Umi Rohmi Ingatkan Jangan Ada Perundungan di Sekolah

Sekolah harus jadi lingkungan yang menyenangkan

Mataram, IDN Times - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Sitti Rohmi Djalilah meminta agar tidak ada perundungan di sekolah. Perundungan dilarang karena berakibat buruk bagi mental siswa.

"Tidak boleh ada bullying (perundungan) di sekolah," kata Wagub NTB yang biasa disapa Umi Rohmi, pada kegiatan Anugerah Istimewa Sekolah (AiSO) NTB, Kamis (4/5/2023).

1. Perangi perundungan

Umi Rohmi Ingatkan Jangan Ada Perundungan di SekolahIlustrasi kekerasan (IDN Times/Mardya Shakti)

Diberitakan Antara, Umi Rohmi mengatakan lingkungan yang menyenangkan sangat penting dimiliki setiap sekolah. Karena lingkungan yang positif dapat mendukung pelajar dapat menuntut ilmu dan bertumbuh menjadi individu yang baik dengan maksimal.

"Karena itu, seluruh pihak harus sama-sama memerangi tindakan perundungan," ujarnya.

Baca Juga: 19.780 Pekerja Masih Alami Pengurangan Jam Kerja di NTB 

2. Harus rukun

Umi Rohmi Ingatkan Jangan Ada Perundungan di SekolahIlustrasi siswa SMA. (IDN Times/Sukma Sakti)

Menurut dia bangunan yang megah, tidak menjamin sebuah sekolah mampu menghadirkan lingkungan yang menyenangkan. Karena itu sekolah harus menjadi wadah yang baik untuk menuntut ilmu, itu berlaku untuk semua jenjang pendidikan.

"Kepala sekolah yang sukses adalah pemimpin yang mampu menghadirkan lingkungan yang sehat, yang bersih dan mampu menjadikan sekolah sebagai rumah sendiri sebagai satu keluarga yang rukun," sambung Wagub.

3. Cegah putus sekolah

Umi Rohmi Ingatkan Jangan Ada Perundungan di SekolahIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Yang tidak kalah penting, menurut Wagub, bagaimana supaya peserta didik untuk tidak putus sekolah. Karena angka lama sekolah menjadi pekerjaan rumah yang yang harus di tekan di NTB.

"Merdeka belajar ini, mengajarkan kita untuk menjadikan alam semesta ini sebagai sekolah. Untuk itu, lingkungan pendidikan harus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan NTB Gemilang," katanya.

Baca Juga: Ekonomi NTB Tumbuh 3,57 Persen Selama Triwulan I 2023

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya