Comscore Tracker

Gubernur NTB dan Jajaran Jalani Tes COVID-19 usai Sempat Bertemu Menag

Gugus Tugas COVID-19 NTB sedang lakukan contact tracing

Mataram, IDN Times - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan Gubernur Zulkieflimansyah beserta sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi NTB, akan menjalani tes cepat dan swab setelah bertemu Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang terkonfirmasi positif COVID-19. Tes juga akan dilakukan terhadap wartawan yang meliput pertemuan itu.

"Ya. Pejabat yang bertemu dalam jarak jauh dilakukan tes cepat, dan yang bertemu intensif dites usap," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi, di Mataram seperti dikutip dari ANTARA, Senin (21/9/2020).

Nurhandini menjelaskan, selain Gubernur NTB, sejumlah pejabat seperti Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi juga akan menjalani tes cepat dan usap.

"Termasuk, sejumlah wartawan yang meliput kegiatan Menteri Agama Fachrul Razi saat melakukan kunjungan kerja di Lombok, NTB selama dua hari pada 16-17 September 2020 juga akan melakukan hal yang sama," lanjutnya.

1. Gugus Tugas COVID-19 NTB lakukan contact tracing terhadap yang berkontak langsung dengan Menag

Gubernur NTB dan Jajaran Jalani Tes COVID-19 usai Sempat Bertemu MenagMenteri Agama, Fachrul Razi mengecam tindakan penusukan terhadap Syekh Ali Jaber saat berdakwah di Lampung (Dok. Humas Kementerian Agama)

Ia menjelaskan bahwa saat ini Tim Gugus Tugas COVID-19 Provinsi NTB, sedang melakukan penelusuran atau contact tracing terhadap sejumlah orang yang sempat kontak langsung dengan Menag Fachrul Razi saat melakukan kunjungan kerja di NTB.

"Ya, sedang dilakukan dan sudah di data," kata Nurhandini Eka Dewi .

Baca Juga: Dikabarkan Positif COVID-19, Wishnutama: Alhamdulillah Saya Sehat

2. Fachrul menggelar beberapa pertemuan di NTB, dari pembinaan ASN hingga bertemu tokoh agama

Gubernur NTB dan Jajaran Jalani Tes COVID-19 usai Sempat Bertemu MenagMenag Fachrul Razi (Dok. Kemenag)

Saat kunjungan kerja di NTB, Fachrul menggelar sejumlah pertemuan. Di antaranya peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB. Selain itu juga kegiataan pembinaan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Kemenag di wilayah NTB yakni, Gerakan Kemenag menuju Zona Integritas dan Kepedulian Individu yang Religius (Gema Zikir) pada, Rabu 16 September 2020 siang di Kota Mataram.

Selanjutnya, pada Rabu malam, ada pertemuan dengan tokoh agama sekaligus melakukan pelantikan pengurus Bravo 5 Provinsi NTB di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat. Kemudian, pada keesokan harinya meresmikan sejumlah gedung baru Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pada Kamis 17 September 2020.

3. Menag terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala pada 17 September 2020

Gubernur NTB dan Jajaran Jalani Tes COVID-19 usai Sempat Bertemu MenagMenteri Agama Fachrul Razi (Dok. IDN Times/Kementerian Agama)

Sebelumnya, Menag Fachrul Razi dinyatakan positif COVID-19 pada Kamis 17 September 2020. Walaupun demikian, kondisi Fachrul dikabarkan baik, tanpa gejala apa pun. Dia tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. 

"Pada 17 September, Menag melakukan tes usap dan hasilnya positif. Namun, alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Duduk Di Samping Menag saat Rapat di Istana, Hasil Swab Mensos Negatif

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya