Sukses WSBK, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan MotoGP 2022

MotoGPMaret 2022 target serap 9.000 pekerja

Mataram, IDN Times - Ajang balapan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) sukses berat menarik minat penggemar adu cepat kuda besi. Selama hari hari event balapan dari tanggal 19 hingga 21 November 2021 lalu mampu menyerap sebanyak 20 ribu penonton wisatawan lokal dan mancanegara. 

Meskipun memang jumlah penonton ini masih di bawah target semula sebanyak 25 ribu penonton. 

Corporate Communication PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Esther D. Ginting menjelaskan, bahwa serapan penonton pada event WSBK masih berada di angka 20.000 penonton. Data itu sesuai dengan jumlah tiket WSBK yang terjual sebelum event.

1. Target penonton MotoGP belum bisa dibocorkan

Sukses WSBK, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan MotoGP 2022Foto udara Sirkuit Pertamina Mandalika/dok. Humas Kemenparekraf

Menurut Esther, jumlah penonton untuk event MotoGP belum menjadi pembahasan lanjutan ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Untuk MotoGP kami belum membahasnya,” kata Esther singkat kepada IDN Times, Kamis (25/11/2021).

Puncak kedatangan penonton terjadi pada puncak race 1 dan 2 balapan motor WSBK. Sesuai hasil pantauan di Sirkuit Pertamina Mandalika selama balapan lalu. 

Saat itu, hampir semua tribun penonton di Sirkuit Pertamina Mandalika terisi para penonton dari dalam dan luar Pulau Lombok. 

“Event ini disaksikan 1,6 miliar penonton di dunia,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (21/11/2021) di Mandalika.

Baca Juga: Jokowi Siap Resmikan Sirkuit Mandalika di NTB Besok

2. Jumlah pekerja event capai 7 ribu orang

Sukses WSBK, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan MotoGP 2022Event WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika/dok.wolrdsbk.com

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB  I Gede Putu Aryadi mengatakan, event balapan di Sirkuit Mandalika mampu menyerap hingga 7 ribu pekerja. Mereka merupakan pekerja selama event Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan WSBK, terdiri jasa travel, hotel, hingga pekerja di Sirkuit Pertamina Mandalika.  Seperti marshal, worket pass, petugas ticketing, dan bus.

“Hampir semua terbuka lapangan pekerjaan selama event,” kata Aryadi.

Sekarang ini, Aryadi sedang menyusun skenario peningkatan jumlah ruang kerja di luar event pasca balapan WSBK. 

“Kita akan coba oleh strateginya. Seperti UMKM kita akan coba pasarkan ke nasional,"  paparnya.

Khusus untuk ajang MotoGP, Aryadi memperkirakan balapan ini pun akan mampu meraih kesuksesan seperti halnya WSBK. Ia menargetkan sebanyak 9 ribu pekerja akan memperoleh dampak positif dari sektor perhotelan, jasa travel, UMKM, dan lain-lainnya. 

“Ini untuk semua kalangan, hotel, travel, UMKM, dan lainnya,” ujarnya. 

3. NTB siap kawal MotoGP 2022

Sukses WSBK, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan MotoGP 2022Pemeriksaan penonton saat masuk Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Dari sisi pengamanan, Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal menyatakan komitmennya menyukseskan pelaksanaan ajang MotoGP. Ia meminta kepada seluruh pihak bersama-sama kerja sama agar event internasional berlangsung dengan baik. 

“Dari segala sisi NTB harus siap, terutama dalam bidang pengamanan,” ujarnya.

Dalam menyambut gelaran MotoGP 2022 mendatang pihaknya siap memberikan upaya pemeliharaan Kamtibmas kepada masyarakat selama event berlangsung.

Selama WSBK berlangsung, polisi berhasil mengamankan delapan orang pelaku pencurian. 

"Untuk itu dari segi pengamanan TNI Polri di NTB siap, untuk menerima amanah gelaran MotoGP tahun 2022 mendatang," tegasnya.

4. Pengamanan disiapkan

Sukses WSBK, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan MotoGP 2022Kapolda NTB Irjen pol Muhammad Iqbal IDN Times/Ahmad Viqi

Meski gelaran MotoGP dilaksanakan pada tahun depan persiapan pengamanan harus menjadi yang paling utama di Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Seperti halnya persiapan pengamanan jelang IATC dan WSBK kemarin,” ujar Iqbal.

Sebanyak 3 ribu personel polisi akan melakukan pengawalan semua sisi area Sirkuit Pertamina Mandalika. Baik pengamanan di dalam sirkuit dan pos-pos pintu masuk.

“Intinya seluruh masyarakat kita minta menjadi tuan rumah yang baik. Dan pada intinya Polda NTB siap mengamankan MotoGP tahun 2022 nanti,” pungkasnya.

Baca Juga: Sengketa Tanah Sirkuit Mandalika, Pemprov NTB: Kami Menjembatani

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya