Comscore Tracker

Jadi Cadangan Dorna, Menpora Optimistis Mandalika akan Gelar MotoGP

Menpora yakin Sirkuit Mandalika akan selesai sesuai rencana

Lombok Tengah, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali, berkunjung ke Nusa Tenggara Barat pada Selasa (24/11/2020) guna meninjau langsung pembangunan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km yang rencananya akan digunakan dalam ajang MotoGP 2021.

"Saya optimistis sesuai dengan perencanaan kita bahwa pekerjaan ini akan selesai," ujar Zainudin seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora, Rabu (25/11/2020).

Menpora meminta semua pihak tetap berkoordinasi, seperti ITDC (Indonesia Tourism Development Center), pemerintah pusat, dan pemerintah daerah.

1. Zainudin berharap Dorna akan puas

Jadi Cadangan Dorna, Menpora Optimistis Mandalika akan Gelar MotoGPANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Zainudin yakin Dorna selaku operator MotoGP pasti akan memberikan penilaian yang obyektif, sejalan dengan upaya maksimal yang dilakukan ITDC dan pemerintah. Perkara seperti apa jadwal yang akan diterapkan nanti, itu semua tergantung kewenangan Dorna.

"Dorna (operator MotoGP) pasti akan memberikan penilaian terhadap upaya yang dilakukan ITDC dan pemerintah. Kita harapkan walaupun sekarang pandemi, soal jadwal itu sepenuhnya menjadi kewenangan Dorna untuk menentukan," ujar Zainudin.

Baca Juga: Yes! Sirkuit Mandalika Masuk Kalender MotoGP Tahun 2021!

2. Zainudin minta semua pihak bersinergi

Jadi Cadangan Dorna, Menpora Optimistis Mandalika akan Gelar MotoGPMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Zainudin Amali (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Agar proses pembangunan dapat berjalan dengan baik, Zainudin menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat, daerah, ITDC, serta kontraktor sirkuit. Sinergi itu juga penting agar gelaran MotoGP di Mandalika dapat berjalan sukses.

"Kita adalah negara besar, saya punya keyakinan dengan kolaborasi di antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian ITDC serta kontraktor, semua bersinergi dengan baik," ujar Zainudin.

3. Jadwal MotoGP Indonesia hanya masuk daftar cadangan

Jadi Cadangan Dorna, Menpora Optimistis Mandalika akan Gelar MotoGPBalap Motor.Net

Dalam draf jadwal MotoGP 2021, ternyata MotoGP Indonesia cuma masuk daftar cadangan, bersama dengan GP Portugal dan GP Rusia. Pihak Mandalika Grand Prix Association sempat mengeluarkan pernyataan jika Indonesia dapat keistimewaan memilih tanggal.

Sedangkan menurut pihak Dorna, ada dua situasi yang bisa saja membuat MotoGP 2021 terlaksana di Indonesia. Pertama, Sirkuit Mandalika harus sudah selesai dibangun. Kedua, ada salah satu seri MotoGP lain yang batal digelar.

Namun, jadwal untuk MotoGP 2021 memang baru sebatas draf saja. Situasi pandemik COVID-19 yang melanda dunia membuat pihak Dorna belum merilis jadwal yang resmi untuk musim depan.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Wearpack MotoGP, Melindungi Pembalap Saat Terjatuh

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya