Muaythai Menyumbang Emas Pertama untuk NTB di PON Aceh-Sumut 2024

Atlet Muaythai NTB Fery Irawan menang KO melawan tuan rumah

Mataram, IDN Times - Cabang olahraga (cabor) Muaythai berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi Nusa Tenggara Barat (NTB) di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Atlet Muaythai NTB Fery Irawan menang KO atas wakil tuan rumah Aceh, Ridwan Syah, kategori U-23 kelas 45 kg pada pertandingan yang berlangsung di Bale Meuseuraya Aceh, Selasa (10/9/2024).

"Alhamdulillah, ini emas pertama dari Muaythai. Ini juga emas pertama yang didapat kontingen NTB," kata Pelatih Muaythai NTB, Indra Gunawan, Selasa (10/9/2024).

1. Berhasil mengalahkan tuan rumah

Muaythai Menyumbang Emas Pertama untuk NTB di PON Aceh-Sumut 2024Atlet Muaythai NTB yang berlaga di PON Aceh-Sumut 2024 bersama KONI NTB. (dok. Istimewa)

Indra menjelaskan Fery sudah mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Terlebih lawan yang dihadapi memiliki postur badan lebih tinggi dan merupakan wakil tuan rumah Provinsi Aceh. Namun demikian, Fery mampu menjatuhkan lawannya di ronde kedua dan menang TKO (Technical KnockOut).

"Luar biasa perjuangan Fery. Saya sangat terharu dengan capaian ini," kata Indra.

Baca Juga: Hosting Fee MotoGP, Pemprov NTB Ogah Disebut 'Ongkang-ongkang Kaki'

2. Perjuangan Fery meraih medali emas

Muaythai Menyumbang Emas Pertama untuk NTB di PON Aceh-Sumut 2024Atlet Muaythai NTB yang berlaga di PON Aceh-Sumut 2024 bersama KONI NTB. (dok. Istimewa)

Indra mengungkapkan perjuangan Fery meraih medali emas sangat berat. Pada babak semifinal, Fery berhasil mengalahkan petarung asal Provinsi Banten, Muhamad Ridwan.

Ketua KONI NTB Mori Hanafi mengatakan medali emas yang diraih Fery adalah capaian yang sangat luar biasa dari cabor Muaythai. Mori menyebutkan masih ada dua partai final lagi untuk cabor Muaythai yang dilakoni atlet NTB.

"Kami sangat bersyukur, ini medali emas pertama bagi NTB dan disumbangkan Muaythai. Masih ada dua partai final lagi untuk Muaythai. Semoga bisa menyusul medali emas juga," harap Mori.

3. Tiga atlet Muaythai lolos masuk final

Muaythai Menyumbang Emas Pertama untuk NTB di PON Aceh-Sumut 2024Atlet Muaythai NTB yang berlaga di PON Aceh-Sumut 2024. (dok. Istimewa)

Tiga atlet Muaythai NTB berhasil lolos masuk final di PON Aceh-Sumut 2024. Mereka adalah Feri Irawan kelas 45 kg (U23), Gunawan di kelas 51 kg (elite), dan Ardiansyah di kelas 67 kg (elite).

Sedangkan empat atlet Muaythai NTB lainnya gagal. Dengan meloloskan tiga atlet masuk final, target dua emas dari cabor Muaythai diharapkan terwujud.

Cabor Muaythai menargetkan dua medali emas pada multievent olahraga empat tahunan tersebut. Atlet NTB optimis meraih medali emas pasca mendapatkan medali pada kejuaraan yang digelar di Bali pada Mei lalu.

Saat itu, delapan atlet yang diturunkan mendapatkan medali. Terdiri dari tiga medali emas dan enam medali perak. Medali emas disumbangkan Ardiansyah, Feri Irawan, dan Gunawan. Sedangkan enam atlet lainnya meraih medali perak.

Target dua medali emas ini berdasarkan hasil Pra-PON yang sudah dijalani pada Agustus 2023. Saat itu delapan atlet muaythai NTB meraih medali dan lolos ke PON Aceh-Sumut 2024. Mereka meraih satu emas, satu perak, dan enam perunggu.

Target dua medali emas itu optimis diraih melihat perkembangan atlet selama menjalani pelatda juga sangat bagus yang menjadi modal penting untuk tampil maksimal di babak final.

Baca Juga: Cabor Senam Gagal Menyumbang Medali untuk NTB di PON Aceh-Sumut 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya