Comscore Tracker

10 Fakta Tentang Bukit Pergasingan, 'Trail Runner' Merapat!

Salah satunya jadi lokasi favorit untuk trail running

Bukit Pergasingan merupakan salah satu bukit yang memiliki pemandangan terindah. Bukit ini berada di Desa Sembalun Lawang, Sembalun, Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat berkunjung ke Pulau Lombok dan punya agenda pendakian, jangan sampai melewatkan berkunjung ke bukit yang satu ini. Dijamin tak akan menyesal, sebab Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan yang menakjubkan serta pengalaman pendakian yang mengesankan.

Untuk menuju ke sana, perjalanan yang ditempuh dari Kota Mataram ke Sembalun (Lombok Timur) sekitar selama dua jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Sesampainya di Desa Sembalun, dalam perjalanan menuju Bukit Pergasingan wisatawan akan disuguhkan dengan view pedesaan yang dikelilingi hijaunya ladang dan persawahan di bawah kaki Gunung Rinjani jadi sajian pembuka yang dapat dinikmati sebelum sampai di atas Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan sering menjadi tempat pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani, bagi sebagian orang, mendaki Bukit Pergasingan cukup mudah, namun bagi sebagian lainnya terbilang lumayan sulit sebab rute dari bawah hingga ke atas puncak terus menanjak mengingatkan pada pengalaman mendaki Bukit Penyesalan atau pelawangan Sembalun di Gunung Rinjani.

Gimana sih jalur yang dilalui untuk menuju ke Bukit Pergasingan dan seperti apa pemandangan yang ditawarkan? Yuk kita simak informasinya berikut ini!

1. Perjalanan dari pintu masuk menuju puncak Bukit Pergasingan bisa ditempuh selama kurang lebih dua jam pendakian. 

10 Fakta Tentang Bukit Pergasingan, 'Trail Runner' Merapat!Gerbang menuju Bukit Pergasingan (dok. pribadi/Eka Fitriani)

Baca Juga: 10,34 Hektare Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Terbakar

2. Pendakian menuju puncak Bukit Pergasingan bagi para pendaki newbie relatif menantang karena medannya yang terus menanjak dengan jurang di sisi bukit. 

10 Fakta Tentang Bukit Pergasingan, 'Trail Runner' Merapat!Tampak jalur pendakian ke Bukit Pergasingan menanjak. (dok. pribadi/Eka Fitriani)

3. Puncak Bukit Pergasingan memiliki ketinggian kurang lebih 1750 mdpl, dingin dan sering berkabut, jangan lupa jaket hangatmu! 

10 Fakta Tentang Bukit Pergasingan, 'Trail Runner' Merapat!View kabut dari puncak Bukit Pergasingan (dok. pribadi/Eka Fitriani)

4. Suasana dan pemandangan di puncak Bukit Pergasingan mengingatkan pada Pelawangan Sembalun, Gunung Rinjani. Bisa nikmati sunrise juga, lho!  

5. Dari Bukit Pergasingan, pengunjung dapat melihat dari jarak dekat panorama puncak Gunung Rinjani yang menjulang tinggi tepat di depan mata. 

10 Fakta Tentang Bukit Pergasingan, 'Trail Runner' Merapat!Puncak Gunung Rinjani tampak sangat dekat dari Bukit Pergasingan. (dok. pribadi/Eka Fitriani)

6. Selain puncak Gunung Rinjani, dari Bukit Pergasingan terlihat pedesaan yang dikelilingi perbukitan dan persawahan yang tampak seperti karpet permadani. 

10 Fakta Tentang Bukit Pergasingan, 'Trail Runner' Merapat!View dari Bukit Pergasingan (dok. pribadi/Eka Fitriani)

Baca Juga: Mengenal Ragam Fauna Taman Nasional Gunung Rinjani, Apa Saja? 

7. Bukit Pergasingan bisa menjadi alternatif pendakian singkat yang dapat menghabiskan waktu sekitar 4 jam berjalan kaki pergi pulang dan sekitar sehari semalam jika menginap. 

10 Fakta Tentang Bukit Pergasingan, 'Trail Runner' Merapat!Bukit Pergasingan (dok. pribadi/Eka Fitriani)

8. Bukit Pergasingan masuk dalam Sembalun Seven Summits (SSS), sebuah konsep tantangan wisata petualangan puncak tertinggi yang berada dalam satu kawasan yaitu di Sembalun menjadikannya yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.  

9. Bukit Pergasingan menjadi rute yang dilewati oleh peserta yang mengikuti kategori 75K, 119K dan 162K pada ajang internasional lomba lari trail Rinjani 100. 

10. Bisa ditempuh sekitar 1 jam dengan berlari, Bukit Pergasingan menjadi salah satu lokasi pilihan favorit para trail runner karena pemandangan yang indah dan jalurnya yang relatif pendek namun menanjak menjadi daya tarik bagi pelari yang mencari elevasi atau ketinggian. 

Itulah fakta-fakta menarik tentang Bukit Pergasingan yang pemandangan indahnya sudah tak diragukan lagi. Bukit Pergasingan bisa jadi tempat alternatif latihan mendaki sebelum kamu mendaki Gunung Rinjani.

Banyak cara untuk bisa menikmati Bukit Pergasingan, baik dengan mendaki santai dan menginap, trekking sebentar tanpa menginap hingga trail running. Jangan lupa sebelumnya untuk mempersiapkan dengan baik segala keperluan yang dibutuhkan, usahakan untuk melakukan pendakian dengan seminim mungkin sampah serta tentunya tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjani

Eka Fitriani Photo Community Writer Eka Fitriani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya