Supercar GT Challenge, Mandalika Jadi Lokasi Balap Mobil Bergengsi

Sudah masuk dalam kalender event pada Oktober 2022

Mataram, IDN Times - Setelah sukses jadi tempat pelaksanaan MotoGP Indonesia, Sirkuit Mandalika juga akan mulai debut pada balap mobil.  Grand Tourer (GT) World Challenge Asia sudah mantap akan dilakukan di Mandalika pada tahun 2022 ini.

Sirkuit Mandalika sudah masuk dalam daftar lokasi pelaksanaan GT World Challenge untuk kategori supercar. Dalam kalender event itu, pelaksanaan event di Sirkuit Mandalika akan dilakukan pada 21-23 Oktober 2022.

1. Balap mobil pertama di Mandalika

Supercar GT Challenge, Mandalika Jadi Lokasi Balap Mobil BergengsiPemandangan Sirkuit Mandalika dari udara yang diklaim MotoGP sebagai sirkuit paling indah di dunia (www.instagram.com/@motogp)

GT World Challenge ini akan menjadi balap mobil pertama yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. 

Mandalika menjadi salah satu dari lima sirkuit yang akan menjadi lokasi balapan supercar di Asia. Lokasi sirkuit lainnya yaitu Sirkuit Sepang di Malaysia. Selain itu juga di Suzuka, Fuji International Speedway, Sportsland SUGO, dan Okayama International di Jepang.

Balapan supercar ini sudah dipastikan akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Sebab penyelenggara sudah mengumumkan jadwal pada situs resminya.

Situs resmi GT World Challenge mengumumkan jadwal resmi. 

1. Sepang International Circuit, Malaysia, 20-22 Mei 2022

2. Suzuki International Cicuit, Jepang, 22-24 Juli 2022

3. Sportsland Sugo, Jepang, 19-21 Agustus 2021

4. Okayama Intenational Circuit, Jepang, 23-25 September 2022

5. Mandalika International Cicuit, Indonesia, 21-23 Oktober 2022

Baca Juga: Hujan Saat MotoGP, Rara Diretas Pawang Lokal?

2. Mandalika sudah layak

Supercar GT Challenge, Mandalika Jadi Lokasi Balap Mobil BergengsiMenteri BUMN Erick Thohir memeriksa kondisi lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika yang baru diaspal ulang, Jumat 11 Maret 2022. (IDN Times/Umi Kalsum)

Hal yang menarik adalah bahwa pelaksanaan balap mobil ini sebagian besar diselenggarakan pada sirkuit baru. Selain Mandalika, sirkuit baru juga ada di Jepang. Sirkuit itu adalah Sirkuit Sugo dan Sirkuit Okayama Sugoo.

Co-director SRO Motorsports Group Benjamin Franassovici mengatakan bahwa seri balap GT World Challenge Asia 2022 ini akan memberikan suasana dan kejutan baru. Terlebih ini akan menjadi debut pertama balap mobil di sejumlah sirkuuit.

"Sirkuit Mandalika sementara ini adalah sirkuit baru yang luar biasa dan layak mendapat tempat di setiap jadwal kejuaraan (balapan) Asia," kata Franassovici, seperti dikutip dari situs resmi GT World Challenge Asia.

Pernyataan Franassovici itu diunggah pada Senin, 27 Desember 2021. Artinya sejak tahun lalu, Mandalika sudah mantap masuk dalam jadwal.

3. Tentang GT World Challenge

Supercar GT Challenge, Mandalika Jadi Lokasi Balap Mobil Bergengsinewscastlebeach.org

Diketahui bahwa GT adalah tipe mobil sport yang tidak hanya dirancang untuk kencang, tetapi juga dirancang untuk menempuh jarak jauh.

Tipe mobil yang biasa digunakan dalam GT Challenge sama seperti supercar yang dijual ke konsumen. Hal yang membedakan adalah bahwa mobil supercar itu dimodifikasi untuk trek balap.

Pencinta balap mobil di Indonesia akan dimanjakan dengan balapan supercar yang memukau pada Oktober mendatang.

Baca Juga: Gerak Cepat Tangani Marc Marquez, RSUD NTB Dapat Pujian Dorna 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya