Comscore Tracker

6 Kesalahan Perempuan yang Membuat Pria Merasa Tidak Dicintai

Terlalu banyak menasihati dan mengkritisi juga gak baik lho!

Tanpa kesadaran mengenai apa yang penting bagi lawan jenisnya, pria dan wanita tidak tahu seberapa jauh mereka melukai pasangannya. Kamu dapat menyaksikan, baik laki-laki maupun perempuan secara tak sengaja berkomunikasi dengan cara-cara yang bukan saja kontraproduktif, melainkan juga mematikan semangat.

Pria dan wanita bisa terluka bila tidak memperoleh jenis cinta primer yang mereka butuhkan. Umumnya kaum wanita tidak menyadari cara-cara komunikasi mereka yang tidak mendukung dan menyakitkan hati pria. Mungkin ia mencoba peka terhadap perasaan-perasaan pria, tapi karena kebutuhan-kebutuhan cinta primer pria berbeda dengan wanita, si wanita tidak bisa mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pria secara naluriah.

Menurut John Gray, penulis buku Men Are from Mars, Women Are from Venus, ada 6 kesalahan yang umum dilakukan oleh wanita sehingga pria tidak merasa dicintai.

1. Perempuan menasihati pria, padahal tak diminta

6 Kesalahan Perempuan yang Membuat Pria  Merasa Tidak DicintaiPinterest

Wanita mencoba memperbaiki tingkah laku pria atau menolongnya dengan menawarkan nasihat yang tidak diminta. Hal ini menyebabkan pria merasa tidak dicintai karena menganggap bahwa kekasihnya tidak memercayainya lagi.

Wanita menganggap memberikan nasihat itu dianggap tindakan yang penuh cinta. Tapi tidak demikian dengan pria. Kaum wanita harus ingat bahwa kaum pria tidak memberikan nasihat, kecuali diminta. Cinta diekspresikan dengan memercayai pria untuk menyelesaikan kesulitannya dengan kekuatan sendiri.

2. Perempuan mencoba mengubah tingkah laku pria dengan menyampaikan kekesalan hatinya

6 Kesalahan Perempuan yang Membuat Pria  Merasa Tidak DicintaiPinterest

Umumnya, perempuan mencoba mengubah atau menguasai tingkah laku pria dengan menyampaikan kekesalan hatinya atau perasaan-perasaan negatifnya. Sehingga hal ini menyebabkan pria merasa tidak dicintai karena wanita tidak menerima dia sebagaimana adanya. Boleh saja menyampaikan perasaan, asalkan tidak mencoba memanipulasi atau menghukum.

Wanita mengira usaha-usahanya mengubah pria itu merupakan tindakan penuh cinta, tapi pria justru merasa dikuasai, dimanipulasi, ditolak, dan tidak dicintai. Tindakan mengubah pria membuat si pria merasa tidak memperoleh kepercayaan yang penuh cinta serta penerimaan yang sebetulnya dibutuhkan untuk berubah dan tumbuh.

Baca Juga: Ternyata 16 Emoji ini Mengandung Pesan Kesehatan Mental, Lho!

3. Tak menghargai apa yang dilakukan pria baginya, melainkan mengeluh mengenai apa yang tidak dilakukan pria padanya

6 Kesalahan Perempuan yang Membuat Pria  Merasa Tidak DicintaiPinterest

Perempuan tidak menghargai apa yang dilakukan pria baginya, melainkan mengeluh mengenai apa yang tidak dilakukan pria. Sehingga hal ini menyebabkan pria merasa tidak dihargai dan tidak dicintai karena wanita tidak menghargai apa yang dilakukannya.

Jika tidak merasa dicintai sebagaimana adanya, pria secara sadar atau tidak sadar akan mengulangi tingkah laku yang tidak diterima itu. Ia merasakan dorongan untuk mengulangi tingkah laku tersebut, sampai ia merasa dicintai dan diterima.

4. Perempuan berusaha membetulkan tingkah laku pria dan memberitahukan apa yang harus dilakukannya

6 Kesalahan Perempuan yang Membuat Pria  Merasa Tidak DicintaiPinterest

Perempuan membetulkan tingkah laku pria dan memberitahukan apa yang harus dilakukannya, seolah-olah pria itu anak kecil. Sehingga hal ini menyebabkan pria merasa tidak dicintai, karena ia tidak merasa dikagumi.

Saat perempuan mencoba mengubah pria, pria menerima pesan bahwa kekasihnya itu menganggapnya rusak. Ini melukai hatinya dan membuatnya sangat defensif. Pria jadi tidak merasa dicintai dan diterima.

5. Perempuan mengungkapkan perasaan-perasaan kecewanya secara tak langsung dengan pertanyaan-pertanyaan retoris

6 Kesalahan Perempuan yang Membuat Pria  Merasa Tidak DicintaiPinterest

Wanita mengungkapkan perasaan-perasaan kecewanya secara tak langsung dengan pertanyaan-pertanyaan retoris seperti, “kenapa kau melakukan itu?” Hal ini mengakibatkan pria merasa tidak dicintai karena ia merasa wanita telah menarik kembali persetujuannya. Ia tidak lagi merasa sebagai tokoh yang baik.

Pria perlu merasa diterima tanpa melihat kekurangan-kekurangannya. Menerima kekurangan pria tidaklah mudah, namun tidakan tersebut jadi lebih mudah setelah kita memahami bahwa cara terbaik untuk menolong pria agar tumbuh adalah dengan melepaskan hasrat untuk mengubahnya dengan cara apa pun.

6. Ketika pria membuat keputusan, wanita membetulkannya

6 Kesalahan Perempuan yang Membuat Pria  Merasa Tidak DicintaiPinterest

Ketika pria membuat keputusan atau mengambil prakarsa, wanita membetulkan atau mengecamnya. Pada akhirnya, pria merasa tidak dicintai karena wanita tidak membesarkan hatinya untuk bertindak dengan kekuatannya sendiri.

Dengan memahami kebutuhan-kebutuhan cinta primer pria, wanita dapat lebih sadar dan lebih peka akan sumber-sumber rasa tak puas pria. Itulah 6 daftar kesalahan komunikasi yang lazim dibuat kaum wanita dalam hubungannya dengan kebutuhan-kebutuhan cinta primer pria.

Baca Juga: 20 Emoji ini Memiliki Makna yang Mendalam, Perhatikan Sebelum Dipakai!

Hirpan Rosidi Photo Community Writer Hirpan Rosidi

Hirpan Rosidi, laki-laki kelahiran 1997 yang tidak pandai mendeskripsikan dirinya. Karena kemampuan menulisnya dibawah rata-rata, dia memiliki cita-cita yang dimana dia sendiri tidak terlalu berharap cita-citanya bisa terwujud; yaitu disalah satu rak toko buku, di antara buku-buku dari penulis besar itu, terselip satu judul buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya. Berbekal lulusan Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan kecintaannya pada literasi, menjadikannya ingin membangun perpustakaan untuk anak-anak dan warga di kampungnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya