Comscore Tracker

Destinasi Wisata Air Terjun Lombok yang Bisa Memanjakan Jiwa

Wisata air terjun yang keindahan alam di Lombok

Lombok Tengah, IDN Times - Pariwisata alam di daerah Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) memang tidak kalah dengan wisata alam di tempat lain. Hampir semua wisata keindahan alam ada di tempat ini, baik destinasi gunung, pantai, hingga bahari alam lautnya. 

Bahkan ada yang bilang bahwa wisata alam di Lombok lebih menarik dibandingkan dengan Bali. Jika berbicara wisata alam, air terjun di Lombok merupakan lokasi wisata yang menarik dikunjungi.

Selain bisa menikmati pemandangan yang sejuk, para wisatawan juga dapat main air. Air terjun di Lombok banyak terbentuk karena geografi Pulau Lombok terdiri dari banyak bukit dan dataran tinggi.

Berikut adalah air terjun di Lombok yang patut di kunjungi. 

1. Air Terjun Tiu Teja

Destinasi Wisata Air Terjun Lombok yang Bisa Memanjakan Jiwado.pribadi

Air terjun Lombok yang satu ini terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara NTB. Objek wisata alam Air Terjun Tiu Teja tergolong masih baru dan suasana alamnya masih alami.

Para wisatawan dapat menikmati situasi keindahan air terjun yang belum banyak disentuh tangan manusia. Selain keindahan alam yang masih asli, daya tarik air terjun setinggi 40 meter ini terletak pada pelanginya yang terkadang muncul.

Pelangi ini biasanya terjadi saat matahari mengenai sisi depan air terjun. Butiran-butiran air akan memantulkan cahaya dan membentuk Pelangi.

Baca Juga: 15 Kapal Pesiar Besar akan ke Lombok Tahun 2023 

2. Air Terjun Benang Stokel

Destinasi Wisata Air Terjun Lombok yang Bisa Memanjakan Jiwadok.pribadi

Air terjun ini terletak di Dusun Pemotoh Desa Aik Berik Kecamatan Batu Kelingan Utara Lombok Tengah NTB. Para wisatawan yang ingin berkunjung bisa berangkat dari Kota Mataram dan menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini memiliki kolam kecil di bawahnya. Kolam ini terbentuk akibat benturan air ke tanah. Kolam ini dipercaya tempat mandi Dewi Anjani yang merupakan penunggu Gunung Rinjani.

3. Air Terjun Benang Kelambu

Destinasi Wisata Air Terjun Lombok yang Bisa Memanjakan Jiwadok pribadi

Air Terjun Benang Kelambu lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Benang Stokel. Walau berada di satu desa dan satu kecamatan, pemandangan Air Terjun Benang Kelambu sangat berbeda dengan Air Terjun Benang Stokel.

Lokasinya yang lebih tinggi mengharuskan para wisatawan yang ingin berkunjung siap secara fisik. Air Terjun Benang Kelambu membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk di daki.

Walaupun perlu usaha lebih untuk menuju lokasi menampilkan Air Terjun Benang Kelambu sangat setimpal dan memanjakan mata.

4. Air Terjun Sendang Gile

Destinasi Wisata Air Terjun Lombok yang Bisa Memanjakan Jiwadok.bribadi

Air terjun ini terletak di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara di NTB. Wisata air terjun ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Biaya masuknya cuma Rp5 ribu per orang mengunjungi air terjun pada ketinggian 600 mdpl atau memiliki tinggi sekitar 31 meter. Ada dua tingkat di air terjun ini, di mana tingkat pertama mengalir dari bukit di atas dan jatuh ke dalam kolam di bawahnya.

Air kemudian jatuh membentuk tingkat dua, kemudian jatuh lagi membentuk sungai. Dasar sungai yang cukup datar membuat wisatawan dapat menikmati kesegarannya dengan mandi di sini. Air Terjun Sendang Gile ini dikunjungi wisatawan lokal dan manca negara.

5. Air Terjun Jeruk Manis

Destinasi Wisata Air Terjun Lombok yang Bisa Memanjakan Jiwadok.pribadi

Air Terjun Jeruk Manis terletak di Desa Jeruk Manis Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur NTB. Jarak dari Bandara Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid ke Air Terjun Jeruk Manis sekitar 50 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan curah air yang sangat besar dan jernih. Objek wisata yang indah ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Menurut cerita yang turun-temurun, air terjun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Terutama berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Biasanya dilakukan dengan ritual tradisional yang dipimpin oleh seorang pemangku.

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Jeruk Manis disarankan memakai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Karena lokasinya bukan untuk kendaraan umum. 

Baca Juga: 6 Aktivitas Wisata di Gili Trawangan Lombok, Bawah Lautnya Ajaib!

diana dian Photo Community Writer diana dian

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya