Comscore Tracker

Fakta-fakta Menarik tentang Pantai Seger di Mandalika

Jadi lokasi pelaksanaan event Bau Nyale

Lombok Tengah, IDN Times - Pantai Seger Kuta ada di Lombok Tengah. Terkenal dengan legenda putri Mandalika atau legenda putri Nyale. Pantai ini cukup terkenal di Indonesia. Maka tidak heran banyak yang mengunjunginya. 

Pantai Seger menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara maupun domestik datang berkunjung ke pantai ini. Pantai ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk melakukan event dan ritual Bau Nyale.

Bau Nyale merupakan adat atau tradisi warga Lombok. Tujuannya untuk menangkap cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Puteri Mandalika.

1. Punya daya tarik

Fakta-fakta Menarik tentang Pantai Seger di Mandalikadilombok.com

Berikut ini beberapa daya tarik di pantai seger kuta diantaranya;


1. Snorkeling, Berenang, dan Berselancar

Pengunjung bisa snorkling di sini. menyaksikan keindahan bawah laut Pantai Seger. Ada terumbu karang dan ikan ikan kecil di sana yang unik. Bisa juga surfing meski ombaknya tidak terlalu besar.  Jika hanya ingin sekadar main air dan berenang juga sangat bisa di sini.


2. Pemandangan Alam yang Menawan

Daya tarik lainya wisata pantai Seger Lombok ini adalah pemandangan alamnya yang menarik. Hamparan pasir cantik, dan bukit bukit indah. Saat musim kemarau suasana pantai lebih cerah. Jadi jangan lupa untuk memotret pemandangan indah.


3. Ritual Bau Nyale

Daya tarik utama di pantai seger  adalah adanya ritual Bau Nyale yang diselenggarakan bulan februari sampai maret.  Wisatawan bisa ikut ritual ini. Nyale adalah legenda yang dipercaya warga setempat mengenai cacing laut merupakan jelmaan putri mandalika.  Tradisi nyale sudah berjalan lama. 

Bagi yang ingin ikut ritual ini caranya mudah. Pengunjung harus mencari cacing laut di pantai seger, sebanyak banyaknya lalu diolah jadi makanan untuk disantap.

Baca Juga: Info Berwisata untuk Menikmati Desert Point di Lombok Barat

2. Fasilitas dan penginapan

Fakta-fakta Menarik tentang Pantai Seger di MandalikaGambar Asli 24 Desember 2014

Fasilitas pantai seger kuta cukup memadai guna menunjang kebutuhan pengunjung. Di antaranya warung makan, area parkir, kamar ganti, toilet, pondok, hingga bangunan sejarah seperti patung.

Jika ingin liburan lebih lama, bisa menginap di sekitar pantai seger kuta. Ada beberapa penginapan tersedia disini. Seperti Villas, Pipe Dream, Novotel Lombok, Aerotel Tastura, Siesta House.

Pengunjung bisa mengunjungi pantai seger kuta sebab pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Untuk harga tiket masuk pantai ini juga terjangkau. Mulai dari Rp.5 ribu sampai 10 ribuan saja perorang.  Namun harga bisa saja berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan pengelola wisata.

Dengan harga tiket murah ini anda sudah bisa menikmati berbagai hal menarik di kawasan wisata pantai Seger Kuta. Namun biaya tiket ini tidak termasuk penginapan, sewa kendaraan dan biaya lainya. 

3. Lokasi dan Rute Pantai Seger

Fakta-fakta Menarik tentang Pantai Seger di Mandalika-

Alamat : di Sukadane, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Dari bandara Internasional Lombok, anda perly waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di pantai Seger Kuta Lombok. Kalau berangkat dari pusat kota Mataram Lombok, waktu tempuhnya sekitar 1 jam. 

Pengunjung bisa dengan mudah menuju lokasi pantai Seger Kuta karena aksesnya gampang. Bisa gunakan motor atau mobil pribadi, atau naik angkot dan taksi. Bisa juga dengan bus pariwisata jika rombongan. 

Tak perlu khawatir tersesat, pengunjung bisa tanya ke warga atau gunakan google maps untuk memandu perjalanan anda ke pantai seger kuta.

Itulah tadi informasi seputar pantai seger kuta di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ada banyak hal menarik di sini. Selain bisa menikmati keindahan dan mengeksplorasi area wisata bahari, pengunjung juga bisa menyaksikan tradisi unik seperti ritual Nyale yang rutin diselenggarakan pada Februari hingga Maret setiap tahun.

Baca Juga: Indahnya Pasir Merica Pantai Tanjung Aan di Lombok Tengah    

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya