TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

11 Aturan Bermain Media Sosial untuk Menjaga Kesehatan Mental

Tidak semua bentuk emosi perlu diunggah di media sosialmu

Pinterest

Saat ini, memiliki akun media sosial sudah menjadi kebutuhan penting. Namun, semakin lama, aktivitas di media sosial semakin mengkhawatirkan. Ada banyak hal yang dilakukan orang dengan akunnya yang membahayakan kesehatan mental, baik kesehatan mental orang lain hingga pemilik akun itu sendiri.

Banyaknya konten negatif yang dilihat seseorang di media sosial menjadi salah satu faktor yang berdampak pada kesehatan mental. Isu kekerasan, kejahatan, flexing, atau berita bencana dapat menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran. Media sosial dapat menimbulkan kecanduan yang memengaruhi pola tidur, pola pikir, dan emosi seseorang, karena kesehatan mentalnya terganggu.

Lalu bagaimana bermain media sosial supaya kesehatan mental kamu tetap terjaga? Simak 11 aturan bermain media sosial untuk menjaga kesehatan mental kamu berikut ini.

Baca Juga: 14 Kutipan Cinta Ilahiah dari Jalaluddin Rumi

1. Tidak perlu tergesa bereaksi, karena kontennya belum tentu benar

Pinterest

2. Jangan langsung percaya, tapi beri ruang untuk ragu

Pinterest

3. Kurangi merasa paling benar atas asumsi kamu

Pinterest

4. Tidak semua yang kamu pikirkan harus diunggah

Pinterest

5. Kalau ada keributan di luar bidang yang kamu kuasai, sadar diri untuk tidak terlalu ikut-ikutan berkomentar

Pinterest

6. Perhatikan kondisi emosi dan energi kamu. Kalau memang emosi dan energi kamu sedang tidak baik, tidak perlu main media sosial dulu

Pinterest

7. Sadari bahwa ada orang yang bermain media sosial untuk menumpahkan emosinya. Respon santai atau abaikan saja

Pinterest

8. Sadari kalau tujuan setiap orang bermain media sosial itu bisa jadi berbeda, bahkan bisa melebihi ekspektasi kamu

Pinterest

9. Tidak semua emosi perlu kamu tulis di akun media sosialmu. Terkadang menulisnya di buku diary lebih baik

Pinterest

10. Sebelum unggah sesuatu, kamu harus memastikan dirimu siap buat tanggung jawab atas segala konsekuensi yang bakal terjadi di kemudian hari

Pinterest

Baca Juga: 10 Quotes Socrates yang Mengubah Sudut Pandang Kamu tentang Kehidupan

Verified Writer

Hirpan Rosidi

Hirpan Rosidi, laki-laki kelahiran 1997 yang tidak pandai mendeskripsikan dirinya. Karena kemampuan menulisnya dibawah rata-rata, dia memiliki cita-cita yang dimana dia sendiri tidak terlalu berharap cita-citanya bisa terwujud; yaitu disalah satu rak toko buku, di antara buku-buku dari penulis besar itu, terselip satu judul buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya. Berbekal lulusan Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan kecintaannya pada literasi, menjadikannya ingin membangun perpustakaan untuk anak-anak dan warga di kampungnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya