Comscore Tracker

Resep Membuat Sate Pusut Khas Lombok

Hidangan wajib saat hari-hari besar

Mataram, IDN Times - Indonesia memiliki berbagai ragam kuliner sate dari berbagai daerah, termasuk aneka sate dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di Lombok sendiri terdapat berbagai jenis sate yaitu sate bulayak, sate tanjung, sate rembiga, dan sate pusut. Sate pusut Lombok ini mirip dengan Sate Lilit.

Sementara sate lilit biasanya dibuat dengan  ikan, sate pusut dibuat dengan  daging sapi. Untuk membuat sate pusut, perlu membagi ujung tusuk sate menjadi dua bagian. 
Setelah itu, bisa menggulung daging sapi di tusuk sate. Ukuran satenya cukup besar. 

Pilihan sate pusut adalah daging sapi, meskipun bisa juga mencobanya dengan  ayam. Jika ingin mencoba variasi yang berbeda seperti sate yang menggunakan daging utuh, tetapi lembut dan mudah dikunyah.
Penggunaan daging giling agak mengingatkan pada sate bungkus Bali yang juga menggunakan daging giling. Bedanya sate pusut ini ukurannya lebih besar.
Kuliner Wajib di Hari Besar
Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya baik dari rasa maupun cara penyajiannya. Sate ini menggunakan batang bambu yang lebih besar. 

Penduduk Lombok hanya menyiapkan sate pusut ini khusus untuk acara atau hari besar tertentu saja. Saat hajatan, pesta rakyat atau hari raya besar, sudah pasti sate pusut ini selalu ada. 

Itu sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Lombok dari generasi ke generasi. Maka tidak heran jika sate ini umumnya tidak dijual dan tidak bisa selalu dimakan setiap saat.

 

Sate Pusut, Hidangan Unik
Sate Pusut adalah hidangan sate khas dari Lombok, di Nusa Tenggara Barat. Sate disiapkan dengan membungkus daging  pada tusuk sate yang dipotong menjadi dua. 

Setelah mencubit ujung daging, daging digulung dan kemudia dibakar. Kuah sate terbuat dari santan, daun jeruk, jeruk nipis, cabai merah, bawang putih, cabai rawit, garam, gula  dan terasi.

Penggunaan cabai merah dan cabai rawit pada bumbunya membuat sate ini terasa pedas. Ada juga campuran bahan lain, seperti ketumbar, aroma bawang putih yang khas dan beraroma, serta parutan kelapa.

1. Hidangan wajib hari besar

Resep Membuat Sate Pusut Khas Lombokwww.matakota.id

Penggunaan daging giling agak mengingatkan pada sate bungkus Bali yang juga menggunakan daging giling. Bedanya sate pusut ini ukurannya lebih besar. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya baik dari rasa maupun cara penyajiannya. Sate ini menggunakan batang bambu yang lebih besar. 

Penduduk Lombok hanya menyiapkan sate pusut ini khusus untuk acara atau hari besar tertentu saja. Saat hajatan, pesta rakyat atau hari raya besar, sudah pasti sate pusut ini selalu ada. 

Itu sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Lombok dari generasi ke generasi. Maka tidak heran jika sate ini umumnya tidak dijual dan tidak bisa selalu dimakan setiap saat.Sate Pusut adalah hidangan sate khas dari Lombok, di Nusa Tenggara Barat. Sate disiapkan dengan membungkus daging  pada tusuk sate yang dipotong menjadi dua. 

Setelah mencubit ujung daging, daging digulung dan kemudian dibakar. Kuah sate terbuat dari santan, daun jeruk, jeruk nipis, cabai merah, bawang putih, cabai rawit, garam, gula  dan terasi.

Penggunaan cabai merah dan cabai rawit pada bumbunya membuat sate ini terasa pedas. Ada juga campuran bahan lain, seperti ketumbar, aroma bawang putih yang khas dan beraroma, serta parutan kelapa.

 

Baca Juga: Resep Memasak Kelaq Lebui Maknyus Khas Lombok

2. Bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Sate Pusut Khas Lomboksate pusut (jnstagram.com/resephabibah)

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

-300 gram daging cincang 
-3 siung bawang putih 
-6 cengkeh bawang merah 
-8 paprika merah 
-5 paprika merah 
-5 paprika keriting
-5 paprika merah 
-2 paprika merah 
-1 sendok teh bubuk ketumbar
-1/2 bubuk merica
-5 lembar daun jeruk
-150 gr ampas kelapa muda parut 
-1 sendok teh garam 
-1 sendok makan gula pasir 
-1 sendok makan minyak goreng

3. Cara membuat

Resep Membuat Sate Pusut Khas LombokSate pusut. (instagram.com/genpilomboksumbawa)

Langkah membuat Sate Pusut khas Lombok:

-Campur bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai keriting dan cabai merah dengan cara dihaluskan 
-Setelah adonan tercampur rata, tambahkan lagi bubuk ketumbar, kunyit  dan merica bubuk lalu aduk hingga merata 
-Siapkan mangkuk besar 
-Masukkan cincang halus daun jeruk  dan parutan ampas kelapa muda, lalu aduk hingga rata 
-Masukkan daging giling dan campur dengan ampas kelapa muda dan daun jeruk 
-Tambahkan garam dan gula pasir, lalu aduk hingga rata 
-Tempatkan bumbu haluskan dalam mangkuk 
-Aduk dengan tangan
-Gunakan tusuk sate dengan tulang rusuk daun kelapa pipih

Baca Juga: Resep Membuat Jajan Keong Khas Lombok Super Renyah

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya