Masih Banyak Kios Kosong, PKL di Bandara Lombok Diharapkan Tertib

30 kios yang masih kosong dapat dimanfaatkan oleh PKL

Lombok Tengah, IDN Times - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar sosialisasi dalam rangka penataan dan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdagang di Gedung Serba Guna (GSG) kantor bandara. Tujuannya agar para PKL ini tidak lagi berjualan di areal bandara tanpa izin.

“Sosialisasi ini merupakan sebagai bagian dari strategi penataan area operasional bandara secara lebih menyeluruh demi terciptanya kebersihan dan kerapian di Bandara Lombok," kata General Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (6/8/2022).

1. Sosialisasi pada PKL dan kepala desa

Masih Banyak Kios Kosong, PKL di Bandara Lombok Diharapkan TertibPara PKL saat mengikuti sosialisasi di kantor PT Angkasa Pura I Bandara Lombok ,NTB (ANTARA/Humas Bandara Lombok)

Kegiatan sosialisasi yang terbagi dalam dua sesi ini mengundang seluruh PKL yang terdaftar sebagai pemilik kios resmi di area bandara beserta pengurus dua koperasi yang menaungi para PKL tersebut. Turut hadir dalam pertemuan itu kepala desa lingkar bandara serta perwakilan Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor) Bandara Lombok.

"Dalam kesempatan ini kami berupaya memberikan pendekatan, pemahaman, dan menjalin kesepakatan dengan para PKL agar melakukan aktivitas di kios atau gerai yang telah kami sediakan,” katanya seperti dilansir dari Antara.

2. Masih banyak lapak PKL yang kosong

Masih Banyak Kios Kosong, PKL di Bandara Lombok Diharapkan TertibIlustrasi pedagang kaki lima (PKL) di Solo. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Rahmat mengatakan, kios bagi para PKL di Bandara Lombok telah mulai dioperasikan sejak Desember 2021. Jumlah kios yang disediakan sebanyak 90 unit, sedangkan jumlah PKL yang terdata saat itu ada 60 pedagang.

"Semua PKL yang berjualan di bandara ini bisa tertampung,” katanya.

Dengan demikian, masih ada tempat untuk PKL yang ingin berjualan. Harapannya mereka tidak berjualan di tempat yang bukan lokasi untuk berjualan. Selain demi kebersihan, juga agar kondisi di bandara terlihat lebih rapi dan tertib.

Baca Juga: 5 Masjid Kuno di Lombok, Bukti Peradaban Islam Sejak Ratusan Tahun

3. Lokasi kios cukup strategis

Masih Banyak Kios Kosong, PKL di Bandara Lombok Diharapkan TertibLapak PKL di Bandara Internasional Lombok (Foto: harian noris saputra/bisnis indonesia)

Lokasi kios ini berada di sisi barat area bandara, di sebelah area parkir kendaraan roda dua maupun roda empat wisata dan minibus. Alur pengunjung bandara dari area parkir tersebut pun diupayakan melalui seluruh kios PKL yang ada.

“Ini adalah upaya kami mengakomodir keberadaan para PKL yang memang berasal dari masyarakat di sekitar bandara dan mendorong peningkatan pendapatan usaha mereka.

Sehingga kami berharap para PKL ini berjualan di kios-kios yang telah kami sediakan agar tidak mengganggu kenyamanan, keamanan, serta ketertiban di area bandara,” katanya.

4. Tentang bandara internasional lombok

Masih Banyak Kios Kosong, PKL di Bandara Lombok Diharapkan TertibBandara Internasional Lombok (Foto: Wikipedia)

Bandara Internasional Lombok adalah sebuah bandara domestik dan internasional yang berlokasi di Praya, Lombok Tengah.  Bandara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I.

Bandara ini dibuka pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2011 untuk menggantikan fungsi dari Bandara Selaparang, Kota Mataram. Bandara ini diresmikan oleh presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Arsitektur bandara ini memiliki ciri khas rumah adat Sasak. Bandara juga dilengkapi dengan areal ruang terbuka hijau dan fasilitas umum lainnya.

5. Maskapai yang beroperasi

Masih Banyak Kios Kosong, PKL di Bandara Lombok Diharapkan Tertib(Ilustrasi pesawat Citilink) www.instagram.com/@citilink

Sudah ada beberapa maskapai yang beroperasi di bandara ini. Meski tak banyak, namun bandara ini juga sudah melayani penerbangan antar-negara, seperti dari dan ke Malaysia dan pesawat charter dari Korea Selatan.

Bandara ini melayani penerbangan domestik maupun international. Maskapai yang melayani rute domestik antara lain yaitu Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, Lion Air, Wings Air, Citilink, Sky Aviation, Trans Nusa Aviation, Indonesia Air Transport (Non Reguler), dan Travira Air (Non Reguler). Rute internasional dilayani oleh Silk Air dan AirAsia.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Lombok yang Gak Ada dalam Menu Restoran

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya