TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Memahami 6 Jenis Cinta Primer yang Diperlukan oleh Pria dan Perempuan

Wanita membutuhkan pengertian, pria membutuhkan penerimaan!

Pinterest

Mataram, IDN Times - Menyelami beragam jenis cinta yang mendasari kebutuhan pria dan wanita adalah kunci penting untuk memperbaiki serta mengokohkan ikatan hubungan. Penting untuk diingat bahwa pria dan wanita memiliki kebutuhan akan cinta yang primer, yang seringkali berbeda satu sama lain.

Bagi wanita, memberikan apa yang mereka butuhkan mungkin terasa mudah, namun seringkali terlupakan bahwa pria mungkin memerlukan sesuatu yang berbeda. Sebaliknya, pria cenderung fokus pada kebutuhan mereka sendiri tanpa menyadari bahwa jenis cinta yang mereka perlukan mungkin tidak selalu sejalan dengan apa yang diinginkan oleh wanita.

Salah satu hal penting yang perlu dipahami adalah bahwa perbedaan-perbedaan dalam jenis cinta ini bersifat timbal balik. Dalam upaya memahami kebutuhan cinta primer pria dan wanita, John Gray, pengarang buku "Men Are from Mars, Women Are from Venus", mengidentifikasi 6 jenis cinta dengan cara yang praktis, sambil menyoroti sifat timbal balik yang melekat padanya.

1. Wanita membutuhkan perhatian, pria membutuhkan kepercayaan

ilustrasi berdukusi dan berbicara (Pinterest)

Saat seorang pria menunjukkan minat pada perasaan dan kesejahteraan seorang wanita, dan dengan tulus mengekspresikan kepeduliannya, wanita tersebut merasa dihargai dan dicintai. Dengan cara ini, pria berhasil memenuhi kebutuhan primer pertama dalam hubungan tersebut, yaitu membuat wanita merasa istimewa dan dicintai. Ini membangun kepercayaan dalam hubungan dan membuat wanita lebih terbuka serta menerima dengan mudah.

Sebaliknya, ketika seorang wanita menunjukkan sikap terbuka dan penerimaan terhadap pria, hal tersebut menunjukkan rasa kepercayaan. Mempercayai pasangannya berarti mempercayai bahwa dia berusaha sebaik mungkin dan selalu menginginkan yang terbaik untuk hubungan mereka. Ketika wanita menunjukkan kepercayaan ini dengan reaksi positif terhadap pria, kebutuhan cinta primer pria juga terpenuhi. Akibatnya, pria akan lebih mencintai dan memperhatikan perasaan serta kebutuhan wanita tersebut.

2. Wanita membutuhkan pengertian, pria membutuhkan penerimaan

Ilustrasi pasangan (Pinterest)

Ketika seorang pria mendengarkan tanpa menghakimi, melainkan dengan penuh empati dan kedekatan terhadap wanita yang berbicara tentang perasaannya, wanita tersebut merasa didengarkan dan dimengerti. Sikap yang penuh pengertian bukan sekadar mengetahui pikiran atau perasaan seseorang, tetapi mencoba memahami makna yang tersirat dari apa yang didengar, dan bertindak untuk memvalidasi apa yang disampaikan. Semakin penuh kebutuhan wanita untuk didengar dan dimengerti terpenuhi, semakin mudah baginya memberikan penerimaan yang dibutuhkan oleh pasangannya.

Sebaliknya, ketika wanita menerima pria dengan sepenuh hati tanpa mencoba mengubahnya, pria tersebut merasa diterima. Sikap menerima ini tidaklah menolak, tetapi justru mengonfirmasi bahwa pria itu diterima dengan senang hati. Ini tidak berarti wanita yakin bahwa pria tersebut sempurna, melainkan menunjukkan bahwa dia tidak berusaha mengubah pria itu, dan percaya bahwa pria tersebut mampu melakukan perubahan yang diperlukan sendiri. Setelah merasa diterima, pria akan lebih mudah mendengarkan dan memberikan pemahaman yang dibutuhkan oleh wanita serta layak diterimanya.

Baca Juga: 13 Quote Self-Esteem untuk Lebih Menghargai Diri Sendiri

3. Wanita membutuhkan rasa hormat, pria membutuhkan penghargaan

Ilustrasi pasangan.(Pinterest)

Wanita merasa dihormati ketika pria mengakui dan memprioritaskan hak-hak, harapan, dan kebutuhan-kebutuhannya. Ketika perilaku pria memperhitungkan pemikiran dan perasaannya, wanita tersebut merasa dihormati. Ungkapan fisik dan nyata dari rasa hormat, seperti memberi bunga atau mengingat ulang tahun, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cinta utama wanita. Saat wanita merasa dihormati, lebih mudah baginya untuk memberikan penghargaan yang pantas diterima oleh pria.

Sebaliknya, ketika wanita mengakui manfaat dan nilai pribadi dari usaha dan perilaku pria, pria tersebut merasa dihargai. Penghargaan adalah respons alami terhadap perasaan didukung. Setelah merasa dihargai, pria tahu bahwa usahanya tidak sia-sia; oleh karena itu, dia terdorong untuk memberikan lebih banyak lagi. Pria yang merasa dihargai secara otomatis lebih termotivasi dan termotivasi untuk lebih menghargai pasangannya.

4. Wanita membutuhkan kesetiaan, pria membutuhkan kekaguman

Pinterest

Bila seorang pria mengutamakan kebutuhan wanita dan dengan bangga mendukung serta memuaskan pasangannya, maka kebutuhan utama cinta wanita tersebut dapat terpenuhi. Wanita berkembang subur jika merasa dipuja dan dianggap istimewa. Pria dapat memenuhi kebutuhan ini dengan lebih memprioritaskan kebutuhan dan perasaan pasangannya daripada minat-minat pribadinya, seperti pekerjaan, pelajaran, dan rekreasi. Jika wanita merasa bahwa dia adalah yang terpenting dalam kehidupan pria tersebut, dia dengan mudah akan memberikan kekagumannya.

Sama seperti wanita membutuhkan perhatian dari pria, pria pun membutuhkan kekaguman dari wanita. Mengagumi pria berarti memandangnya dengan penuh kekaguman, rasa senang, dan persetujuan yang menyenangkan. Pria merasa dihargai jika wanita merasa gembira dan kagum akan sifat-sifat uniknya atau bakat-bakatnya, yang mungkin meliputi humor, keperkasaan, ketekunan, kejujuran, integritas, kedekatan, kebaikan hati, cinta, pengertian, dan sifat-sifat baik lainnya. Bila seorang pria merasa dihargai, dia akan merasa cukup aman untuk memberikan dedikasi dirinya kepada pasangannya dan memuliakannya.

5. Wanita membutuhkan penegasan, pria membutuhkan persetujuan

Ilustrasi. (Pinterest)

Bila seorang pria tidak menghalangi atau menentang perasaan dan kebutuhan pasangannya, melainkan menerima dan mengonfirmasikan keabsahannya, wanita akan merasa benar-benar dicintai karena kebutuhan primer mereka telah terpenuhi. Sikap menyetujui pria menegaskan hak wanita untuk merasa dan memvalidasi perasaannya. Penting untuk diingat bahwa seorang pria bisa menghargai sudut pandang wanita meskipun dia memiliki pandangan yang berbeda. Setelah seorang pria belajar untuk menunjukkan sikap persetujuan ini kepada wanita, dia pasti akan mendapatkan persetujuan yang sangat dia inginkan.

Pada dasarnya, setiap pria ingin menjadi pahlawan atau kesatria yang memikat bagi wanita. Salah satu tanda bahwa seorang pria telah memenangkan hati seorang wanita adalah dengan mendapatkan persetujuannya. Sikap persetujuan ini merupakan pengakuan akan kebaikan yang ada dalam diri seorang pria dan mengekspresikan kepuasan menyeluruh atas pria tersebut. Ingatlah bahwa memberikan restu kepada seorang pria tidak selalu berarti setuju dengan pendapatnya. Sikap persetujuan menunjukkan pengakuan atau pencarian alasan yang kuat di balik tindakan seorang pria. Setelah seorang pria menerima persetujuan yang dia butuhkan, dia akan lebih mudah menghargai perasaan pasangannya.

Verified Writer

Hirpan Rosidi

Seorang laki-laki yang memiliki impian yaitu kelak disalah satu rak toko buku populer, di antara buku-buku dari penulis besar, terselip satu buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya