Kapolda NTT Imbau Semua Pihak Jaga Keamanan saat KTT ASEAN

Kapolda berharap semua tamu yang datang merasa aman

Labuan Bajo, IDN Times -  Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur ( Polda NTT) Irjen Pol. Drs. Johanis Asadoma mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Barat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Asean Summit atau KTT ASEAN di Labuan Bajo. Kapolda mengajak semua elemen masyarakat menyukseskan kegiatan tersebut.

Kapolda berharap semua lapisan masyarakay menyambut gembira kegiatan internasional itu. Sebab hal ini juga menjadi bagian dari promosi pariwisata Labuan Bajo, dengan demikian bisa lebih dikenal oleh wisatawan.

1. Jadi tempat yang aman dan nyaman

Kapolda NTT Imbau Semua Pihak Jaga Keamanan saat KTT ASEANLabuan Bajo (unsplash.com/fifani)

Selain pada pelaksanaan KTT ASEAN, Kapolda NTT juga berharap, agar situasi kamtibmas aman dan nyaman tetap tercipta untuk seterusnya di Manggarai Barat, khususnya di Labuan Bajo. Sehingga masyarakat maupun tamu-tamu yang datang merasa senang saat berada di Labuan Bajo.

"Bahkan untuk selama-lamanya Manggarai Barat ini harus menjadi tempat yang aman, tempat yang nyaman, tempat yang memberikan kenikmatan kebahagiaan kepada siapa saja yang datang berkunjung di Manggarai Barat yang mempunyai potensi pariwisata luar biasa", harap Johni Asadoma.

Baca Juga: Tolak RUU Kesehatan, 6 Organisasi di NTB Was-was Lakukan Tugas Profesi

2. Imbauan Kapolda

Kapolda NTT Imbau Semua Pihak Jaga Keamanan saat KTT ASEANLabuan Bajo (unsplash.com/fifani)

Adapun isi imbauan kamtibmas Kapolda NTT itu antara lain;
Pertama agar ikut berpartisipasi ikut memberikan kontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tempat tinggal serta di lingkungannya masing-masing.

Kedua, turut serta memberikan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para delegasi negara Asean dan wisatawan, baik domestik maupun internasional yang berkunjung di wilayah kabupaten Manggarai Barat dari ancaman apa pun juga. Baik ancaman kriminalitas maupun ancaman-ancaman lainnya.

Ketiga, menyelesaikan konflik sosial atau adat yang ada di wilayah masing-masing secara arif dan bijaksana dengan mengedepankan penyelesaian melalui budaya adat lonto leo atau duduk melingkar membicarakan permasalahan yang dihadapi untuk mendapatkan solusi yang bisa memuaskan kedua belah pihak.

3. Jaga kerukunan

Kapolda NTT Imbau Semua Pihak Jaga Keamanan saat KTT ASEANPenataan kawasan Labuan Bajo oleh Kementerian PUPR. Dok. Kementerian PUPR

Keempat, selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menghindari hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kelima, bijaksana dalam bermedia sosial, tidak menyebarkan berita hoaks, ujaran kebencian yang dapat memecah belah dan menyesatkan dan memprovokasi masyarakat serta menimbulkan konflik di dalam masyarakat.

Baca Juga: Kisah Dewi Utami, Petugas Damkar Perempuan Satu-satunya di NTB

Yos Syukur #NTT Photo Community Writer Yos Syukur #NTT

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya