Comscore Tracker

Lagi-lagi, MotoGP Mandalika Masih jadi Cadangan 

FIM dan Dorna rilis kalender sementara MotoGP

Jakarta, IDN Times - Pada Jumat (22/1/2021), Federasi Motorsport Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap (IRTA), dan Dorna selaku operator MotoGP kembali memperbarui kalender sementara ajang MotoGP 2021. Dalam rilis itu, Sirkuit Mandalika masih berstatus cadangan.

Dilansir situs resmi MotoGP pada Sabtu (23/1/2021), beberapa penyesuaian dilakukan kembali Dorna, FIM, dan IRTA untuk kalender musim ini. Hal itu dilakukan akibat pandemik COVID-19 yang masih melanda dunia. Penyesuaian itu juga tidak jauh beda dengan apa yang diterapkan pada musim 2020 lalu.

Baca Juga: Kunjungi Sirkuit Mandalika, Sandi: Rampung Agustus 2021

1. Sesi Eropa akan digelar berderet seperti musim 2020

Lagi-lagi, MotoGP Mandalika Masih jadi Cadangan Twitter.com/MotoGP

Pada ajang MotoGP 2020 lalu, sesi GP di negara-negara Eropa digelar secara berderet. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan tim-tim melakukan perjalanan jauh, plus memang banyak sesi di Asia dan daerah lain yang ditunda akibat pandemik COVID-19.

Kebijakan ini tetap berlanjut pada musim 2021. Jadi, selepas sesi pembuka GP Qatar dan GP Doha yang digelar di Losail, setelahnya sesi akan terus digelar di Eropa, mulai dari GP Portugal, GP Spanyol, hingga nanti berakhir di GP San Marino.

Setelahnya, sesi GP akan berlanjut di Thailand, Australia, lalu Malaysia. Kemudian, jika tak ada aral melintang, sesi GP akan berakhir di GP Valencia, Spanyol.

Baca Juga: Proyek JKK Mandalika Terus Berjalan, PN Praya Eksekusi 5 Lahan

Baca Juga: Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika Masuk Kalender World Superbike 2021

2. MotoGP 2021 dijadwalkan mulai pada 28 Maret 2021

Lagi-lagi, MotoGP Mandalika Masih jadi Cadangan motogp.com

Dalam kalender sementara, jadwal pembukaan MotoGP 2021 digelar di Sirkuit Losail, Qatar pada 28 Maret, atau selang beberapa minggu setelah tes MotoGP dihelat di tempat yang sama.

Jika tak ada aral melintang sepanjang penyelenggaraan, MotoGP 2021 ditutup di GP Valencia pada 14 November mendatang. Tentu, karena namanya kalender sementara, tanggal-tanggal ini masih bisa berubah sewaktu-waktu.

3. Sirkuit Mandalika masih masuk daftar cadangan

Lagi-lagi, MotoGP Mandalika Masih jadi Cadangan Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020)

Sama dengan status sebelumnya, di kalender sementara terbaru MotoGP 2021 ini status Sirkuit Mandalika, Lombok, masih berstatus sebagai sirkuit cadangan. Setelah GP Argentina dan GP Amerika mengalami penundaan, status Mandalika nyatanya tidak mengalami perubahan.

Hal ini berbeda dengan status GP Portugal yang langsung berubah masuk kalender utama.

Agaknya, pekerjaan rumah dari Dorna soal rampungnya pembangunan sirkuit dan proses homologasi harus segera dirampungkan. Hal itu semata agar MotoGP 2021 bisa digelar di Indonesia.

Baca Juga: Mandalika Gelar MotoGP 2021? CEO Dorna Minta Indonesia Fokus 3 Hal Ini

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya