Kemenag Lotim Mulai Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Perekrutan tenaga PPIH sempat tertunda

Lombok Timur, IDN Times - Tahun 2023 ini Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Timur akan merekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji (PPIH) untuk pelaksana ibadah haji tahun ini. Kepala Kemenag Lombok Timur Sirojudin menyampaikan proses perekrutan PPIH ini akan dimulai pada Rabu (25/1/2023) dan akan dilakukan melalui sejumlah tahapan seleksi. 

"Melalui seleksi ini para PPIH ini kami harapkan akan bisa memahami tugasnya dengan sebaik-baiknya," terang Sirojudin, Selasa (24/1/2023).

1. PPIH akan bertugas membimbing jemaah haji sejak berangkat sampai pulang

Kemenag Lotim Mulai Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah HajiIDN Times

Disebutkan Tugas utama dari PPIH ini nantinya akan bertugas untuk melayani jemaah calon haji Indonesia, khususnya yang berasal dari Lombok Timur sejak mulai berangkat sampai pulang kembali dari tanah suci Makkah. 

Sejak dibukanya pendaftaran PPIH ini, tercatat sebanyak 54 peserta telah mendaftarkan diri sebagai calon PPIH Lombok Timur. Nantinya Calon petugas ini akan menjalani tes tertulis dengan sistem CAT.

"Tesnya nanti tes tulis menggunakan sistem CAT, sehingga hasilnya itu langsung bisa dilihat begitu tes selesai," ungkapnya.

Baca Juga: Kerajinan Gerabah Masbagik Lombok Timur Tembus Pasar Internasional

2. Pelaksanaan tes seleksi tulis sempat tertunda

Kemenag Lotim Mulai Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah HajiIDN Times

Disebutkan, sebelumnya pelaksanaan tes tulis CAT ini dilakukan pada minggu yang lalu, namun itu tertunda lantaran adanya regulasi baru terkait pelaksanaan tes PPIH ini.

Selain itu, penundaan ini juga disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang mendaftarkan diri menjadi petugas PPIH. Sehingga pihak Kementerian agama memperpanjang masa pendaftaran.

"Lumayan banyak yang daftar, itu juga yang menyebabkan pelaksanaan tes PPIH ini ditunda," katanya.

3. Calon PPIH akan mengikuti seleksi tulis secara berjenjang

Kemenag Lotim Mulai Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah HajiIDN Times

Para calon PPIH ini, nantinya akan mengikuti seleksi tes tulis secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten sampai di tingkat provinsi. Perekrutan PPIH tahun ini juga mengalami penambahan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun ini ada penambahan yaitu petugas pembimbing di Arab Saudi maupun petugas pembimbing jemaah haji perempuan," pungkasnya.

Baca Juga: Pemda Lotim Harapkan Dividen Dari Bank NTB Tahun ini Bertambah

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya