Comscore Tracker

Wisata Gua Prabu Bangkang yang Memesona 

Wisata alam jadi andalan NTB

Lombok Tengah, IDN Times - Wisata Lombok yang selama ini terkenal dengan berbagai gili atau pulau kecil, tetapi rupanya juga dilengkapi oleh adanya tempat wisata lainnya. Seperti misalnya Gua Prabu Bangkang yang bisa menjadi objek wisata alternatif bagi anda sekalian jika memang sudah bosan berwisata ke pantai.

Mungkin objek wisata gua ini masih belum banyak dikenal oleh wisatawan sehingga masih belum terkenal seperti halnya gili di Lombok.  Sekalipun sebenarnya wisata gua tak kalah menarik untuk digali seperti Gua Prabu Bangkang.

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai review Gua Prabu Bangkang bisa simak ulasan berikut. 

1. Lokasinya mudah diakses

Wisata Gua Prabu Bangkang yang Memesona Ilustrasi Gua (IDN Times/Sunariyah)

Salah satu hal yang harus diketahui dari Gua Prabu Bangkang adalah lokasinya yang mudah diakses karena berada di sisi jalan utama. Gua ini berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah tepatnya di wilayah Desa Prabu Kecamatan Pujut Nusa Tenggara Barat (NTB).

2. Perbukitan dengan hutan yang hijau

Wisata Gua Prabu Bangkang yang Memesona wanderersandwarriors.com

Perlu diketahui pula bahwa hal yang menyebabkan pemandangan di sekitar gua ini menarik dan tampak indah adalah adanya perbukitan dengan hutan yang hijau di sekelilingnya. Hutan hijau ini ditumbuhi banyak pohon dan tumbuhan lain sehingga tampak rimbun.

3. Memiliki banyak spot foto

Wisata Gua Prabu Bangkang yang Memesona Goa Bangkang (instagram.com/rozifachrurozii)

Seluruh pemandangan terbaik yang ad adi Gua Prabu Bangkang tentu saja bisa menjadi spot foto yang terbaik bagi anda sekalian. Terlebih lagi untuk lokasi gua yang dimasuki sinar tepatnya dari bagian langit-langit gua. 

Baca Juga: Gua Gede Tempat Asal Usul Peradaban di Nusa Penida Bali

4. Gua bisa dijelajahi

Wisata Gua Prabu Bangkang yang Memesona Anak-anak bermain dan berenang di kolam Gua Lalayan, di daerah Gunung Kapur Klapanunggal (IDN Times/Dwi Agustiar)

Menjelajahi Gua Prabu Bangkang bisa menjadi salah satu kegiatan alternatif bagi anda terutama pecinta aktivitas berpetualang. Di dalam gua bisa dibilang akan terasa lebih sejuk dan tenang ditambah dengan kondisi pencahayaan yang bisa dibilang pas.

5. Gua terdiri dari dua bagian

Sebenarnya gua ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Untuk bagian atas dari gua merupakan tempat adanya langit-langit gua. Sedangkan di bagian bawah gua merupakan sebuah ruang yang tentunya berukuran cukup luas.

6. Menjadi sarang kelelawar

Saat berkunjung ke Gua Prabu Bangkang sebaiknya jangan heran bila di dalamnya terdapat banyak kotoran kelelawar. Sebab biasanya gua ini menjadi sarang kelelawar dan bahkan bau kelelawar pun di dalam gua bisa dibilang sangat menyengat hingga menjadi salah satu ciri khas goa tersebut.

7. Aktivitas susur gua

Susur gua menjadi salah satu aktivitas paling menarik yang bisa dilakukan di Gua Prabu Bangkang karena bagi beberapa orang terasa sangat seru dan menantang. Namun tetap saja aktivitas susur gua haruslah ditemani oleh warga setempat atau oleh pemandu agar wisatawan tidak sampai tersesat.

8. Perlengkapan penjelajahan gua

Jika memang anda berencana untuk menjelajahi Gua Prabu Bangkang maka hal lain yang juga harus diperhatikan dan tidak boleh sampai terlewatkan adalah perlengkapan penjelajahan gua. Segala perlengkapan dan peralatan haruslah dibawa tentunya dengan tujuan untuk menghindarkan anda dari kecelakaan.

Review mengenai Gua Prabu Bangkang yang telah dicantumkan di atas mungkin sekarang ini membuat anda jadi lebih tertarik dengan objek wisata goa tersebut. Untuk lebih jelasnya maka anda bisa langsung berkunjung ke Gua Prabu Bangkang dan menikmati keindahannya. 

Baca Juga: Destinasi Wisata Pantai Eksotik di Provinsi NTB

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya