Pesawat Kargo Balapan MXGP Samota Sudah Tiba di Lombok 

Mengangkut logistik para pembalap seberat 30 ton

Lombok Tengah, IDN Times - Sebanyak 24 ton logistik untuk ajang balapan motocross MXGP Samota Sumbawa telah mendarat di Bandara Internasional Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (18/6/2022). Logistik para pembalap motocross tersebut diangkut menggunakan dua pesawat kargo. 

Total logistik MXGP Samota sebenarnya sebanyak 30 ton di mana sisanya dijadwalkan akan di Lombok, Minggu (19/6/2022) hari ini. 

"Total akan ada sebanyak 54 pallet seberat 30 ton logistik ajang MXGP berupa motor, parts, dan fuel yang tiba di Bandara Lombok. Dari Bandara Lombok, logistik MXGP ini dibawa menggunakan truk melalui jalur darat menuju Sumbawa," kata General Manager Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan.

1. Logistik yang tiba berupa motor, parts, dan fuel

Pesawat Kargo Balapan MXGP Samota Sudah Tiba di Lombok Logistik MXGP yang tiba di Bandara Internasional Lombok. (Dok. PT. AP Bandara Lombok)

Dua pesawat kargo terbang dari Jakarta khusus mengangkut logistik pallet dan logistik balapan MXGP Sumbawa. Berupa sepeda motor trail, parts, hingga fuel. 

Pesawat kargo Black Stone Airlines mendarat pertama di Bandara Lombok pukul 16.00 Wita dengan mengangkut 9 pallet seberat 14 ton logistik MXGP. Disusul kemudian, pesawat Asia Cargo Airlines mendarat pukul 17.22 Wita. Pesawat ini membawa logistik MXGP sebanyak 9 pallet seberat 10 ton.

Sedangkan pesawat terakhir, dijadwalkan tiba hari ini pukul 08.00 Wita.

Baca Juga: Drone Dilarang Terbang, 2.196 Personel Amankan MXGP Samota 

2. Sebanyak 171 kru dan pembalap MXGP tiba 23 Juni

Pesawat Kargo Balapan MXGP Samota Sudah Tiba di Lombok twitter.com/KTM_Racing

Rahmat menjelaskan, seluruh logistik para pembalap MXGP tersebut sudah lolos ketentuan bea cukai dari pemerintah. Logistik MXGP ini sudah menjalani pemeriksaan secara intensif setibanya mereka di Bandara Soekarno Hatta. 

Pemeriksaan kelengkapan logistik ini di lokasi penyelenggaraan balapan MXGP Samota di Sumbawa. 

Sementara untuk pembalap dan kru MXGP Samota dijadwalkan akan mendarat di Bandara Lombok 23 Juni 2022 nanti. Totalnya sebanyak 171 orang di mana mereka menumpang pesawat carter jenis narrow body

"Mereka akan transit sejenak untuk kemudian melanjutkan penerbangan dengan tiga pesawat carter milik Wings Air menuju Sumbawa," jelas Rahmat.

3. Pembalap dan kru bersiap menuju Samota

Pesawat Kargo Balapan MXGP Samota Sudah Tiba di Lombok Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwan Syah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwan Syah mengungkapkan, rangkaian balapan MXGP yang sudah memasuki putaran terakhir di Jerman. Para pembalap dan kru pun sudah bersiap melanjutkan balapan yang akan digelar di Samota Sumbawa MXGP of Indonesia 2022. 

Seperti diketahui, pembalap Jerman Jorge Prado memimpin sementara klasemen balapan MXGP kelas 450 cc. Penampilan pembalap muda ini dipastikan akan memukau pencinta ajang motocross di Indonesia. 

Jorge akan menjajal Sirkuit Samota yang baru saja menyelesaikan proses pembangunannya. Begitu juga fasilitas pendukung acara terus dikebut agar rampung lebih awal.

Baca Juga: Kronologis Lengkap Tenggelamnya Kapal TKI Ilegal Asal NTB di Batam 

Topik:

  • Linggauni
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya