Satlantas Polres Lotim akan Razia Lokasi Balap Liar Selama Ramadan

Tetap akan ditilang meski sudah tak ada tilang manual

Lombok Timur, IDNTimes - Guna menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa. Satlantas Polres Lombok Timur akan menyisir sejumlah lokasi yang kerap digunakan sebagai tempat balap liar oleh anak-anak muda pada bulan puasa. Polisi tetap akan melakukan tilang meski saat ini sudah tak ada tilang manual.

Kasat Lantas Polres Lombok Timur AKP Donny Wira Setiawan menyampaikan bahwa selama bulan puasa mendatang, pihaknya akan secara rutin melakukan patroli di sejumlah wilayah. Khususnya daerah yang kerap dijadikan sebagai lokasi balap liar menjelang buka puasa.

"Ada beberapa lokasi yang menang kerap dijadikan sebagai lokasi balap liar bahkan setiap tahunnya, untuk itu kami akan sisir tempat-tempat itu," ujarnya. Senin (20/03/2023).

1. Larang knalpot bising

Satlantas Polres Lotim akan Razia Lokasi Balap Liar Selama RamadanIDN Times

Selain menyisir tempat-tempat balap liar, pihaknya juga mengatensi penggunaan kenalpot brong alias bising. Sebab selama ini penggunaan kenalpot brong oleh anak-anak muda itu dinilai mengganggu kenyamanan masyarakat beribadah.

Pada bulan puasa mobilitas masyarakat sangat tinggi, terlebih di pusat belanja dan pertokoan. Untuk itu, dirinya berharap agar masyarakat tetap taat berlalu lintas. Terlebih dua tahun terakhir ini aktivitas masyarakat sudah tidak dibatasi.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat jangan sampai meninggalkan barang-barang berharganya di kendaraan, ketika sedang berbelanja, karena berkaca dari tahun sebelumnya hal ini sering terjadi ketika bulan puasa," ujarnya.

Baca Juga: Polda NTB Beberkan Alasan Kasus Pelecehan 10 Mahasiswi Tak Dilanjutkan

2. Antisipasi kriminalitas

Satlantas Polres Lotim akan Razia Lokasi Balap Liar Selama RamadanIDN Times

Disebutkan pada momen bulan puasa ini, juga kerap terjadi keriminal seperti pencurian Sehingga polisi berharap agar masyarakat betul-betul mengantisipasi adanya tidak kriminal tersebut.

Meski saat ini sudah tidak ada tilang secara manual, akan tetapi pihaknya tetap akan menindak para pelaku yang tidak taat berlalu lintas dan menganggu kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah selama bulan puasa.

"Perintah terakhir yang kami terima melalui Dirlantas, bahwa kami diharapkan untuk menindak tegas bagi pelaku yang menganggu kenyamanan masyarakat saat melaksanakan tarawih, mengaji dan ibadah-ibadah lainnya," ujarnya 

3. Tetap akan menilang meski tidak ada tilang manual

Satlantas Polres Lotim akan Razia Lokasi Balap Liar Selama RamadanIDN Times

Saat melakukan razia nanti, pihaknya akan menilang secara manual bagi para pelaku yang tidak taat berlalu lintas dan menganggu kenyamanan masyarakat dan menyebabkan laka lantas.

"Bagi pelanggar tetap akan kami tilang meski tidak ada tilang manual, kami akan tilang secara manual, kemudian untuk bayar dendanya nanti para pelaku bayar langsung secara online," pungkasnya.

Baca Juga: Mahasiswa dan Dosen Demo Lagi, Desak Kapolda NTB Dicopot 

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya