Comscore Tracker

Rekomendasi Aktivitas Wisata di Lombok, Cocok untuk Solo Traveling 

Alam hingga budaya, pilihan terbaik untuk liburan sempurna 

Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Lombok memiliki wisata alam yang menakjubkan yang sayang untuk dilwatkan.

Jika bepergian sendiri, suasana yang semarak dan orang-orang yang ramah akan membuat pengunjung merasa nyaman. Siapa tahu, di Lombok, pengunjung akan menemukan seseorang yang spesial untuk menemani liburan selanjutnya.

Sebelum berkunjung ke Lombok, perlu diketahui aktivitas menarik apa saja yang dapat dilakukan. Yuk, disimak!

1. Kunjungi gili-gili

Rekomendasi Aktivitas Wisata di Lombok, Cocok untuk Solo Traveling Gili Trawangan, Kepulauan Gili,Lombok (unsplash.com/ Tom Bixler)

Ketika di Lombok, tentu harus mengunjungi tiga gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Pulau-pulau kecil ini mudah diakses dari Pelabuhan Bangsal.

Jika mencari suasana yang lebih sosial di mana wisatawan dapat bertemu orang baru dan menghabiskan malam dengan berpesta, maka kunjungi Gili Trawangan. Gili ini juga merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara maupun nusantara.

Jika  lebih suka ketenangan dan tempat menyelam yang indah, maka Gili Air adalah tempat yang tepat untuk itu.

Bila ingin merasakan ketenangan dan bertemu orang bar, Gili Meno adalah pilihan terbaik. Gili Meno adalah tempat peristirahatan yang paling indah dan romantis untuk berbulan madu.

Di sekitar pulau terdapat tiga titik penyelaman yang menjadi favorit para penyelam, yaitu Meno Wall, Sea Point Turtle, dan Point Coral Blue. 

2. Menikmati keindahan pantai-pantai Lombok 

Rekomendasi Aktivitas Wisata di Lombok, Cocok untuk Solo Traveling Spot foto hits ayunan di Tanjung Aan. (instagram.com/lombok_leisure_travel)

Jika lebih menyukai menghabiskan waktu dengan ketenangan bersama alam, wisata pantai di Lombok adalah pilihan yang tepat. Pantai-pantainya kurang ramai karena sebagian besar wisatawan berbondong-bondong ke tiga Gili.

Lombok adalah rumah bagi sejumlah pantai yang sangat indah, dan beberapa favorit semuanya berada di wilayah selatan.

Menyewa mobil dan berkendara ke selatan adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu. Kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan sesama pelancong yang ingin menjauh dari keramaian dan hiruk pikuk di daerah ini, atau beberapa anak lokal, bermain-main setelah jam sekolah.

Beberapa pantai favorit adalah:

  • Pantai Selong Belanak (Lombok Barat Daya)
  • Pantai Tanjung Aan (Lombok Selatan)
  • Pantai Kuta (Lombok Selatan)

Baca Juga: Jajan dan Kue Tradisional yang Wajib Dicoba saat di Lombok

3. Eksplor kebudayaan dan kehidupan masyarakat lokal di Desa Wisata 

Rekomendasi Aktivitas Wisata di Lombok, Cocok untuk Solo Traveling Desa Sade, wisata budaya Suku Sasak Lombok (instagram.com/ helda_edwina)

Orang-orang Suku Sasak adalah masyarakat lokal sangat ramah. Mereka juga semangat melakukan kreativitas seperti yang ditunjukkan dalam kerajinan tangan dan kain tenun mereka.

Menjelajahi desa mereka adalah pengalaman yang layak untuk dilihat. Penduduk desa biasanya menampilkan tarian tradisional saat mereka menyambut wisatawan di rumah mereka yang dibangun dengan atap ilalang, tembok bambu, dan rotan.

Saat mengunjungi desa-desa, jangan takut untuk bertanya dan belajar lebih banyak tentang mereka karena mereka menceritakan kisah sejarah dan latar belakang budaya mereka.

Jika  beruntung, wisatawan bahkan dapat menyaksikan pernikahan adat Sasak, di mana orang-orang akan berbaris melintasi desa untuk merayakannya atau yang biasa disebut Nyongkolan. Di bawah ini, adalah tiga desa yang menyambut wisatawan dan masing-masing tersedia dalam kelompok wisata.

4. Belanja di Pasar tradisional

Rekomendasi Aktivitas Wisata di Lombok, Cocok untuk Solo Traveling Pedagang di Pasar Kebon Roek. (instagram.com/ p.yannn)

Pasar tradisional di Lombok adalah lokasi utama untuk membeli oleh-oleh terbaik di pulau itu. Dipenuhi dengan pembeli dan penjual yang sibuk, pasar tradisional sangat bagus untuk pelancong yang ingin merasakan kehidupan Lombok yang sebenarnya.

Di sini, wisatawan dapat menemukan buah-buahan dan sayuran tropis, ikan dan unggas, serta barang-barang kerajinan tangan yang bagus untuk suvenir.

Tawar-menawar dapat diterima. Karena menghabiskan waktu di sini dan memulai percakapan dengan penjual mungkin merupakan pengalaman budaya yang sesungguhnya. Pasar tradisional untuk dikunjungi:

  • Pasar Sengkol
  • Kebon Roek
  • Pasar Mantang
  • Pasar Mandalika
  • Pasar Jelojok

5. Wisata alam air terjun Lombok

Rekomendasi Aktivitas Wisata di Lombok, Cocok untuk Solo Traveling Wisatawan berofto di depan Air Terjun Lombok (unsplash.com/christoffere)

Lombok memiliki beberapa air terjun terindah di Indonesia. Kebanyakan memiliki akses yang sulit ditempuh, tetapi pemandangan yang akan disaksikan di akhir pendakian pasti sepadan dengan lelahnya wisatawan berjalan kaki. 

Trek mungkin agak licin selama musim hujan, jadi disarankan untuk memakai sepatu anti-selip. Cobalah untuk mengalokasikan beberapa jam untuk setiap air terjun karena keindahannya akan membuat wisatawan yang ingin berlama-lama di sekitar aliran air yang indah. Di bawah ini adalah empat air terjun, yang tidak boleh dilewatkan:

  • Air Terjun Tiu Kelep
  • Air Terjun Jeruk Manis
  • Air Terjun Mangku Sakti
  • Air Terjun Benang Kelambu

Tunggu apalagi? Perjalanan solo yang fenomenal menanti di Lombok! Ingatlah untuk selalu mengikuti protokol kesehatan begitu  tiba di sini!

Baca Juga: Resep Opor Ayam Khas Lombok, Cocok Dijadikan Lauk untuk Berbuka Puasa

Anisa Destya Photo Community Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya