Pura Batu Bolong dengan Panorama Pantai Senggigi yang Eksotis

Wisatawan diperbolehkan masuk ke dalam pura

Lombok Barat, IDN Times - Pura Batu Bolong terletak di Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di bibir pantai Sanggigi. Pura ini berdiri di dekat hamparan pantai yang sangat indah di atas batu karang. 

Pura Batu bolong ini sangat populer di kalangan masyarakat setempat. Selain menjadi tempat ibadah, pura ini juga dibuka untuk wisatawan. Sehingga wisatawan dapat menikmati ketenangan sembari menikmati panorama pantai dari pura ini.

1. Sejarah pura batu bolong

Pura Batu Bolong dengan Panorama Pantai Senggigi yang EksotisPura Batu Bolong yang ada di dekat Pantai (ig tetecr06)

Ada arti di balik nama Pura Batu Bolong ini yaitu kerana posisi pura terletak di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Posisi batu karang menjorok ke arah laut, ini alasan mengapa dinamakan Pura Batu Bolong. 

Konon, Pura Batu Bolong dibuat oleh  salah satu tokoh Agama Hindu yang bernama Dang Hyang Dwijendra, pada tahun 1533. Di mana, saat itu dia sedang melakukan perjalanan dari Pulau Jawa, Bali kemudian menuju Lombok. 

Pura ini digunakan sama seperti pura yang lainnya untuk melakukan kegiatan upacara keagamaan. Baik berupa Purnama, Pekelem, Kapat dan upacara keagamaan lainnya

2. Patung- patung di pura batu bolong

Pura Batu Bolong dengan Panorama Pantai Senggigi yang EksotisPura Batu Bolong yang ada di dekat Pantai (ig piyoofficial_id)

Pura Batu Bolong menyajikan keindahan alam yang akan membuat pengunjung terkesima olehnya, kerana letak dari pura terdapat di tengah pantai Senggigi. Berada di atas batu karang akan semakin menambah sensasi yang menarik ketika berada di Pura Batu Bolong.

Di pura ini terdapat  patung yang dihormati, agung, dan dikeramatkan. Itu adalah Patung Naga, Patung Laksamana, Patung Rama, Patung Subali, dan Patung Sugriwa. 

Kelima patung tersebut yang menjadi salah satu daya tarik dari pura ini. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pura ini hanya untuk melihat lima patung tersebut. 

Baca Juga: Ini Delapan Rekomendasi Pantai Eksotik Jika Berkunjung ke Lombok

3. Batu andesit di pura batu bolong

Pura Batu Bolong dengan Panorama Pantai Senggigi yang EksotisPura Batu Bolong yang ada di dekat Pantai (ig tetecr06)

Terdapat batuan andesit di area Pura Batu Bolong yang semakin menambah kesan keindahan dari pura tersebut. Batu ini memang sering ditemukan ketika berada di bangunan yang dekat dengan pantai. 

Keberadaan batu ini sangat bernilai penting dalam pura, karena seperti yang diketahui bahwa sebagian besar bangunan pura Batu Bolong terbuat dari batu andesit. Candi-candi yang ada di pura ini juga merupakan batu andesit.

4. Fasilitas di Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong dengan Panorama Pantai Senggigi yang EksotisPura Batu Bolong yang ada di dekat Pantai (paolo.corsari)

Fasilitas di pura batu bolong yaitu terdapat warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman yang jika dinikmati di daerah pantai. Terdapat pula kafe, toilet, tempat parkir, dan tempat souvenir. 

Harga tiket yang ditawarkan untuk memasuki kawasan Pura Batu Bolong terbilang ekonomis berkisar Rp. 20.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Pura Batu Bolong buka selama 24 jam setiap hari. Wisatawan yang ingin berkunjung pada malam hari juga masih bisa.

Baca Juga: Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya