Tugu Mataram Metro Dekat Tembolak Pelangi akan Dilengkapi Air Mancur

Pintu masuk Kota Mataram akan diperindah

Mataram, IDN Times - Pemerintah Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  menyebutkan Tugu Mataram Metro akan dilengkapi dengan air mancur agar lebih menarik dan representatif.

"Tahun lalu, bagian pinggir Tugu Mataram Metro sudah kita tata dan dilengkapi dengan tulisan 'Welcome to Mataram', sekarang kita tata bundaran bagian dalam dan dilengkapi dengan air mancur," kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana seperti dikutip dari ANTARA pada Kamis (9/2/2023).

Dikatakan, untuk penataan Tugu Mataram Metro tersebut, telah dialokasikan anggaran melalui APBD murni 2023 sebesar Rp500 juta. Selain untuk pembuatan air mancur, anggaran itu juga untuk penataan lanskap serta tambahan aksesori lainnya.

1. Bangunan terlihat miring

Tugu Mataram Metro Dekat Tembolak Pelangi akan Dilengkapi Air MancurWalikota Mataram H Mohan Roliskana (Dok Diskominfo Mataram)

Pemerintah Kota Mataram, lanjut Mohan, ingin melakukan intervensi maksimal termasuk konstruksi bangunan yang saat ini sudah terlihat sedikit miring. Namun, keterbatasan anggaran mengharuskan pemerintah kota melaksanakan program secara bertahap sesuai skala prioritas.

"Setelah penataan air mancur dan lanskap selesai, kalau ada tambahan anggaran kita akan alokasikan lagi anggaran di APBD Perubahan 2023," katanya.

Baca Juga: Beberapa Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Lombok

2. Pintu masuk Kota Mataram

Tugu Mataram Metro Dekat Tembolak Pelangi akan Dilengkapi Air MancurGapura Tembolak yang menjadi salah satu pintu masuk Kota Mataram (Antara/Dhimas B.P)

Wali Kota Mataram menilai penataan Tugu Mataram Metro penting karena menjadi pintu masuk wilayah Kota Mataram. Dengan demikian, diharapkan penataan pada areal tersebut dapat menciptakan suasana berbeda ketika wisatawan masuk ke wilayah Ibu Kota Provinsi NTB.

Oleh karena itu, setelah pembuatan air mancur, penataan selanjutnya akan dilakukan pada areal sekitar yakni untuk kawasan sabuk hijau (green belt), penataan zonasi pedagang kaki lima (PKL), dan tempat istirahat (rest area) dan parkir.

"Insya Allah, dengan anggaran yang kita siapkan, tahun ini areal Tugu Mataram Metro sudah berubah dan bisa menciptakan kawasan yang representatif," katanya.

3. Naik pakai lift

Tugu Mataram Metro Dekat Tembolak Pelangi akan Dilengkapi Air Mancurcaramenggunakanmesin.blogspot.com

Sementara terkait dengan lanjutan desain rencana awal pembangunan Tugu Mataram Metro yang akan dilengkapi pembangunan jalan bawah tanah sekitar 100 meter dari arah selatan. Selain itu, ada fasilitas lift untuk naik ke tugu melihat keindahan kota dan sekitarnya dari ketinggian 50 meter, sejauh ini, kata Wali Kota, belum bisa dilaksanakan.

"Untuk merealisasikan konsep awal pembangunan Mataram Metro butuh anggaran besar. Sementara yang kita kerjakan sekarang sesuai kemampuan anggaran daerah," katanya.

Baca Juga: Kronologis Kades di Lombok Diduga Minta Foto Bugil Istri Warganya

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya