MXGP Selaparang akan Dipindahkan ke Sirkuit Lantan di Lombok Tengah

Zulkieflimansyah beberkan alasannya

Lombok Tengah, IDN Times - Chairman MXGP Indonesia Zulkieflimansyah mengatakan kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram kemungkinan akan dipindahkan ke Sirkuit Lantan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Secara khusus, Gubernur NTB periode 2018-2023 ini menemui Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri di Praya, Jumat (19/4/2024) guna membicarakan kemungkinan gelaran MXGP Lombok di Sirkuit Lantan Lombok Tengah.

Zulkieflimansyah menepis pertemuannya dengan Pathul Bahri yang juga Ketua DPD Gerindra NTB itu terkait dengan politik. "Tapi sebenarnya tujuan saya gak di situ (politik). Kami lebih melihat MXGP dilaksanakan di Sirkuit Lantan," kata Zulkieflimansyah.

1. Alasan dipindah ke Lombok Tengah

MXGP Selaparang akan Dipindahkan ke Sirkuit Lantan di Lombok TengahMantan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (IDN Times/Muhammad Nasir))

Zulkieflimansyah mengungkap alasan rencana dipindahkannya gelaran MXGP Lombok dari sebelumnya di Sirkuit Selaparang Kota Mataram dipindahkan ke Sirkuit Lantan Lombok Tengah. Karena dia melihat tanpa dukungan pemerintah daerah yang benar-benar serius maka event dunia itu tidak akan sukses.

"Dan saya melihat pak Bupati Loteng ini hobi motor juga. Nanti kita matangkan. Tapi saya sangat senang beliau setuju. Nanti kita matangkan lagi kemungkinan kemungkinan kita pindahkan dari eks Bandara Selaparang Mataram ke Sirkuit Lantan," terangnya.

Baca Juga: Zulkieflimansyah Sebut Paket Zul-Rohmi Jilid II Hampir Final 

2. Akan sampaikan proposal ke Infront

MXGP Selaparang akan Dipindahkan ke Sirkuit Lantan di Lombok TengahAksi pembalap MXGP di Sirkuit Samota Sumbawa 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pihaknya akan menyampaikan proposal ke Infront Moto Racing soal rencana pemindahan lokasi gelaran MXGP Lombok dari Sirkuit Selaparang ke Sirkuit Lantan Lombok Tengah. Nantinya pihak Infront akan turun ke Lombok Tengah untuk mengecek Sirkuit Lantan.

Menurut Zulkieflimansyah, jika Infront Moto Racing setuju maka Sirkuit Lantan akan dibentuk menjadi sirkuit kelas dunia. Pada 2022, Sirkuit Lantan pernah menjadi salah satu lokasi yang dipertimbangkan untuk gelaran MXGP Lombok.

Tetapi karena persoalan akses yang belum memadai, sehingga Infront memilih eks Bandara Selaparang Kota Mataram menjadi lokasi Sirkuit MXGP Lombok. Selain itu, akomodasi di Kota Mataram juga memadai dan akses ke Gili Trawangan dan Senggigi juga mudah.

3. MXGP digelar dua seri di NTB

MXGP Selaparang akan Dipindahkan ke Sirkuit Lantan di Lombok TengahMXGP Samota Sumbawa 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sejak 2023, MXGP Indonesia menggelar dua seri balapan motocross di Sirkuit Samota dan MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang Sumbawa NTB. Pada tahun ini, MXGP Sumbawa akan dilaksanakan di Sirkuit Samota pada 30 Juni 2024. Sedangkan MXGP Lombok akan digelar di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram pada 7 Juli 2024.

PT Samota Enduro Gemilang (SEG) sebagai penyelenggaa lokal membocorkan biaya penyelenggaraan dua seri kejuaraan dunia balap motocross tersebut yang menelan biaya cukup besar. "Anggaran pelaksanaan MXGP cukup besar, lebih dari Rp50 miliar untuk dua seri penyelenggaraan di luar hosting fee yang harus kita bayarkan kepada Infront Moto Racing selaku promotor MXGP," sebut Direktur PT Samota Enduro Gemilang Diaz Rahmah Irhani.

Dengan biaya penyelenggaraan ayang cukup besar, pihaknya sedang mencari sponsor nasional maupun lokal. Mereka akan menggandeng sejumlah sponsor perusahaan besar di NTB, NTT, Bali, Surabaya, hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga: Tak Ada Anggaran untuk MXGP 2024, Pemprov NTB akan Dukung dengan Doa

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya