Comscore Tracker

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan Ilalang

Rumah adat yang masih lestari hingga kini

Setiap provinsi di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, termasuk rumah adatnya. Berikut ini adalah tujuh rumah adat yang ada di Indonesia. Dari tujuh itu, beberapa di antaranya menggunakan ilalang sebagai atap.

Rumah-rumah adat ini dapat dilihat jika berkunjung ke masing-masing daerah. Wisatawan dapat menikmati sensasi berada di rumah adat itu saat mulai masuk ke dalam.

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke rumah adat saat berada di beberapa daerah ini, ya. Yuk simak ulasan berikut!

1. Musalaki

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan IlalangRumah adat Musalaki (Istimewa)

Musalaki merupakan rumah adat yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Sekilas rumah adat ini mirip dengan rumah adat honai, hanya saja tidak ada dinding pada rumah adat ini karena bagian dinding menyatu dengan bagian atap.

Rumah adat ini tidak dapat digunakan oleh sembarang orang, hanya petinggi atau ketua adat yang dapat menggunakan rumah adat ini. Karena itulah tidak heran jika rumah adat ini jarang ditemui, bahkan di Nusa Tenggara Timur sendiri rumah adat ini hanya tersisa beberapa saja.

2. Bale Lumbung

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan Ilalangmandalika.indonesia-tourism.com

Bale Lumbung merupakan rumah adat yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Rumah Bale sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis, namun yang dimasukan pada list kali ini adalah rumah adat Bale Lumbung.

 Desain dari bangunan ini sangatlah unik, bahkan terdapat beberapa resort yang menggunakan desain rumah adat ini, terlebih pada bagian atap. Namun rumah adat ini bukan untuk ditempati, melainkan untuk menyimpan hasil panen, karena itulah rumah adat ini dinamai Bale Lumbung.

3. Joglo

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan Ilalang

Rumah adat Joglo merupakan rumah adat yang berasal dari Pulau Jawa, tepatnya Provinsi Jawa Tengah. Seperti rumah adat lainnya, rumah ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Terdapat pendopo yang berlokasi di depan rumah dengan fungsi sebagai tempat untuk menjamu tamu yang datang. Ada juga ruang pringgitan yang berfungsi sebagai tempat keluar masuk rumah, dan ruang utama yang merupakan ruangan yang berada di dalam rumah.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Pantai Gili Sudak di Lombok Barat

4. Hanoi

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan IlalangRumah Adat Hanoi (Istimewa)

Honai merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Papua. Atap pada rumah adat ini terbuat dari ilalang, sedangkan bagian dindingnya terbuat dari kayu.

Berbeda dengan rumah adat lain yang terlihat luas dan megah, rumah adat ini sangat sederhana dan dapat dikatakan tidak terlalu luas. Rumah adat ini juga tanpa ada jendela agar kondisi di dalam rumah tetap hangat.

5. Baileo

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan IlalangRumah Adat Baileo (Istimewa)

Baileo merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Maluku. Rumah adat ini menunjukan aksen keberagaman agama di wilayah Maluku dan menggambarkan adat istiadat yang dilaksanakan olah masyarakat setempat.

Rumah adat ini berbentuk panggung dan memiliki ukuran lebih besar dari rumah modern. Itu berarti rumah adat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal, namun juga dijadikan sebagai tempat musyawarah oleh masyarakat sekitar.

6. Jineng

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan IlalangRumah Adat Jineng (Istimewa)

Jineng merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Bali. Fungsi dari rumah adat ini bukanlah untuk ditempati, melainkan untuk menyimpan gabah mengingat sebagian besar masyarakat lokal bekerja sebagai petani.

Rumah adat ini juga biasa disebut klumpu oleh masyarakat lokal. Salah satu yang menjadi ciri khas dari rumah ini adalah rumah yang tinggi tanpa dinding, hanya ada pembatas yang terbuat dari kayu. 

7. Betang

Tujuh Rumah Adat Unik di Indonesia, Ada yang Beratapkan Ilalangrizalsempat.wordpress.com

Betang merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah. Rumah adat ini tidak jauh berbeda dengan desain yang ada pada rumah adat Provinsi Kalimantan Barat, yaitu Rumah Panjang.

Yang membedakan antara rumah adat Betang dan Rumah Panjang adalah ukurannya dimana rumah adat Betang memiliki ukuran yang lebih besar dengan tanah yang lebih luas. Terdapat fakta menarik bahwa rumah adat Betang merupakan rumah adat terbesar kedua di Indonesia.

Itulah 7 rumah adat dari masing-masing provinsi di Indonesia. Jangan lupa untuk berkunjung saat berada di daerah-daerah itu ya.

Baca Juga: Menikmati Indahnya Panorama Gili Sunut di Lombok Timur

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya