10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang Mengejutkan

Bintang Tabby's yang misterius berhasil ditemukan

Badan Antariksa Amerika Serikat atau yang biasa disingkat NASA beserta ilmuwan antariksa lainnya sering mengadakan penemuan ilmiah di luar angkasa yang menakjubkan. Penemuan NASA yang paling mencengangkan belum lama ini adalah benda langit yang mirip bumi dengan kandungan air dan potensi hidup manusia.

Temuan tersebut didasarkan dari data dari teleskop Kepler milik NASA, yang sudah tidak beroperasi sejak Oktober lalu. Tidak hanya itu saja, NASA dan ilmuwan lain juga mengungkap beberapa temuan baru dari luar angkasa.

Berikut 10 temuan menakjubkan di luar angkasa yang berhasil diabadikan NASA.

1. Bintang HD 140283

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Bintang HD 140283 atau Methuselah adalah bintang berumur 14.2 miliar tahun. Lebih tua dari alam semesta, ya? Perkiraan ini didapat dari hasil observasi tahun 2013 lalu, namun dengan akurasi 800 juta tahun.

Setelah diteliti lagi pada tahun 2021, dengan ikut mensimulasikan massa bintang, didapat umur 12 miliar tahun.

2. Bulan berasal dari tumbukan Bumi

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Isotop oksigen dari sampel Apollo 14 yang mirip seperti di bumi memperkuat jika bulan berasal dari tumbukan bumi dengan planet seukuran mars bernama Theia.

Pada 4,4 miliar tahun lalu, planet menabrak bumi, sebagian serpihan terlempar dan terkumpul menjadi bulan yang kita kenal sekarang.

3. Inti Bumi diketahui lebih panas dari permukaan Matahari

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Inti bumi diketahui lebih panas dari permukaan matahari. Berasal dari sisa panas saat penciptaan, luruhan radioaktif, dan gesekan antar lapisan.

Meskipun pergerakan bisa menciptakan bencana dahsyat, namun tanpanya, radiasi matahari akan menyapu kehidupan di bumi.

Baca Juga: 5 Cara Menceritakan Masalah kepada Orang Tua, Lepaskan Bebanmu!

4. Bintang Tabby's

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Bintang Tabby's masih menjadi misteri sejak ditemukan pada bulan September 2015 lalu. Karena cahayanya kadang meredup 22% secara rutin (umumnya hanya 1%).

Beberapa berhipotesis adanya konstruksi artifisial peradaban maju untuk mengambil energi dari bintang yang dinamakan Dyson Sphere.

5. Ekspresi Katie Bouman saat melihat gambar rekonstruksi pertama Lubang Hitam

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Ekspresi Dr. Katie Bouman saat melihat gambar rekonstruksi pertama Lubang Hitam dari Galaksi M87.

Satu gambar tersebut membutuhkan sekitar 5,000 TB data, saking besarnya data puluhan hard disk perlu dikirim secara fisik.

6. Awan gelap Rho Ophiuci

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Awan gelap Rho Ophiuci, pabrik bintang terdekat dari bumi, berjarak sekitar 400 tahun cahaya.

7. Diduga matahari solar maximum di tahun 2025

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Tiada seorang pun yang tahu pasti mengapa aktivitas matahari meningkat akhir-akhir ini. Diduga karena sedang mendekati puncaknya atau solar maximum di tahun 2025.

8. Galaksi NGC 3256

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Gambar Galaksi NGC 3256 diambil dari teleskop JWST.

9. Awan Oort

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Awan Oort, peneliti punya teori jika tata surya dikelilingi triliunan objek yang terdiri dari serpihan es. Jarak terdekat dari matahari sekitar 2,000 AU. Sebagai gambaran Voyager 1 (wahana antariksa terjauh), baru menempuh perjalanan 8%.

10. Teleskop Euclid

10 Penemuan Menakjubkan NASA di Luar Angkasa yang MengejutkanTwitter

Teleskop angkasa Euclid dari ESA berhasil diluncurkan. Dilengkapi kamera cahaya (VIS) dan inframerah (NISP). Telesktop ini akan membuat peta 3D (dimensi waktu) alam semesta kita. Berbeda dari JWST, teleskop ini hanya punya satu tugas, yaitu jadi CCTV galaksi.

Nah itulah 10 temuan menakjubkan di luar angkasa yang berhasil diabadikan NASA. Semoga bermanfaat.