Comscore Tracker

Fakta-fakta Menarik tentang Istana Dalam Loka di Sumbawa

Tempat pertemuan hingga kediaman permaisuri dan raja

Sumbawa, IDN Times - Rumah Adat Dalam Loka merupakan salah satu warisan leluruh yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya yang merupakan rumah tradisional Kabupaten Sumbawa. Rumah Adat Dalam Loka ini menyimpan nilai sejarah yang sangat mendalam.

Pada masanya rumah adat dalam loka ini merupakan tempat para raja dari Kabupaten Sumbawa. Rumah Adat Loka diartikan sebagai istana Sumbawa yang merupakan peninggalan dari kerajaan Sumbawa yang dibangun oleh Sultan Muhammad Jalaludin III pada tahun 1885.

Kerajaan Sumbawa ini memiliki kuat pengaruh budaya islam pada masa Sultan Muhammad Jalludin III, sehingga membuat rumah adat dalam loka memiliki filosofi dan unsur kuat dari niali-nilai syariah islam.

Untuk membahasnya lebih jauh, berikut di bawah ini adalah penjelasan singat tentang Rumah Adat Dalam Loka yang merupakan Istana Sumbawa. Silakan disimak dengan baik.

1. Disebut istana tua

Fakta-fakta Menarik tentang Istana Dalam Loka di Sumbawa@venesia21

Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki banyak peninggalan sejarah yang salah satunya adalah Rumah Adat Dalam Loka.  Dlam loka ini merupakan kediaman raja-raja dari Kabupaten Sumbawa, yang oleh masyarakat sekitar disebut Istana Tua.

Memiliki bentuk bangunan rumah panggung, dan memiliki dua lantai. Tiang yang terdapat di rumah adat dalam loka berjumlah 99 batang tiang.

Kediaman Raja Sumbawa atau Istana Sumbawa ini memiliki luas bangunan yang sangat besar sehingga dijuluki Bala Rea yang memiliki arti Rumah Besar. Rea juga memilki arti lain yaitu Raja, sehingga dapat diartikan Bala Rea adalah “istana raja”.

Baca Juga: Siapkan Kapal Pinisi, Penonton MotoGP Bisa Melancong ke Sumbawa

2. Fungsi

Fakta-fakta Menarik tentang Istana Dalam Loka di SumbawaIstana Dalam Loka (pesonaindonesia.kompas)

Rumah Adat Dalam Loka memiliki struktur dengan banyak ruangan yang setiap ruangan tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Seperti namanya Istana Sumbawa ruma adat ini memiliki fungsi sebagai pusat pemerintahan, dan tempat tinggal para raja Sumbawa pada masanya.

Arah dari bangunan Dalam Loka menghadap ke arah selatan atau ke arah Bukit Sampar dan alun-alun kota. Terdapat motif di dinding dalam rumah adat dalam loka, motif tersebut merupakan ukiran khas dari pulau Sumbawa yang atau yang sering disebut Lutuengal, motif dari kukiran khas ini biasanya bunga atau dedaunan.

Pintu dari Dalam Loka hanya memiliki satu, yang beguna untuk akses keluar dan masuk. Untuk memasuki rumah adat dalam loka terdapat tangga yang terbuat dari lantai kayu, yang sedikit dimiringkan sehingga menyentuh tanah, lantai kayu yang digunakan ditambahkan potongan kecil kayu untuk pijakan.

3. Bagian sisi istana dalam loka

Fakta-fakta Menarik tentang Istana Dalam Loka di Sumbawa@venesia21

Setelah memasuki rumah adat dalam loka maka akan disambut oleh banyak ruangan. Berikut di bawah ini adalah penjelasan tentang fungsi dari ruangan-ruangan di rumah adat dalam loka:

1. Ruang Depan ( Lunyuk Agung)

Ruang depan ini memiliki nama lain yaitu Lunyuk Agung dan Paseban Agung. Ruangan ini berfungsi sebagai Balairunang sari, yang di dalamnya terdapat kegiatan bersmusyawarah, dan upacara kerajaan.

Di samping ruang depan terdapat tempat duduk permaisuri dan para istri pembesar atau yang sering disebut Lunyuk Mas.

2. Ruang Dalam Sisi Sebelah Barat

Ruangan ini memiliki banyak bilik yang berjejer dari arah selatan ke Utara, yang di mana bilik tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Urutan dari bilik tersebut ialah kamar ibadah para raja, repan peraduan para raja, repan peraduan para permaisuri, tempat menerima tamu untuk permaisuri, dan kamar putri serta dayang-dayang  pengasuh.

Bilik-bilik tersebut hanya dibatasi dengan sebuah kain kelambu.

3. Ruang Dalam Sisi Sebelah Timur

Di ruang dalam sisi sebelah timur ini terdapat empat bilik yang berfungsi untuk para putra putri yang telah berumah tangga. Di ujung utara dari ruangan tersebut terdapat sebuah bilik yang merupakan tempat pengasuh rumah tangga.

4. Ruang Dalam Bagian Tengah

Ruangan ini merupakan tempat berkumpulnya para dayang. Letak ruang dalam ialah deretan ruangan di sebelah barat dengan ruang di sebelah timur.

Ruang dalam memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat  menyiapkan hidangan sebelum upacara adat dimulai.

5. Ruang  Bagian Belakang 

Ruang dalam bagian belakang ini  menyambung langsung  dengan dapur. 

Demikianlah informasi tentang rumah adat dalam loka yang merupakan istana Sumbawa atau kediaman para raja Sumbawa. 

Baca Juga: MXGP di Sumbawa, Landasan Bandara Sumbawa Akan Dipertebal

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya