TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Harga Bahan Pokok 17 Pasar Tradisional di Lombok Timur

Harga masih stabil dan setok masih aman

Dokumen pribadi

Lombok Timur, IDNTimes - Pada Minggu pertama bulan Ramadan tahun ini, harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional yang ada di Lombok Timur masih normal. Selain itu stok semua bahan pokok juga masih aman.

Kepala Dinas Perdagangan Lombok Timur Lalu Dami Akhyani menyampaikan bahwa terdapat beberapa komoditas yang sedikit mengalami kenaikan harga bulan ini, jika dibandingkan dengan harga pada bulan lalu. Akan tetapi kenaikan ini tidak menjadi permasalahan dan mengkhawatirkan di tengah masyarakat.

"Misalnya tomat, bulan lalu harga tomat Rp2 ribu per kilogram. Tapi bulan ini sudah mencapai Rp8 ribu per kilogram. Artinya kenaikan ini justru menguntungkan petani dari pada bulan lalu di saat harganya sangat anjlok," terangnya, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Tidak Ada Anggaran, Jalan Rusak Parah di Lotim Tak Bisa Diperbaiki

1. HET beras medium naik menjadi Rp 11.000 per kilogram

dokumen pribadi

Berdasarkan data dari dinas perdagangan Lombok Timur, harga beras untuk kelas super di 17 pasar tradisional rata-rata dijual dengan harga Rp11.154 dan harga tertinggi yakni Rp12.00 per kilogram.

Sedangkan untuk beras jenis medium 1 rata-rata dijual dengan harga Rp10.125 per kilogram dan harga tertinggi Rp11.000 per kilogram. Untuk jenis medium 1 ini terdapat perubahan harga eceran tertinggi (HET) dari pemerintah pusat jika dibandingkan dengan harga pada tanggal 21 Maret lalu yakni Rp 10,125 per kilogram.

"Sekarang memang HET tertinggi untuk medium ini naik menjadi Rp11 ribu, hal itu berdasarkan instruksi dari presiden," Ungkapnya.

2. Harga kedelai, cabai dan bawang di 17 pasar di Lombok Timur.

Dokumen pribadi

Sementara harga kedelai lokal saat ini rata-rata dijual dengan harga Rp 18.462 per kilogram dan harga tertinggi Rp20.000. Sedangkan harga kedelai infor rata-rata dijual dengan harga Rp17.692 dan harga tertinggi Rp20,000 per kilogram.

Selanjutnya cabai jenis cabai kecil saat ini di semua pasar rata-rata dijual dengan harga Rp84,583 per kilogram dan harga tertinggi Rp90,000 per kilogram. Sementara untuk cabai besar merah rata-rata dijual Rp35.154 per kilogram dan harga tertinggi Rp40.000 per kilogram dan harga cabai besar hijau rata-rata dijual Rp16,538 dan harga tertinggi Rp20.000 per kilogram.

Baca Juga: Jatuh Tempo, Pemkab Lotim Janji Lunasi Utang Sebesar Rp60,9 Miliar

Verified Writer

supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya