Comscore Tracker

Mantap, Sirkuit Mandalika sudah Masuk Kalender MotoGP 2021!

Sirkuit Mandalika bakal menggelar MotoGP pada 2021

Jakarta, IDN Times - Para penggemar olahraga balap Indonesia akhirnya bernapas lega. Pasalnya, tahun depan mereka dipastikan bisa menyaksikan secara langsung ajang balap motor bergengsi MotoGP 2021 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Sirkuit Mandalika sudah masuk dalam salah satu daftar seri MotoGP. Menurut situs resminya, seri balapan di Mandalika ini bakal digelar usai seri Thailand dilangsungkan, tepatnya di seri ke-15.

1. Tiket MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika sudah bisa dipesan, tapi...

Mantap, Sirkuit Mandalika sudah Masuk Kalender MotoGP 2021!Tangkapan layar situs MotoGP. (motogp.com).

Dorna, selaku operator balapan menyebut jika tiket yang dijual belum tersedia. Yang ada di situs mereka adalah pendaftaran untuk memperoleh informasi lebih lanjut saol penjualan tiket.

"Penjualan tiket untuk event MotoGP Indonesia belum tersedia. Pendaftaran untuk mendapatkan notifikasi bisa dilakukan lewat email. Kami akan memberi tahu Anda jika tiket sudah bisa dipesan," tulis pengumuman MotoGP.

Sementara, panitia penyelenggara MotoGP Mandalika tahun depan, sudah mulai melakukan penjualan tiket. Menteri Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengklaim jika sebanyak tiga ribu tiket di antaranya sudah ludes terjual secara pre-sale.

Baca Juga: Garap MotoGP di Mandalika, ITDC Butuh 7.500 Tenaga Kerja 

2. Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 50 persen

Mantap, Sirkuit Mandalika sudah Masuk Kalender MotoGP 2021!Sirkuit Moto GP Mandalika, Lombok. IDN Times/Sunariyah

Sejauh ini, Sirkuit Mandalika masih dalam proses pembangunan perkembangan yang sudah mencapai 50 persen lebih. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang bertanggung jawab dalam pengerjaan sirkuit itu terus mempercepat pembangunannya agar sesuai tenggat yang ditentukan.

Mereka mengakui jika sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan total 17 tikungan tersebut bisa sudah dalam tahap pengaspalan. Jika berjalan sesuai rencana, sejak memasuki September-Desember 2020, pengerjaan pengaspalan sebanyak tiga lapis rampung dilakukan.

Menurut jadwal, sirkuit yang berlokasi di Lombok tersebut siap menjalani uji coba lintasan ada April 2021.

3. Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat juga ikut membangun fasilitas pendukung

Mantap, Sirkuit Mandalika sudah Masuk Kalender MotoGP 2021!Sirkuit MotoGP Mandalika (IDN Times/Kevin Handoko)

Gubernur NTB Zulkieflimansyah, sebelumnya sempat mengungkapkan perkembangan terkait progres pembangunan Sirkuit Mandalika. Menurut dia, semuanya masih berjalan sesuai treknya, dengan kata lain tak menemukan kendala berarti.

Di sisi lain, fasilitas pendukung lainnya pun tengah mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebut saja infrastruktur jalan sampai dengan bandara menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada pertengahan taun ini. Sehingga, pergelaran MotoGP nanti bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Uji Lintasan April 2021, Indonesia Siap Gelar MotoGP

Topic:

  • Yogie Fadila