Bupati Lombok Timur Pastikan Bonus Atlet Cair Sebelum Lebaran

Belum cair karena tidak tercantum di APBD 

Lombok Timur, IDN Times - Menyikapi protes atlet peraih medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang belum menerima bonus, Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy tegaskan tetap akan menunaikan janji untuk menyalurkan bonus tersebut. Bonus yang dijanjikan Bupati yaitu sebesar Rp35 juta.

Rincian bonus yang dijanjikan yaitu Rp20 juta untuk peraih medali emas, Rp10 juta untuk peraih medali perak dan Rp 5 juta rupiah untuk peraih medali perunggu. Dalam ajang Porprov XI 2023 Lombok Timur sukses menempatkan diri pada posisi ketiga di bawah Kota Mataram dan Kabupaten Dompu dengan total raihan mendali sebanyak 159.

1. Terkendala belum tercantum di APBD 2023 

Bupati Lombok Timur Pastikan Bonus Atlet Cair Sebelum LebaranHumas Pemkab Lotim

Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy menyebutkan, Belum dibayarkannya bonus atlet tersebut karena pagu anggaran untuk membayar bonus tidak tercantum dalam plafon Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023. Karena persetujuan APBD telah diketok bersama dengan DPRD Lotim sebelum pelaksanaan Porprov. Tetapi orang nomor satu di Gumi Patuh Karya ini memastikan anggaran bonus tersebut ada, karena akan dimasukkan di APBD Perubahan.

"Anggaran bonus itu sudah ada, belum dicairkan karena pada penetapan APBD 2023 itu belum tercantum. Untuk bisa dicairkan, maka akan dimasukkan di APBD perubahan, sehingga pemberian bonus itu ada dasar hukumnya, karena tanpa ada dasar hukum itu tidak bisa dikeluarkan," terangnya.

Baca Juga: Mantan Bupati Lotim Ali BD Diperiksa Penyidik Soal Tambang Pasir Besi

2. Pastikan cair sebelum lebaran 

Bupati Lombok Timur Pastikan Bonus Atlet Cair Sebelum LebaranHumas Pemkab Lotim

Bupati Lotim Dua Periode ini mengatakan, bonus atlit peraih medali di ajang Porprov IX 2023 ini dipastikan bisa tersalurkan sebelum lebaran. Karena proses usulan anggaran di APBD perubahan saat ini tengah dikerjakan oleh bagian administrasi sekretariat Pemerintah Daerah Lotim.

Oleh karena itu, dirinya meminta para atlet bersabar untuk menunggu, karena anggaran ini butuh proses dan regulasi untuk bisa menyalurkannya.

"Para atlet bersabar dulu, usulan anggaran sedang dikerjakan oleh kawan administrasi, dipastikan sebelum lebaran bonus ini sudah dicairkan, tetapi kalau sebelum puasa belum tentu," tegasnya.

3. Total bonus atlet Lotim 1,655 miliar

Bupati Lombok Timur Pastikan Bonus Atlet Cair Sebelum LebaranHumas Pemkab Lotim

Seperti diketahui Bonus yang dijanjikan Bupati untuk para atlit peraih medali yaitu sebesar Rp35 juta, dengan rincian Rp20 juta untuk peraih medali emas, Rp10 juta untuk peraih medali perak dan Rp 5 juta untuk peraih medali perunggu.

Dalam ajang Porprov XI 2023 Lombok Timur sukses menempatkan diri pada posisi ketiga di bawah Kota Mataram dan Kabupaten Dompu dengan total raihan mendali sebanyak 159 dengan rincian 41 emas , 51 perak dan 67 perunggu.

Berdasarkan total raihan medali tersebut maka total jumlah bonus yang diberikan yaitu sebesar Rp1,655 miliar, dengan rincian 41 emas Rp820 juta, 51 perak Rp510 juta, dan 67 Perunggu Rp335 juta.

Baca Juga: Diborong Pengusaha Jawa dan Bali, Harga Gabah di Lotim Merangkak Naik

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya