Comscore Tracker

Berkunjung ke Pantai Sire yang Eksotis di Lombok Utara

Pengunjung juga bisa bermain golf

Lombok Utara, IDN Times - Pantai Sire merupakan pantai yang berlokasi di Desa Sire, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika ingin berkunjung ke pantai ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor karena jarang bisa menemukan kendaraan umum di sana. 

Pengunjung bisa mencapai Pantai Sire dengan kendaraan pribadi dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dari Kota Mataram, pengunjung bisa menempuh jalur Mataram, ke Ampenan, lalu ke Senggigi, lanjut ke Bukit Malimbu, ke Pemenang dan terakhir Sire atau bisa juga melalui jalur Gunung Sari, ke Sidemen, lalu ke Pusuk, ke Pemenang dan akhir di Sire. 

1. Masuk tanpa dipungut biaya

Berkunjung ke Pantai Sire yang Eksotis di Lombok Utaraphinemo.com

Pantai Sire tidak menarik biaya untuk tiket masuk alias gratis tanpa dipungut biaya. Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang untuk sewa peralatan yang disediakan di Pantai Sire. Pantai ini memiliki pasir putih serta ombak yang cukup tenang alias tidak berbahaya sehingga cocok untuk wisata keluarga terutama yang membawa anak-anak kecil. 

Air lautnya sangat jernih sehingga akan terlihat jelas berbagai macam biota laut dan ikan yang ada di dalam air. Di pantai ini menawarkan berbagai macam kegiatan untuk menghabiskan waktu. Untuk Anda yang menyukai kegiatan menyelam atau disebut snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan selam yang disewakan di sana. 

Anda akan disuguhkan pemandangan bawah air yang cantik dengan biota laut dan ikan yang masih sangat alami. Tidak hanya snorkeling, Anda dan keluarga terutama anak-anak juga bisa berenang di pantai tanpa perlu merasa khawatir dengan ombak karena ombak di Pantai Sire cukup tenang sehingga cocok sekali untuk berenang. 

Baca Juga: Menyaksikan "Cahaya Tuhan" di Gua Prabu Bangkang Lombok

2. Bisa bermain golf

Berkunjung ke Pantai Sire yang Eksotis di Lombok UtaraIlustrasi pantai (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ada juga penyewaan perahu jika ingin menuju ke tempat-tempat tertentu atau bagi pengunjung yang menyukai kegiatan memancing ini tidak boleh dilewatkan. Tetapi perlu diingat untuk tidak merusak terumbu karang dan biota laut yang ada. Jika ingin bermain di darat, pengunjung bisa mencoba bermain golf. 

Di pantai ini disediakan arena golf, bila tidak membawa perlengkapan golf, pengunjung bisa menyewanya karena ada tempat penyewaan peralatan golf. Dari Pantai Sire, pengunjung dapat melihat panorama yang indah dengan pemandangan Gunung Rinjani dari kejauhan. Hal ini sangat bagus untuk  pengunjung mengabadikan foto. 

Jika beruntung, pengunjung dapat melihat kegiatan melarung sesaji yang hanya diadakan setiap setahun sekali. Dalam acara bukan hanya kegiatan melarung sesaji tetapi juga diisi dengan berbagai hiburan rakyat seperti kesenian tradisional dan juga hiburan musik.  Ada juga agenda atraksi budaya yang meriah. Ketika event ini berlangsung pantai akan dipenuhi oleh masyarakat dan para wisatawan lokal dan mancanegara.

Jika Anda ingin bermain dan berlarian di pasir dengan aman, Pantai Sire sangatlah cocok karena tipe pasirnya yang halus dan lembut serta berwarna putih. Pasirnya berbeda dengan kebanyakan pasir di pantai Lombok yang teksturnya kasar. 

3. Beragam satwa liar

Berkunjung ke Pantai Sire yang Eksotis di Lombok UtaraPantai Sire (instagram.com/exotichideaways)

Di pantai ini juga terdapat beberapa satwa liar seperti monyet, burung camar dan tupai. Namun dilarang untuk memegang apalagi mengganggu keberadaan mereka.

Suara burung camar di pantai ini dapat didengar hingga akan menjadi alunan musik dari alam yang cukup menenangkan diri. Ditemani dengan pohon-pohon kelapa yang masih alami. Sangat bagus untuk menenangkan diri dan menjauhkan dari dari bisingnya hiruk pikuk perkotaan. Semoga ulasan tentang Pantai Sire ini dapat berguna bagi Anda yang ingin berwisata.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Pantai Kerandangan di Lombok

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya