Comscore Tracker

Melihat Anak-anak Sembalun Berkompetisi pada Festival Anak Sajang 

Anak-anak berlomba sambil bermain ceria

Lombok Timur, IDN Times - Ada yang berbeda dari suasana di sepanjang Jalan Raya Sembalun Sajang, Sabtu (6/8/2022). Baik di kiri maupun kanan jalan, terlihat rombongan anak usia sekolah dasar yang kompak mengenakan kaos berwarna merah bertuliskan "Festival Sajang 2022".

Komplet dengan label nama yang terpasang entah di bagian dada maupun bahu kaos mereka, juga tumbler air minum seragam yang dibawa oleh tiap anak. Mereka saling menunggu rombongan kecil lainnya menuju sekolah masing-masing. Mereka kemudian bersama-sama menuju satu tempat, yakni Lapangan Sajang.

Pukul 08.30, siswa-siswi seluruh sekolah yang menjadi peserta sudah siap. Marching band SDN 2 Sajang memimpin seluruh barisan menuju Lapangan Sajang, lokasi digelarnya Festival Anak Sajang Beraksi. Acara pun berlangsung meriah dengan dipandu sepasang MC nan kocak, yakni Kak Lhohans dan Kak Selma.

“Ini acara yang baik, yang memberikan keseruan, mengajak adik-adik di Sajang bersenang-senang, sekaligus untuk melihat talenta mereka, bahagialah berlomba dan berkompetisi hari ini yaa adik-adik”, ujar Kak Aik, relawan asal Bali, dalam sambutannya.

1. Ajang untuk anak-anak bersenang-senang 

Melihat Anak-anak Sembalun Berkompetisi pada Festival Anak Sajang Festival Anak Sajang (Istimewa/dok relawan)

Lebih lanjut Kak Aik berpesan pula bahwa hari ini kita bersenang-senang, jangan ada yang sedih maupun ngambek kalau belum menang. Para orang tua dan guru pun demikian, anak-anaknya jangan dihukum jika pada akhirnya belum berhasil menjadi juara.

“Pokoknya jangan sampai ada yang sedih maupun marah, hari ini kita senang-senang semua,” ujarnya

2. Festival dapat sambutan yang baik 

Melihat Anak-anak Sembalun Berkompetisi pada Festival Anak Sajang Festival Anak Sajang (Istimewa/dok relawan)

Festival Sajang yang digelar untuk kedua kalinya ini tentunya mendapat sambutan baik pula oleh pejabat setempat. H Lalu Kanahan selaku Kepala Desa Sajang menyambut baik kegiatan ini.

“Anak-anak tentu senang karena mereka bisa berkegiatan bersama di luar sekolah, tidak melulu berada di dalam kelas, sekali waktu saat gelaran Festival Sajang mereka bisa bertemu siswa-siswi dari sekolah lainnya, bertanding, dan bahagia bersama. Belajar itu bisa dari mana saja kan? Dari kegiatan ini salah satunya”, jelas kepala desa terpilih dua periode tersebut.

Dengan melibatkan siswa-siswi dari empat sekolah dasar di Sajang, Festival Anak Sajang Beraksi berlangsung sangat meriah. Tercatat 446 peserta hadir sebagai peserta dari 5 mata lomba yang diadakan, yakni: tarik tambang, bulutangkis, sepakbola, bakiak, dan cerdas cermat.

Baca Juga: Sosialisasi Tarif Baru TN Komodo Diperluas, Rp3,75 Juta Mulai 2023

3. Ada pentas seni 

Melihat Anak-anak Sembalun Berkompetisi pada Festival Anak Sajang Festival Anak Sajang (Istimewa/dok relawan)

Sebelum mereka berkompetisi, masing-masing sekolah menunjukkan pementasan seninya masing-masing. Mulai dari penampilan marching band SDN 2 Sajang, Tari Saman oleh SDI Sajang, Tari Rejang Sari oleh SDN 1 Sajang, dan Tari Tegining Teganang oleh SDN 3 Sajang.

“Setiap anak adalah pemenang”, begitu yang ditekankan oleh Kak Risa kala mengalungkan medali secara simbolis pada perwakilan siswa/i dari tiap sekolah yang menjadi peserta.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian kaos Festival Sajang 2022 dan penabuhan drum oleh seluruh Kepala Sekolah dari empat sekolah tersebut, Kepala Desa Sajang, dan Kak Ari sebagai perwakilan relawan, yang menjadi tanda bahwa Festival Anak Sajang Beraksi telah resmi dibuka.

4. Daftar pemenang lomba 

Melihat Anak-anak Sembalun Berkompetisi pada Festival Anak Sajang Festival Anak Sajang (Istimewa/dok relawan)

Lomba maupun kompetisi berlangsung secara bersamaan, tentunya dengan kemeriahannya masing-masing. Masyarakat tak kalah antusias menyaksikan anak-anak yang berlomba. Diantara mereka, ada para orangtua yang memberi semangat pada anaknya.

Adapun hasil dari setiap lomba/kompetisi tersebut adalah sebagai berikut:

Lomba Bulutangkis

●     Juara 1: SDN 1 Sajang

●     Juara 2: SDI Sajang

●     Juara 3: SDN 2 Sajang

●     Juara 4: SDN 3 Sajang

Lomba Tarik Tambang

●     Juara 1: SDN 2 Sajang

●     Juara 2: SDN 1 Sajang

●     Juara 3: SDN 3 Sajang

●     Juara 4: SDI Sajang

Lomba Sepakbola

●     Juara 1: SDN 2 Sajang

●     Juara 2: SDN 1 Sajang

●     Juara 3: SDN 3 Sajang

●     Juara 4: SDI Sajang

Lomba Bakiak

●     Juara 1: SDI Sajang Putra

●     Juara 2: SDN 2 Sajang Putri

●     Juara 3: SDN 3 Sajang Putri

●     Juara 4: SDN 3 Sajang Putra

Lomba Cerdas Cermat

●     Juara 1: Zizi – SDN 2 Sajang

●     Juara 2: Alika – SDN 3 Sajang

●     Juara 3: Sari – SDN 1 Sajang

●     Juara Harapan 1: Anisa SDN 3 Sajang

●     Juara Harapan 2: Rosa SDN 2 Sajang

Dengan rincian pemenang lomba/kompetisi tersebut, maka terpilih SDN 2 Sajang sebagai Juara Umum Festival Sajang 2022, menggantikan posisi juara umum yang sebelumnya diraih oleh SDN 1 Sajang di tahun 2019 lalu.

5. Ada 60 relawan

Melihat Anak-anak Sembalun Berkompetisi pada Festival Anak Sajang Festival Anak Sajang (Istimewa/dok relawan)

Selain memberikan hadiah berupa piala dan paket hadiah kepada para pemenang. Tiap-tiap sekolah yang menjadi peserta pun mendapatkan plakat sebagai kenang-kenangan atas kesediaannya berpartisipasi. Masyarakat pun turut berbahagia karena mendapatkan hadiah sembako dan paket lainnya saat sesi games dan doorprize. Ya, semuanya bersenang-senang di Festival Sajang.

Sekitar pukul 14.00 WITA, tuntas sudah seluruh rangkaian acara Festival Anak Sajang Beraksi. Setelah memastikan lokasi acara bersih, 60 orang relawan pun kembali ke rumah masing-masing. Tentunya dengan harapan yang sama, dapat kembali lagi ke sini suatu saat nanti.

Baca Juga: Karier Politik TGB yang Kini Menjabat Ketua Harian Perindo 

Ririn Sintani Photo Community Writer Ririn Sintani

Suka memasak dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya