Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan Menarik

Dari rumah adat hingga permainan serta senjata tradisional

Indonesia kaya akan keragaman budaya yang tersebar secara merata di setiap daerah, kota, maupun provinsi. Seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki ragam budaya tradisional. Ada tarian tradisional, musik, rumah adat, pakaian adat dan banyak lainnya.

Beberapa budaya tradisional asli NTB terbilang unik dan menarik. Ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan atau pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke daerah ini.

Berikut beberapa kebudayaan dan adat yang ada di Provinsi NTB yang memiliki dua pulau terbesar bernama Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa ini.

1. Rumah adat

Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan Menarikinstagram.com/nindymci7

Budaya tradisional dari NTB sangat beragam, salah satunya terdapat rumah adat yang memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya seperti Istana Sumbawa, Rumah Dalam Loka, Rumah Adat Bale Lumbung, Rumah Adat Bale Jajar, dan lain lain.

Setiap rumah adat yang berada di NTB memiliki keunikan tersendiri, seperti contohnya Istana Sumbawa yang terletak di Kota Sumbawa Besar. Rumah adat yang satu ini digunakan sebagai tempat tinggal raja di masa lampau, serta digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga.

2. Pakaian adat

Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan MenarikIlustrasi suku Sasak di Lombok (EGINDO.co)

Mayoritas penduduk NTB merupakan Suku Sasak, Suku Samawa dan Suku Mbojo. Dengan begitu, biasanya pakaian adat berasal dari ketiga suku tersebut.

Pakaian adat dari Suku Sasak yaitu Pakaian Adat Pegon yang dikenakan oleh pria dan Pakaian Adat Lambung yang dikenakan oleh wanita. Sedangkan pakaian adat dari Suku Mbojo yaitu Rimpu dan Pakaian Adat Laki-laki Suku Bima. Sementara pakaian adat Suku Samawa yaitu Baju Lamung.

Baca Juga: Tarian-tarian Tradisional dari NTB yang Memukau

3. Masakan tradisional

Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan Menarikhttps://www.instagram.com/taliwangpapin

Selanjutnya terdapat masakan tradisional khas NTB, seperti beberapa di antaranya ayam taliwang, sate bulayak, dodol rumput laut, nagasari, dan lain lain.

Ada pula masakan tradisional seperti sepat, singang, uta palumara, mangge mada dan masih banyak lainnya.

Meskipun masakan terlihat hampir sama dengan daerah lain, tetapi biasanya masakan tradisional dari NTB menggunakan bumbu-bumbu yang berbeda.

4. Tarian adat

Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan MenarikTari Oncer (https://www.dictio.id/)

NTB memiliki beragam tarian adat yang biasanya dilakukan pada beberapa acara, tujuan, dan aturan tertentu. Seperti Tari Gandrung sebagai tarian ritual, Tari Oncer yang dilakukan secara berkelompok, Tari Sanggulu yang dilakukan saat menyambut Maulid Nabi SAW, dan lain sebagainya.

5. Senjata tradisional

Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan Menarikilustrasi keris (krjogja.com)

Baca Juga: Pakaian-pakaian Adat Tradisional NTB yang Memukau

Selanjutnya terdapat beberapa senjata tradisional yang digunakan oleh suku-suku di NTB, seperti keris yang berasal dari Lombok, Klewang yang berasal dari kerajaan lombok, Tulup yang berasal dari Suku Sasak Lombok, dan Golok berasal dari Suku Sasak Lombok.

6. Lagu dan musik tradisional

Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan MenarikFutureloka

Dengan budaya tradisional yang melimpah, NTB juga memiliki lagu daerah yang berasal dari beberapa suku di NTB, antara lain Pai Mura Rame berasal dari Suku Bima, Tutu Koda dan Tebeb O Nana yang berasal dari Sunda Kecil, dan Halele U Ala De Teang berasal dari Suku Sasak.

Terdapat berbagai macam alat musik tradisional di NTB, beberapa di antaranya seperti Palompong, Genggong, Gendang Beleq, Pereret, Terumpang, dan lain lain. 

7. Permainan tradisional

Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Unik dan MenarikPermainan Tradisional Selodor

Terakhir, terdapat permainan tradisional khas NTB yang sering dimainkan oleh anak-anak untuk mengisi waktu luang di sore hari, serta terdapat berbagai keunikan dan berbagai aturan. Beberapa permainan tradisional dari NTB seperti Belompongan, Kideng, Balogo, Mpaa Sila, Kolo, Selodor, Dengklek dan lain sebagainya.

Itulah beberapa budaya tradisional NTB yang masih melekat hingga sekarang ini. Budaya tradisional NTB meliputi rumah adat, pakaian adat, masakan tradisional, permainan tradisional, lagu daerah, senjata tradisional, alat musik tradisional, dan tarian adat. Yuk, berkunjung ke NTB.

Baca Juga: Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya