersebut.

Baca Juga: Menyaksikan "Cahaya Tuhan" di Gua Prabu Bangkang Lombok

2. Ada fauna dan kerajinan asli suku sasak

Setelah puas bermain air, pengunjung dapat mengunjungi hutan di Tetebatu Village yang di dalamnya merupakan tempat tinggal kera abu-abu dan lutung hitam asli Lombok. Hal yang perlu diingat ketika berjumpa dengan monyet-monyet di hutan tetebatu adalah jaga seluruh barang bawaan. Karena ada saja monyet nakal yang rusuh mengambil barang bawaan pengunjung.

Bukan hanya puas memandangi pemandangan gunung Rinjani yang dapat dilihat dengan jelas di Tetebatu Village ini. Pengunjung juga dapat mendaki Gunung Rinjani dari Tetebatu lewat jalur Air Berik.

Selain mendapatkan panorama alam yang indah, pengunjung juga dapat belajar anyaman dari bambu yang akan diajarkan langsung oleh penduduk desa tetebatu yang merupakan warga asli suku sasak.

Bukan hanya anyaman dari bambu saja yang diajarkan oleh para penduduk di Tetabatu Village ini, tetapi ada juga sarung yang dibuat dengan alat bambu tradisional, dan tentunya kain tenun dari suku sasak yang khas.

3. Lokasi

Tetetabu Village berada di Lombok Timur yang merupakan sebuah kawasan subur di sana. Secara administratif berada di kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Timur.

Itulah beberapa hal tentang Desa Wisata Tetebatu. Desa wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Baca Juga: 9 Fakta Are Guling, Pantai Primadona Peselancar di Lombok

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya