TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Semur Bihun Tahu Telur yang Lezat, Manis dan Gurih!

Cocok untuk dijadikan menu harian

ilustrasi semur bihun tahu telur (instagram.com/koh_aming)

Semur adalah masakan tradisional yang dikenal memiliki rasa gurih dan manis yang khas. Semur biasanya terbuat dari daging, seperti daging sapi atau ayam. Namun, masih ada banyak bahan lain yang bisa dijadikan olahan semur, yang mana rasanya gak kalah nikmat dengan semur daging.

Salah satunya, kamu bisa coba bikin semur bihun tahu telur. Kombinasi bihun yang lembut, tahu yang gurih, dan telur yang kaya protein membuat hidangan ini seimbang dan mengenyangkan. Berikut adalah resep dan tips untuk membuat semur bihun tahu telur yang lezat. Keep scrolling!

1. Bahan semur bihun tahu telur

Berikut bahan-bahan yang dapat disiapkan:

  1. 100 gram bihun, rendam dengan air hangat hingga lembut, tiriskan
  2. 2 buah tahu putih, potong kotak-kotak
  3. 3 butir telur, rebus, kupas kulitnya
  4. 4 siung bawang putih, cincang halus
  5. 5 siung bawang merah, iris tipis
  6. 2 batang daun bawang, iris tipis
  7. 2 buah tomat, potong dadu
  8. 1 batang serai, memarkan
  9. 2 lembar daun salam
  10. 1 cm lengkuas, memarkan
  11. 1/2 sdt merica bubuk
  12. 1 sdt ketumbar bubuk
  13. 2 sdm kecap manis
  14. 1 sdt garam
  15. 1 sdm gula merah, sisir
  16. 500 ml air
  17. Minyak untuk menggoreng dan menumis

Baca Juga: 7 Bahan Andalan agar Telur Dadar Semakin Harum dan Nikmat

2. Cara membuat

Berikut cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng tahu hingga berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sisihkan. Telur yang sudah direbus, bisa digoreng sebentar agar memiliki tekstur yang lebih menarik, atau bisa langsung dimasukkan ke dalam semur.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan serai, daun salam, dan lengkuas, tumis hingga layu.
  3. Setelah bumbu harum dan matang, masukkan potongan tahu yang sudah digoreng dan telur rebus. Aduk perlahan agar tahu tidak hancur.
  4. Tambahkan air ke dalam wajan, lalu masukkan merica bubuk, ketumbar bubuk, kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk rata. Masak hingga air mendidih dan bumbu meresap ke dalam tahu dan telur.
  5. Setelah kuah sedikit menyusut, masukkan bihun yang sudah ditiriskan. Aduk hingga bihun tercampur dengan bumbu dan bahan lainnya.
  6. Masak dengan api kecil hingga bihun matang sempurna dan kuah semur menyerap. Cicipi rasa, tambahkan garam atau kecap manis jika diperlukan.
  7. Angkat dan sajikan semur bihun tahu telur dalam piring saji. Taburi dengan daun bawang dan tomat yang telah dipotong dadu.

Verified Writer

richpriant

Bismillah aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya