Pemkab Alor Mengajak Masyarakat untuk Menggali Potensi Kelautan

Mampu meningkatkan pendapatan ekonomi warga

Kupang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak masyarakat daerah setempat untuk menggali potensi perikanan dan kelautan yang sangat melimpah dalam meningkatkan pendapatan ekonomi.

"Kabupaten Alor memiliki potensi hasil perikanan dan kelautan yang sangat melimpah sehingga perlu digali dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Penjabat Bupati Alor Zet Sony Libing dilaporkan Antara dari Kupang, Sabtu (26/11/2023). 

1. Optimalisasi potensi perikanan dan kelautan

Pemkab Alor Mengajak Masyarakat untuk Menggali Potensi KelautanANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Zet Sony Libing mengatakan, hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Alor dalam mengoptimalkan potensi perikanan dan kelautan dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat.

Ia menjelaskan wilayah perairan Kabupaten Alor memiliki sumber daya perikanan yang sangat melimpah dan dikenal sebagai daerah penghasil ikan yang berkualitas.

Baca Juga: Wakil Bupati Alor Meninggal di Jakarta, Diduga Serangan Jantung

2. Potensi perikanan dan kelautan di Alor

Pemkab Alor Mengajak Masyarakat untuk Menggali Potensi KelautanSejumlah siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) memilah udang vaname sesuai ukuran, usai panen di tambak udang Kelurahan Mintaragen, Tegal, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Potensi perikanan dan kelautan yang terdapat di wilayah perairan Kabupaten Alor seperti ikan kerapu, cucut, kakap, teri, tenggiri, dan tongkol sangat melimpah di wilayah perairan Kabupaten Alor, katanya.

"Apabila potensi yang ada ini dioptimalkan secara baik tentu bisa mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat," kata Zet Sony Libing.

3. Pendampingan terhadap masyarakat

Pemkab Alor Mengajak Masyarakat untuk Menggali Potensi Kelautanilustrasi ikan segar di pasar (vecteezy.com/Wahid Firmansyah)

Dia mengatakan pemerintah siap memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap masyarakat dalam mengelola potensi yang ada sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi.

Selain itu, katanya, Pemerintah Kabupaten Alor memberikan bantuan fasilitas penangkapan ikan seperti perahu maupun peralatan tangkap lainnya bagi para nelayan agar mampu meningkatkan hasil tangkapan.

"Bantuan alat tangkap diberikan kepada para nelayan sesuai kemampuan keuangan daerah," tegasnya.

Baca Juga: Pembangunan PSN Terminal LPG Bima dan Kupang Dikawal oleh Kejagung

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya