Pemkab Lotim Liburkan Sekolah saat  Pilkades Serentak Berlangsung

Demi penyaluran hak pilih bagi guru dan staf sekolah 

Lombok Timur, IDN Times - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023 di 53 desa di Lombok Timur (Lotim) dilaksanakan pada hari ini, Rabu (15/3/2023). Untuk mendukung suksesnya Pilkades serentak ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim meliburkan sekolah yang di bawah naungannya, yaitu tingkat SD dan SMP.

Sekolah yang diliburkan hanya sekolah yang berada di 53 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak. Langkah ini dilakukan Dinas Dikbud Lotim untuk memberikan kesempatan kepada para guru beserta staf untuk menggunakan hak pilihnya. Terlebih, mengingat banyak guru maupun staf sekolah yang terlibat sebagai penyelenggara Pilkades, baik sebagai panitia pemilihan kepala desa ataupun sebagai petugas KPPS.

1. Diliburkan khusus bagi desa yang menyengsarakan Pilkades 

Pemkab Lotim Liburkan Sekolah saat  Pilkades Serentak BerlangsungPenulis

Kebijakan meliburkan kegiatan belajar mengajar saat Pilkades serentak ini, dikhususkan bagi sekolah yang berada di desa yang menyelenggarakan Pilkades. Bagi sekolah yang tidak menyelenggarakan Pilkades, maka tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar normal seperti biasa.

"Kegiatan KBM kita liburkan Khusus bagi sekolah yang berada di desa yang melaksanakan Pilkades" tegas Kepala Dinas Dikbud Lombok Timur, Izzuddin, saat di konfirmasi pada Senin 13 Maret 2023.

Baca Juga: Nenek yang Hilang Akhirnya Ditemukan di Muara Sungai Penambong Lotim

2. Telah mengeluarkan surat permakluman  

Pemkab Lotim Liburkan Sekolah saat  Pilkades Serentak BerlangsungFacebook Info Pilkades Presak

Terkait dengan kebijakan ini, Izzudin mengatakan telah mengeluarkan surat permakluman yang ditujukan kepada semua Kepala UPT Dinas Dikbud Kecamatan se-Lombok Timur. Permakluman itu agar pada hari ini tak ada proses belajar mengajar.

"Isi permakluman itu terkait penghentian kegiatan belajar mengajar saat hari pelaksanaan pencoblosan Pilkades," terangnya.

3. Pilkades serentak Lotim 

Pemkab Lotim Liburkan Sekolah saat  Pilkades Serentak BerlangsungFacebook Info Pilkades Presak

Seperti diketahui pelaksanaan Pilkades serentak Lotim dilaksanakan pada hari ini. Sebanyak 53 desa yang melaksanakan pemilihan dengan jumlah 190 orang calon Kades.

Total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 53 desa tersebut sebanyak 290.074 orang. Semua pihak berharap pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Lagi, Bocah di Lotim Hanyut Terseret Ombak saat Mandi di Pantai

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya