Kandidat Kuat Pelatih Arsenal jika Mikel Arteta Dipecat

Prestasi kurang menjanjikan dua musim di EPL

Mataram, IDN Times - Prestasi Arsenal FC dalam musim kompetisi English Premier League (EPL) 2021/2022 bisa disebutkan kurang menjanjikan, atau malah memalukan. The Gunners pada akhir kompetisi hanya duduk di peringkat 5 klasemen EPL sehingga gagal berkontribusi dalam kompetisi UEFA Champions League (UPL) musim depan. 

Sedihnya lagi, Arsenal kalah dari rival satu kota di London, Tottenham Hotspur yang berlaga di UPL bersama Manchester City dan Liverpool. 

Tudingan pun langsung dilontarkan kepada Kepala Pelatih Arsenal, Mikel Arteta yang dianggap gagal meramu tim mudanya. Praktis selama musim 2021/2022 ini mereka nihil gelar sama sekali. 

Jauh sama sekali dari performa Arsenal sebagai salah satu tim kuat EPL. Berbagai kandidat calon pengganti Mikel Arteta sudah banyak diperbincangkan oleh para fans dan dari dalam manajemen Arsenal sendiri. Berikut adalah lima kandidat yang paling mungkin akan menggantikan posisi Arteta jika dalam waktu dekat akan meninggalkan Emirates Stadium.

1. Mauricio Pochettino

Kandidat Kuat Pelatih Arsenal jika Mikel Arteta Dipecatskysports.com

Mauricio Pochettino bisa menjadi kandidat yang cukup rasional menukangi Arsenal musim depan. Pelatih kebangsaan Argentina ini disebut-sebut menduduki "kursi panas" Pelatih Paris Saint-Germain. 

Jabatannya diprediksi akan segera lepas menyusul kontrak baru mega bintang Kylian Mbappe bersama PSG. Semua gara-gara pemain Perancis tersebut tidak terlalu suka dengan strategi Pochettiono serta ingin digantikan dengan Zinedine Zidane. 

Apalagi juga gagal membawa PSG memenangi kompetisi UPL tahun ini. 

Prestasi Pochettiono sebenarnya cukup lumayan membawa PSG memenangi kompetisi Ligue 1 dan membawa Tottenham Hotspur masuk dalam jajaran tim elite dunia. 

2. Paulo Fonseca

Kandidat Kuat Pelatih Arsenal jika Mikel Arteta DipecatPaulo Fonseca (instagram/paulofonseca_oficial)

Paulo Fonseca yang baru saja hengkang dari AS Roma dan digantikan oleh manajer kenamaan Jose Mourinho. Fonseca kini sedang tidak melatih klub mana pun, ini bisa menjadikan opsi bagi Arsenal untuk mendatangkannya.

Fonseca sendiri musim lalu berhasil membawa Roma melaju ke semifinal Liga Europa di mana mereka dikalahkan oleh Manchester United, tetapi kegagalan Fonseca di Roma menunjukkan bahwa mungkin dia akan kesulitan di Liga Premier. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan pelatih Italia ini melatih klub Liga Inggris.

Baca Juga: Salahi Ketentuan, Miliaran Dana BOS SMA/SMK di NTB Harus Dikembalikan 

3. Zinedine Zidane

Kandidat Kuat Pelatih Arsenal jika Mikel Arteta DipecatZinedine Zidane (instagram/zidane)

Zinedine Zidane memutuskan untuk hengkang dari Real Madrid untuk kedua kalinya sebagai pelatih setelah sebelumnya berhasil membawa Real menjuarai Liga Champions tiga kali berturut-turut. Kondisi Zidane yang sekarang ini tidak melatih klub mana pun mungkin bisa dimanfaatkan Arsenal untuk membujuk pria Prancis itu menjajal Liga Inggris.

Masalah terbesar adalah soal gaji Zidane yang besar termasuk persaingan dengan PSG yang meminatinya. 

4. Ernesto Valverde

Kandidat Kuat Pelatih Arsenal jika Mikel Arteta DipecatErnesto Valverde (instagram/ernesto_valverde)

Mantan pelatih Barcelona Ernesto Valverde bisa jadi opsi lain mengingat ia sedang menjadi pengangguran sekarang. Liga Inggris mungkin bisa jadi tantangan baru buat Ernesto mengingat ia sudah memiliki segudang pengalaman di La Liga bersama Barcelona dan menghasilkan banyak trofi buat Blaugrana.

Taktik permainan Valverde dianggap cocok dengan karakteristik Arsenal yang mengandalkan bola cepat dari bawah. 

5. Joachim Low

Kandidat Kuat Pelatih Arsenal jika Mikel Arteta DipecatJoachim Loew (instagram/dfb_team)

Siapa sangka kita akan memasukkan nama Joachim Low untuk calon kandidat pengganti Mikel Arteta. Mantan pelatih yang sukses mengantarkan Timnas Jerman menjadi kampiun Piala Dunia 2014 silam bisa jadi alternatif mengingat semakin maraknya nama-nama pelatih Jerman yang sukses di Liga Inggris.

Arsenal sendiri juga sering mengandalkan pemain Jerman di komposisi skuad mereka seperti Mesut Ozil, Per Mertesacker, Mustafi, Lukas Podolski, dan yang sekarang masih bermain di Arsenal Bern Leno. Ini menandakan bahwa Arsenal tidak lepas dari kontribusi orang Jerman di skuat mereka.

Itu tadi 5 kandidat calon kuat pelatih Arsenal jika Mikel Arteta hengkang musim ini. Menurut kamu siapa pelatih yang cocok untuk menangani Arsenal di situasi mereka sekarang ini.

Baca Juga: Kisah Teater Lokal NTB Bertahan dari Gempuran Budaya Asing 

Zidane Achmad Photo Community Writer Zidane Achmad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya