STB TV Digital Gratis, Pemkot Mataram Usulkan 20.000 KK Penerima

Akan diberikan kepada warga prasejahtera di Mataram

Mataram, IDN Times - Sebanyak 20.000 kepala keluarga (KK) diusulkan sebagai calon penerima STB (Set Top Box) televisi digital ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hal ini merupakan imbas dari analog switch off yang sudah berlaku di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Sebanyak 20.000 KK yang kami usulkan itu merupakan warga prasejahtera yang menjadi sasaran program keluarga harapan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kota Mataram," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa seperti dikutip dari ANTARA pada Jumat (9/12/2022).

1. Data sesuai kriteria pemerintah

STB TV Digital Gratis, Pemkot Mataram Usulkan 20.000 KK Penerimailustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Swandiasa mengatakan bahwa usulan calon penerima STB tersebut sesuai dengan regulasi yang diberikan pemerintah terkait kebijakan penerapan TV digital bahwa masyarakat yang tidak mampu akan diberikan bantuan STB televisi (TV) digital.

"Jadi dalam hal ini, kita hanya mengirim data sesuai kriteria permintaan dari pemerintah pusat," kata Swandiasa.

Ia memaparkan, kriteria calon penerima bantuan STB TV digital antara lain calon sasaran harus memiliki TV, dan calon penerima ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau merupakan penerima manfaat program keluarga harapan.

Swandiasa mengemukakan, terkait tindak lanjut dari usulan tersebut sejauh ini belum ada, namun kemungkinan akan ada survei lagi terhadap calon sasaran yang diusulkan. "Siapa tahu dari 20.000 KK yang kita usulkan ada yang tidak punya TV sehingga tidak masuk kriteria penerima," katanya.

Baca Juga: Bule Prancis Takjub Saksikan Tradisi Perang Topat di Lombok 

2. Tunggu petunjuk teknis

STB TV Digital Gratis, Pemkot Mataram Usulkan 20.000 KK PenerimaIlustrasi Berkas (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Sedangkan terkait dengan pendistribusian, lanjutnya, sejauh ini juga belum ada petunjuk teknis. Tapi kemungkinan, pendistribusian akan dilakukan langsung oleh Kemenkominfo agar langsung ke sasaran.

"Mungkin pihak ketiga penyedia STB TV digital yang bekerja sama dengan Kemkominfo akan mengirim langsung bantuan sesuai nama dan alamat calon penerima. Untuk kepastian kapan bantuan dibagi, kami juga belum tahu," katanya.

3. STB banyak dijual

STB TV Digital Gratis, Pemkot Mataram Usulkan 20.000 KK Penerimailustrasi set top box (matrixparabola.com)

Di sisi lain, Swandiasa mengatakan, STB TV digital kini sudah dijual bebas baik secara daring maupun luring dengan kisaran harga sekitar Rp200 ribu.

Ia mengingatkan agar masyarakat yang ingin membeli hendaknya memilih STB yang sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

"Jangan hanya lihat murahnya saja, tapi itu STB rakitan yang mudah rusak bahkan bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti beberapa kasus yang terjadi di luar daerah," kata Swandiasa.

Baca Juga: Polisi Hentikan Penanganan Kasus Pelecehan Mahasiswi di Mataram

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya