TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inilah Rumah Sakit yang Berada di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB

Rumah sakit masyarakat Lombok Barat

Ilustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Lombok Barat, IDN Times - Merupakan salah satu provinsi di negara Indonesia kita tercinta ini, letaknya ada di bagian barat kepulauan Nusa Tenggara. Memiliki ibu kota provinsi di Mataram, terdapat 10 kabupaten dan 2 kota.

Di tahun 2020, penduduk Provinsi Nusa Tenggara Barat tercatat sebanyak 5.320.092 jiwa. Lengkap dengan kepadatan penduduk yang mencapai 264 jiwa/km².

Saat kemerdekaan Indonesia, awalnya daerah ini termasuk ke dalam wilayah Provinsi Sunda. Provinsi ini dibagi menjadi 3 yaitu Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada Provinsi Nusa Tenggara Barat ini terdapat 2 buah pulau besar yaitu Pulau Lombok di barat dan Pulau Sumbawa di timur, kemudian untuk penghuni terbesar di Pulau Lombok adalah orang-orang dari Suku Sasak. Sedangkan pada Pulau Sumbawa, banyak didiami oleh Suku Bima atau Mbojo dan Suku Sumbawa tentunya. Provinsi ini memiliki 4 bahasa daerah yakni Sasak, Sumbawa, Bima, dan Bali.

Baca Juga: Buntut Aturan Toa Masjid, Warga Demo Kantor Kanwil Kemenag NTB

1. Sekilas Kabupaten Lombok Barat

ilustrasi perawatan pasien di rumah sakit (247nursing.com.au)

Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu kabupaten yang berada di bawah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia, ibu kota kabupaten ini adalah kecamatan Gerung.

Ketika masih dalam masa Pemerintahan Hindia Belanda, wilayah Kabupaten Lombok Barat adalah salah satu Onder Afdeling dibawah kuasa Afdeling Lombok yakni Onder Afdeling van west Lombok yang dipimpin oleh Controleur. Onder Afdeling menurut hierarki kelembagaan sama saja dengan Regenschap (Kabupaten).

Berbeda dengan masa Pendudukan Jepang, status Lombok Barat diubah menjadi daerah administratif yang dikenal dengan Bun Ken yang dikepalai oleh Bun Ken Kanrikan. Status ini digunakan sampai Jepang menyerahkan kekuasaan kepada para sekutu Belanda (NICA) di tahun 1945.

Begitu banyak tempat wisata yang dipersembahkan oleh Kabupaten Lombok Barat antara lain: Pantai Senggigi, Taman Narmada, Hutan Sesaot, Pantai Sekotong dengan beberapa Gili (Gili = Pulau Kecil dalam bahasa Sasak/Lombok), Bukit Malimbu, Pantai Kerandangan, Pantai Batu Bolong, Pemandian dan Hutan Lindung Suranadi, Hutan Wisata Pusuk, Taman Suranadi, Pura Batu Bolong.

Baca Juga: Wagub NTB Apresiasi Pembentukan Forum Jurnalis Perempuan Cabang NTB

Berita Terkini Lainnya