Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari Lombok

Ketagihan ke Gunung Rinjani atau mandi di Gili nih?

Jangan datang ke Lombok nanti gak mau pulang. Mungkin kalimat itu pernah kita dengar. Pernyataan itu mungkin ada benarnya juga. Masalahnya banyak wisatawan ketagihan ke Lombok 

Bagi pelancong atau wisatawan yang berkunjung ke Lombok adalah impian. Karena, pulau Lombok sendiri memiliki daya tarik sendiri dari ribuan pulau yang terbentang di Nusantara. Nama Lombok sendiri berasal dari bahasa suku khas Sasak yang berasal dari kata 'Lomboq' yang artinya lurus. 

Apa saja sih yang membuat wisatawan gak mau pulang jika ke Lombok? lima hal  di bawah ini dijamin bikin wisatawan betah dan gak mau pulang. Yuk simak!

1. Mendaki Gunung Rinjani

Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari LombokDok.probadi/Ahmad Viqi

Keindahan bentangan alam Gunung Rinjani memang menjadi daya tarik wisatawan jika berkunjung ke Pulau Lombok. Bukan hanya wisatawan nasional bahkan sampai wisatawan mancanegara.

Memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan air laut (MDPL) ada banyak pemandangan indah memanjakan mata jika mendaki ke Gunung-gunung Rinjani. Ada Puncak Rinjani, Segara Anak dan Air Terjun Penimbungan jalur Torean di bagian Lombok Utara. 

Selain mendapatkan bonus keindahan alam, di bawah Danau Segara Anak pendaki bisa mancing ikan dan mandi aik kalak (air hangat). 

Ada banyak jalur menuju gunung Rinjani, mulai dari jalur Torean, Sembalun Lombok Timur, Senaru Lombok Utara, Timbanuh Pringgasela Lombok Timur dan Aik Berik Lombok Tengah. 

Info lengkap biaya mendaki ke Gunung Rinjani wisatawan bisa langsung menghubungi pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Biaya mendaki ke gunung Rinjani hanya di kisaran Rp 35.000 untuk tiga hari tiga malam saja. Murah kan! 

2. Nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika

Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari LombokSirkuit Mandalika (instagram.com/motogp)

Adanya Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika membuat wisatawan makin betah deh berada di Lombok. 

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan. Selain dapat nonton event balap motor kelas internasional, seperti MotoGP, World Superbike (WSBK) dan Idemitsu Asian Talent Cup yang akan digelar tahun 2022 dan tahun 2023 mendatang.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengelilingi sepanjang pantai di KEK Mandalika. Bisa ke Pantai Seger, Tanjung Aan, Mertak, Pantai Kuta dan Bukit Seger dan bukit Merese.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi dua Desa Adat di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah yaitu desa Adat Sade dan Desa Adat Ende. Cukup lengkap jika wisatawan berkunjung ke Sirkuit Mandalika.

Untuk memesan tiket nonton MotoGP wisatawan bisa memesan via onlie di tiket.com, aplikasi my Pertamina dan explorin.com. Wisatawan juga bisa membeli tiket di gerai yang telah disediakan oleh PT ITDC sebagai pengelola utama Pertamina Mandalika International Street Circuit.

3. Berkunjung ke Tiga Gili Trawangan, Meno, Air

Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari LombokDok.probadi/Ahmad Viqi

Tak lengkap rasanya jika ke Lombok tidak berkunjung ke tiga Gili ternama di pulau Lombok.  Dari beberapa pulau kecil yang ada di Lombok Tiga Gili seperti Trawangan, Meno dan Air menjadi pilihan berlibur jika wisatawan datang ke Lombok.

Tiga Gili ini memiliki keunikan tersendiri. Jika wisatawan ke Gili Trawangan bisa menikmati indahnya pantai. Wisatawan juga bisa melakukan beberapa aktivitas. Seperti snorkeling, diving, main kano hingga bersepeda. 

Jika wisatawan ke Gili Meno bisa mengunjungi danau yang berada di tengah Gili Meno. Ada ketenangan ketika berada di Gili Meno. Sama halnya ke Gili Air. 

Gili Air memang berada paling dekat dengan pelabuhan Bangsal Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. 

Kita bisa memesan transportasi umum boat publik dengan tarif cukup murah. Tiket ke Gili Trawangan hanya di kisaran harga Rp16.500 saja.

Untuk ke Gili Meno pengunjung bisa membayar gocek seharga Rp15.000 saja. Untuk ke Gili Air pengunjung bisa membayar Rp 12.500 ribu saja. Cukup murah bukan?

Baca Juga: Nikmatnya Kuliner Sate Ikan Tanjung Khas Lombok Utara, Bikin Nagih!

4. Menikmati beragam kuliner khas Lombok

Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari LombokAyam Taliwang (instagram.com/taliwangpapin)

Tak lengkap rasanya jika ke Lombok tidak menikmati segala kuliner khas masyarakat Lombok.  Ada banyak lho makanan khas yang bisa dijumpai di pulau Lombok. Tenang makanan khas Lombok sangat terjangkau. 

Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan seperti Sate Bulayak, Sate Tanjung dan Sate Rembiga. Untuk makanan berat ada beragam jenis yang dapat kita jumpai di Lombok. Seperti Pelecing Kangkung, Ayam Taliwang, Beberok Lombok dan Nasi Balap khas Enak Esun di Desa Puyung Lombok Tengah. 

Harga masing-masing makanan khas pulau Lombok cukup beragam. Wisatawan bisa cek langsung ke rumah makan khas yang menjual makanan khas Lombok. 

Harga satu porsi makanan khas Lombok seperti Ayam Taliwang berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 50.000 saja. Untuk harga sate Belayak khas Lombok Barat berada di kisaran Rp 15.000 saja hingga Rp 20.000.

Sedangkan untuk makanan khas Pelecing Kangkung berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 saja per porsinya. Milenial mau coba kuliner khas Lombok yang mana nih jika ke Lombok? 

5. Bisa saksikan beragam atraksi budaya

Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari LombokDok.probadi/Ahmad Viqi

Selain bisa mendaki Gunung Rinjani menikmati keindahan pantai. Berada di Lombok juga wisatawan bisa menyaksikan beberapa event atraksi kesenian dan budaya di pulau Lombok. 

Beragam budaya di pulau Lombok direfleksikan dalam bentuk atraksi budaya. Seperi budaya Presean, Nyongkolan budaya Merarik, Maulid Adat Bayan, dan budaya Bau Nyale di Pantai Kuta Mandalika.

Event Presean atau adu ketangkasan menggunakan pohon Rotan ini biasanya di lakukan di Lombok saat event-event tertentu. Seperi hari kemerdekaan RI dan agenda hari hari besar lainnya.

Untuk budaya Nyongkolan biasa dijumpai saat ada kedua mempelai melangsungkan ikatan janji pernikahan. Nyongkolan adalah iringan kedua mempelai dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita. Biasanya ini dilakukan menggunakan iringan musik gendang beleq khas Lombok. 

Maulid ada Bayan bisa dijumpai saat peringatan maulid nabi Muhammad Saw. Biasanya maulid adat Desa Bayan dilakukan dalam tempo 4 hari di Desa Bayan. Dengan memasak hasil tanaman, warga bayan berbondong bondong merayakan maulid adat di Masjid Kuno Desa Senaru Kecamatan Bayan Lombok Utara. 

Lima hal menarik ini adalah garis besar aktivitas yang menyenangkan jika berkunjung ke Pulau Lombok. Ada banyak hal lain yang bisa dijumpai di Lombok. Yuk, berkunjung ke Lombok!

Baca Juga: Indahnya Pemandangan Gili Petagan di Lombok Timur

Viqi Wahyu Photo Community Writer Viqi Wahyu

Penulis takut lapar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya