Comscore Tracker

Berkunjung ke Desa Sembalun, Bisa Petik Stroberi hingga Naik Bukit

Suasananya sangat asri dan menyenangkan

Gunung Rinjani merupakan salah satu tujuan pendakian populer. Tak cuma bagi pendaki lokal melainkan juga pendaki luar negeri. Daya tarik Rinjani membuat banyak orang ingin sampai di puncaknya. 

Namun, tak hanya di puncak Rinjani saja yang menawarkan keindahan. Di kaki gunung juga tak kalah menarik, sayang kalau dilewatkan. Salah satunya adalah kawasan desa wisata Sembalun atau Sembalun Village. 

Sembalun Village adalah sebuah desa yang menawarkan pesona tersendiri. Berada di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.

Desa di kaki gunung rinjani ini terkenal dengan beberapa spot keren di sekitarnya. Mulai dari hamparan kebun stroberi, rumah adat, rumah tenun, bukit paralayang dan lain-lain. 

1. Lokasi

Berkunjung ke Desa Sembalun, Bisa Petik Stroberi hingga Naik BukitPotret Puncak Sembalun di Lombok Timur (dok. Trip Advisor/Ayie Jogankz)

Lokasi Sembalun Village ada di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Sembalun Village 

Ada di bawah kaki gunung Rinjani. Destinasi wisata satu ini menawarkan banyak pesona yang menarik dikunjungi.

Rute desa wisata Sembalun Village mudah diakses. Baik dengan kendaraan roda dua maupun dengan kendaraan roda empat. Jarak dari Kecamatan Sembalun cuma beberapa kilometer dan dari pusat kota Mataram juga cukup dekat. Jalanan menuju ke sini juga mudah dilalui.

Baca Juga: Berlibur ke Pantai Pandanan di Lombok Utara

2. Daya Tarik Sembalun Village

Berkunjung ke Desa Sembalun, Bisa Petik Stroberi hingga Naik Bukitinstagram.com/kakiberuang

Berikut ini beberapa daya tarik dari Sembalun Village:


1. Desa Adat Belek Suku Sasak

Daya tarik pertama, di Sembalun Village masih kental dengan desa adat Belek Suku Sasak yang merupakan suku asli NTB. Terdapat  7 rumah tertua di desa Sembalun, sehingga dinamakan juga desa besar atau desa Belek. Rumah rumah itu unik, serba 7. terdiri 7 rumah, 6 tangga dan 7 tempat penyimpanan barang disebut para. 


2. Kebun Stroberi Sembalun Village 

Di kawasan Sembalun Villagez terdapat kebun storberi yang luas. Wisatawan bisa memetik dan memakanya langsung sendiri. Tentunya hal menyenangkan. Kebun stroberi ini juga menampilkan keindahan warna-warni tersendiri di desa Sembalun.


3. Rumah Tenun Sembalun

Daya tarik lainya di sembalun Village yaitu ada rumah tenun yang bisa dikunjungi wisatawan. Pengunjung bisa coba menenun kain khas Lombok atau sekadar melihat proses tenun. Pengunjung uga bisa membeli kain hasil tenunan warga di situ. 

3. Bukit-bukit

Berkunjung ke Desa Sembalun, Bisa Petik Stroberi hingga Naik BukitInstagram

Terdapat beberapa bukit yang juga dapat didaki oleh wisatawan. Bukit ini juga merupakan spot foto yang menarik.

1. Bukit Selong

Daya lainya di sembalun Village ada bukit namanya Bukit Selong. Bukit ini spot bagus menyaksikan sunrise. Di atas bukit, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan hamparan sawah dan panorama sembalun Village  yang indah dan rapi.


2. Bukit siswa untuk paralayang


Selain Bukit Selong, ada Bukit Siswa untuk para layang di Sembalun Village. Ini adalah daya tarik lainnya dari Sembalun Village. Pengunjung bisa melakukan para layang dari bukit Selong dan menyaksikan indahnya pemandangan Gunung Rinjani secara langsung.  Sembalun Village sendiri memang terkenal karena merupakan pintu masuk ke Gunung Rinjani yang punya bukit bukit indah.

Harga tiket masuk sembalun Village gratis. Pengunjung tidak dikenai tarif. Namun jika membeli kain hasil tenun, harganya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp.400 ribu.  Jadi pengunjung hanya menyediakan akomodasi untuk keperluan pribadi saja. 

Itulah informasi seputar desa wisata Sembalun Village, Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Destinasi satu ini sudah begitu populer, karena merupakan gerbang masuk menuju gunung Rinjani.

Baca Juga: Liburan ke Lombok, Wajib Kunjungi 5 Desa Wisata ini untuk Healing 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya