5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Iker Muniain di Athletic Bilbao

Tinggalkan Athletic Bilbao setelah 15 tahun

Intinya Sih...

  • Iker Muniain meninggalkan Athletic Bilbao setelah 15 tahun membela klub tersebut sejak debut pada 2009.
  • Muniain diandalkan oleh lima pelatih selama kariernya di Athletic Bilbao, termasuk Ernesto Valverde, Marcelo Bielsa, Gaizka Garitano, Joaquin Caparros, dan Marcelino.
  • Sebagai kapten tim, Muniain tampil produktif dengan kontribusi 76 gol dan 70 assist dalam total 560 pertandingan bersama Athletic Bilbao.

Iker Muniain merupakan sosok legenda di Athletic Bilbao. Musim 2023/2024 menjadi musim terakhirnya berseragam klub yang sudah dibelanya sejak belia. Ia sudah memperkuat Los Leones selama 15 tahun sejak debutnya pada 2009 silam.

Selama periode panjang tersebut, Muniain mengemban tugas sebagai kapten tim berkat sosoknya yang disegani. Hal itu membuatnya tetap diandalkan meski Athletic Bilbao beberapa kali berganti pelatih. Berikut merupakan lima pelatih yang paling mengandalkan Iker Munian selama ia mereka membesut Atlethic Bilbao.

1. Ernesto Valverde mengandalkan Iker Muniain dalam 215 pertandingan

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Iker Muniain di Athletic BilbaoErnesto Valverde (athletic-club.eus)

Ernesto Valverde merupakan pelatih yang paling sering memainkan Iker Munian. Ia juga menjadi sosok terakhir yang menanganinya di Athletic Bilbao. Keduanya bekerja sama dalam dua periode berbeda, yakni pada 2013–2017 dan 2022–2024. 

Secara total, Valverde menangani Muniain selama 6 tahun. Dari periode waktu tersebut, ia mengandalkan sang kapten dalam 215 pertandingan di berbagai kompetisi. Muniain juga tampil paling produktif bersama Valverde. Ia berhasil mengemas 25 gol dan 20 assist. Keduanya bekerja sama mempersembahkan trofi Copa del Rey 2023/2024 untuk Athletic Bilbao.

Baca Juga: 4 Fitur Google Ai Terbaru, Bisa Deteksi Penipu yang Minta Transfer

2. Marcelo Bielsa mempercayainya dalam 101 pertandingan selama 2 musim

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Iker Muniain di Athletic BilbaoMarcelo Bielsa (uefa.com)

Marcelo Bielsa pernah menangani Athletic Bilbao pada 2011-2013. Selama 2 tahun tersebut, Iker Munian mempunyai momentum menunjukkan kualitasnya. Sebagai pemain muda di usia menjelang 20-an, ia tampil menonjol sebagai gelandang serang. 

Juru taktik asal Argentina ini mengandalkan Muniain dalam 101 pertandingan di semua ajang. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia berhasil membukukan 11 gol dan 11 assist.  Meski bekerja sama singkat, Bielsa punya peran penting dalam perkembangan di awal karier Muniain.

3. Gaizka Garitano bekerja sama dengan Iker Muniain sebanyak 77 pertandingan

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Iker Muniain di Athletic BilbaoGaizka Garitano (athletic-club.eus)

Iker Muniain pernah ditangani Gaizka Garitano di Athletic Bilbao. Keduanya bekerja bersama selama 2 tahun pada 2018–2021. Pada periode tersebut, Garitano mempercayai Muniain untuk turun bermain dalam 77 pertandingan di berbagai kompetisi. 

Dari jumlah penampilannya tersebut, Munian berhasil mengemas 12 gol dan menghasilkan 8 assist. Meski menjadi andalan, masa bersama Garitano termasuk periode yang sulit baginya. Selama kurun waktu tersebut, Athletic Bilbao mengalami penurunan performa di kompetisi domestik. Di LaLiga, tim kesulitan bersaing di papan atas dan tidak konsisten.

4. Joaquin Caparros memberi Iker Munian 73 pertandingan

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Iker Muniain di Athletic BilbaoJoaquin Caparros (sevillafc.es)

Joaquin Caparros menjadi pelatih yang berjasa kepada Iker Muniain. Ia memberikan kesempatan kepadanya melakoni debut bersama Athletic Bilbao pada 20 Agustus 2009. Saat ini, ia bertanding pertama kalinya pada usia 16 tahun.

Kerja sama Muniain dengan Caparros terjadi selama 2 tahun pada 2009–2011. Dalam masa singkatnya tersebut, ia diandalkan dalam 73 pertandingan di semua kompetisi. Total, kontribusi 11 gol dan 6 assist berhasil diciptakannya selama ditangani pelatih asal Spanyol tersebut. 

5. Marcelino menurunkan Iker Muniain dalam 60 pertandingan

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Iker Muniain di Athletic BilbaoMarcelino (athletic-club.eus)

Marcelino dan Iker Munian bekerja sama hanya dalam waktu singkat. Keduanya bahu membahu menaikkan performa Athletic Bilbao selama 1,5 tahun pada 2021–2022. Salah satu prestasi bersama dari keduanya adalah menjuarai Supercopa de Espana 2020/2021. 

Kendati hanya dalam waktu singkat, Muniain menjadi sosok vital dalam permainan tim. Marcelino mengandalkannya dalam 60 pertandingan. Sang kapten menjadi maestro serangan tim berkat kreativitasnya. Ia total membuat 8 gol dan menghasilkan 21 assist. 

Kesetiaan yang ditunjukkan Iker Muniain bersama Athletic Bilbao membuatnya menjadi legenda. Selama 15 tahun berada di klub, ia berkontribusi 76 gol dan 70 assist dari 560 kali berlaga di berbagai ajang. Meski beberapa kali berganti pelatih, ia selalu diandalkan. Pada musim panas 2024 nanti, ia bakal menjajal tantangan baru. Klub-klub di Amerika Serikat dan Argentina menjadi opsi potensial baginya untuk melanjutkan karier sepak bolanya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Aerox 155, Motor Favorit Anak Muda!

Khasan Rochmad Photo Community Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya