Comscore Tracker

Keren! Samsung Meluncurkan TV OLED Canggih

Bakal lebih canggih dari HP-nya?

Dalam beberapa tahun terakhir, TV OLED masih menjadi TV yang memiliki kualitas gambar terbaik, karena OLED menampilkan black level dan rasio kontras yang sempurna. Selama ini, pabrik TV OLED seperti LG, Sony, Philips dan lainnya masih menggunakan panel dari merek yang sama, yaitu panel LG.

Dengan rilisnya S95B OLED, Samsung turut terjun dalam persaingan panel OLED di pasaran dengan menggunakan teknologi panel terbaru yang menggabungkan dua teknologi terbaik saat ini. Panel ini dibuat oleh Samsung Display yang mengombinasikan kedalaman black level khas OLED dengan color gamut yang luas dari quantum dotsSamsung menyebut teknologi ini sebagai 'resep rahasia' dalam lini flagship-nya.

1. Desain

Keren! Samsung Meluncurkan TV OLED CanggihDesain LaserSlim (samsung.com)

TV OLED dari Samsung ini memiliki desain yang elegan. Bezel-nya yang sangat tipis dibalut dengan logam yang memberikan kesan mewah dan kokoh. Bagian stand juga menggunakan bahan logam yang minimalis, sehingga memberikan kesan yang lebih luas pada layar besarnya.

Semua TV OLED pada dasarnya memiliki dimensi yang sangat tipis. Namun, pada S95B ini Samsung menggunakan teknologi LaserSlim yang membuat TV ini semakin canggih. Ketebalannya hampir setipis kabel USB.

Selain itu, dapat dipastikan bahwa TV ini memiliki bobot yang sangat ringan. Pada model 65 inci bobotnya hanya 21,6 kg tanpa stand.

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima, Pertamina: Terminal BBM Bima Tidak Ada Masalah

2. Fitur

Keren! Samsung Meluncurkan TV OLED CanggihDolby Atmos nirkabel (samsung.com)

Fitur dari TV OLED ini cukup lengkap. Pada bagian belakang terdapat 4 buah port HDMI yang masing-masing sudah mendukung fitur HDMI 2.1.

Selain itu, teknologi Dolby Atmos dengan jaringan nirkabel membuat kalian tidak perlu menggunakan kabel dari speaker atau soundbar untuk mendapatkan kualitas suara terbaik. Tentunya speaker juga harus mendukung kapabilitas tersebut.

Baca Juga: Polisi Olah TKP Fenomena Limbah Warna Cokelat di Teluk Bima 

3. Kualitas gambar

Keren! Samsung Meluncurkan TV OLED CanggihTampilan gambar Samsung S95B (samsung.com)

Kualitas gambar dari Samsung S95B sangat baik. TV ini mampu menghasilkan color space DCI-p3 hingga lebih dari 100%. Semua itu berkat teknologi quantum dots. Selain itu, black level dari TV ini juga sangat sempurna, hitamnya gelap dan pekat.

Sudut pandang penonton bukan merupakan suatu masalah ketika menonton di TV OLED Samsung ini. Warna yang terlihat sama sekali tidak mengalami penurunan kualitas jika dilihat dari sudut pandang manapun. Hal tersebut membuat TV ini sangat cocok digunakan ketika menonton ramai-ramai bersama teman atau keluarga.

4. Performa

Keren! Samsung Meluncurkan TV OLED CanggihProsesor Neural Quantum 4K (samsung.com)

Teknologi Neural Quantum yang tersemat di dalam prosesor TV ini juga dapat secara aktif menganalisa konten dalam layar. Kemudian, secara pintar mengoptimalkan penyajian gambar dengan baik.

Secara garis besar, performa dari TV sangat bergantung pada prosesor yang digunakan. Namun, kekuatan dan gimmick pada prosesor Samsung S95B ini sungguh menjadi pembeda antara TV flagship Samsung dengan TV pada umumnya.

5. Harga

Keren! Samsung Meluncurkan TV OLED CanggihUkuran TV Samsung S95B (samsung.com)

TV OLED 55 inci dari Samsung ini dibanderol dengan harga 2.200 USD (Rp31,8 juta). Rencananya TV ini akan mulai dijual pada pertengahan April di Amerika Serikat. 

Pasar Indonesia masih harus bersabar untuk dapat segera memiliki TV OLED pertama dari Samsung, namun dapat dipastikan TV ini tidak akan mengecewakan para pembelinya.

Baca Juga: Teluk Bima Tercemar, Menko Marves Luhut Langsung Gelar Rakornis 

Denni Utomo Herbowo Putra Photo Community Writer Denni Utomo Herbowo Putra

Gadget & Tech Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya