Nurul Iqamah Pimpin Tim Panjat Tebing NTB Buru Emas di PON Aceh-Sumut 

NTB terjunkan enam atlet panjat tebing

Mataram, IDN Times - Cabang olahraga (cabor) Panjat Tebing didapuk sebagai salah satu cabor unggulan NTB di PON XXI Aceh - Sumatera Utara (Aceh-Sumut) 2024. Pada multievent olahraga nasional empat tahunan itu, Tim Panjat Tebing NTB akan dipimpin Atlet Pelatnas Nurul Iqamah, dalam perjuangan memburu medali emas.

Cabor Panjat Tebing NTB memiliki misi untuk mempertahankan dua medali emas yang diraih pada PON Papua XX Tahun 2021. Karena itu, pengalaman Nurul Iqamah selaku atlet pelatnas sangat diharapkan untuk memimpin rekan-rekannya di dalam Tim Panjat Tebing NTB.

”Dua medali emas dan satu medali perak di PON Papua tidak mudah didapatkan. Namun kami akan berusaha untuk mempertahankannya,” kata Ketua Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) NTB, Hamdan Kasim, Senin (12/8/2024).

1. Turunkan 6 atlet panjat tebing di PON Aceh-Sumut 2024

Nurul Iqamah Pimpin Tim Panjat Tebing NTB Buru Emas di PON Aceh-Sumut ilustrasi panjat tebing (Dok. Pemkot Tangerang)

Pada PON Papua 2021, Cabor Panjat Tebing NTB meraih dua medali emas dari tim boulder putri yang diperkuat Ayu Fathullah, Nurul Iqamah, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani. Medali emas lainnya disumbangkan Nurul Iqamah di nomor combined perorangan.

Serta satu medali perak dari tim speed relay putri yang diperkuat Anggun Yolanda, Ade Irma Suryani dan Nurul Iqamah. Tim Panjat Tebing NTB akan menurunkan enam atlet di PON Aceh-Sumut 2024.

Terdiri dari tiga atlet putri yakni Nurul Iqamah, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani. Sementara tiga atlet putra yang diturunkan adalah M Fajar, Zulius Mustofa Aji dan Gufransyah.

Baca Juga: Dapat Dana Rp40 Miliar, NTB Berambisi Bawa Pulang 20 Emas PON 2024

2. Buru medali emas di nomor berbeda

Nurul Iqamah Pimpin Tim Panjat Tebing NTB Buru Emas di PON Aceh-Sumut ilustrasi medali (freepik.com/freepik)

Dengan jumlah atlet tersebut, Tim Panjat Tebing NTB akan memburu medali emas dari nomor berbeda. Karena tim putri hanya diperkuat tiga orang atlet. Sehingga nomor pertandingan juga menyesuaikan dengan jumlah atlet.

Atlet putri akan turun di nomor lead individu, boulder individu, speed WR beregu, lead beregu, combine putri, combain tim mix dan speed WR mix. Kemudian atlet putra NTB akan turun di nomor combine, boulder, lead, combine mix dan speed WR mix.

3. Persiapan masuk tahap akhir

Nurul Iqamah Pimpin Tim Panjat Tebing NTB Buru Emas di PON Aceh-Sumut Atlet panjat tebing Sumut berlatih jelang PON 2024 (dok.istimewa)

Ketua Satgas Kepelatihan Pelatda Bank NTB Syariah PON 2024, Hari Gunawan, mengatakan persiapan atlet Panjat Tebing NTB sudah masuk dalam tahap akhir atau kompetisi utama. Sejauh ini, para atlet tetap berlatih secara intens.

"Hanya Nurul Iqamah yang berlatih di pelatnas. Karena dia masuk sebagai atlet panjat tebing nasional,” jelasnya.

Berdasarkan hasil klinis bersama pelatih, cabor Panjat Tebing masih berpeluang meraih medali emas. Gunawan mengatakan program latihan dan uji tanding sudah dilakukan.

"Nanti tinggal menampilkan usaha maksimal untuk meraih target tersebut,” tandasnya.

Baca Juga: Ombudsman NTB Temukan Tenaga Pendidik Jual-Beli Seragam saat PPDB 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya